Advertorial

Bukan Cuma untuk Kebutuhan Anak, Begini Pentingnya Tabungan Anak dalam Mencapai Tujuan Keuangan Keluarga

Kompas.com - 24/07/2024, 11:44 WIB

 

KOMPAS.com – Mengatur keuangan keluarga merupakan aspek penting dalam kehidupan setiap rumah tangga.

Lebih dari sekadar mengelola pemasukan dan pengeluaran, pengaturan keuangan keluarga juga berkaitan dengan pemenuhan semua kebutuhan keluarga tanpa mengabaikan persiapan masa depan

Sebab, ketika membicarakan perencanaan keuangan, banyak hal yang perlu dipertimbangkan, mulai dari kebutuhan sehari-hari, biaya pendidikan, hingga persiapan masa depan.

Namun, salah satu elemen perencanaan keuangan keluarga yang sering kali diabaikan adalah tabungan anak. Padahal, tabungan anak punya peran krusial, baik yang berkaitan dengan kebutuhan anak maupun untuk mencapai tujuan keuangan keluarga.

Biaya pendidikan, misalnya, menjadi salah satu kebutuhan anak yang perlu disiapkan. Mulai jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi memerlukan biaya yang cukup besar dan berpotensi menjadi beban finansial jika tidak dipersiapkan sejak dini.

Dengan memiliki tabungan anak, orangtua dapat memastikan bahwa biaya pendidikan anak terpenuhi tanpa harus mengorbankan kebutuhan lain atau berutang.

Tabungan anak juga dapat menjadi juru selamat untuk menghadapi situasi tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan, masalah kesehatan, dan kebutuhan mendesak lain.

Di samping itu, tabungan anak juga dapat menjadi media untuk mengajarkan nilai menabung sejak dini kepada anak.

Anak-anak yang terbiasa melihat orangtua mereka menabung akan lebih mungkin untuk mengembangkan kebiasaan menabung ketika mereka dewasa.

Kebiasaan tersebut pun dapat menjadi investasi jangka panjang yang dapat membantu anak-anak mengelola keuangan mereka sendiri dengan lebih baik di masa depan.

Tabungan anak bantu capai tujuan keuangan keluarga

Di samping memenuhi kebutuhan anak, tabungan anak juga dapat membantu keluarga mencapai tujuan keuangan.

Setiap keluarga pasti memiliki tujuan jangka panjang, seperti membeli rumah, merencanakan liburan keluarga, atau mempersiapkan pensiun.

Dengan memiliki tabungan anak, keluarga bisa lebih fokus pada pencapaian tujuan-tujuan tersebut tanpa perlu khawatir tentang biaya pendidikan dan kebutuhan anak lainnya. Sebab, tabungan anak membantu memastikan bahwa tujuan jangka panjang tetap dalam jangkauan.

Langkah pertama untuk memulai tabungan anak adalah membuat anggaran keluarga yang mencakup semua pemasukan dan pengeluaran. Dari sini, tentukan berapa banyak yang bisa dialokasikan untuk tabungan anak setiap bulan.

Konsistensi adalah kunci dalam menabung. Jadi, pastikan untuk menabung secara rutin setiap bulan dan jadikan hal ini sebagai prioritas. Disiplin dalam menabung akan memberikan hasil yang signifikan dalam jangka panjang.

Kemudian, pilih jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan keuangan keluarga. Sebagai rekomendasi, orangtua bisa membuka Tabungan BRI Junio dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI.

Tabungan BRI Junio.Dok. BRI Tabungan BRI Junio.

Untuk diketahui, Tabungan BRI Junio merupakan produk tabungan khusus untuk anak berusia 0-17 tahun. Tabungan ini menawarkan berbagai fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak-anak, termasuk Debit BRI Junio berkarakter khusus dengan tampilan desain menarik. Fasilitas ini bisa menambah semangat anak untuk menabung.

Tabungan BRI Junio juga menghadirkan kemudahan bertransaksi daring secara real-time lewat BRImo serta bebas biaya admin bulanan khusus nasabah usia di bawah 12 tahun.

Kemudahan lainnya, orangtua dapat membuka Tabungan BRI Junio secara online melalui BRImo. Cukup mengunduh aplikasi BRImo di Play Store, App Store, atau AppGallery secara gratis, lalu buka rekening Tabungan BRI BritAma atau Tabungan BRI Simpedes lalu membuka Tabungan BRI Junio.

Saat ini, Tabungan BRI Junio tengah menghadirkan program pemberian reward khusus untuk nasabah yang membuka Tabungan Junio Rencana.

Dengan program tersebut, nasabah bisa mendapatkan dua tiket KidZania Jakarta atau saldo BRImo senilai Rp 500.000 jika melakukan setoran awal senilai Rp 5 juta. Program ini bisa dinikmati nasabah hingga Sabtu (31/8/2024).

Informasi lengkap mengenai program Tabungan BRI Junio Rencana, silakan klik tautan ini. Sementara, untuk informasi lebih lanjut mengenai Tabungan BRI Junio, klik tautan berikut.

#TabunganBRIJunio #TabunganAnak #TabunganBRI #JunioviaBRImo #TabunganBRIPasBuatmu

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau