Advertorial

IONIQ 5, Mobil Listrik Ramah Lingkungan untuk Perjalanan Jauh Tanpa Keraguan

Kompas.com - 24/07/2024, 11:59 WIB

KOMPAS.com – Inovasi dalam teknologi otomotif terus berkembang pesat. Hal ini salah satunya dibuktikan dengan kehadiran Hyundai IONIQ 5. Mobil listrik ini tidak hanya menawarkan efisiensi dan ramah lingkungan, tetapi juga memberikan kenyamanan dan keamanan.

Dengan berbagai fitur canggih dan desain futuristik, IONIQ 5 siap menjadi teman setia dalam perjalanan jauh tanpa keraguan. Mobil ini menawarkan jangkauan hingga 481 km khusus varian Prime Long Range dengan sekali pengisian daya penuh. Hal ini menjadikannya sebagai pilihan ideal untuk perjalanan antar kota.

Sebagai informasi, IONIQ 5 hadir dalam empat tipe yang masing-masing punya daya tempuh berbeda dalam sekali pengisian daya penuh. Signature Long Range diklaim dapat menjangkau jarak hingga 451 km, Signature Standard 384 km, Prime Long Range 481 km, dan Prime Standard 384 km.

Dari segi pangsa pasar, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), IONIQ 5 menjadi salah satu bintang utama segmen battery electric vehicle (BEV) pada 2023, dengan torehan penjualan 7.482 unit sepanjang tahun. Angka ini bahkan melampaui capaian pada 2022 yang berjumlah 1.829 unit.

IONIQ 5 pun bukan nama baru di industri otomotif Indonesia. Mobil ini telah membuktikan diri sebagai kendaraan andal, bahkan dipercaya menjadi kendaraan resmi dalam berbagai acara bergengsi, seperti KTT ASEAN 2023 dan World Water Forum 2024.

Salah satu keunggulan IONIQ 5 adalah kemampuan pengisian daya yang revolusioner. Berkat dukungan teknologi pengecasan ultra cepat, baterai kendaraan ini dapat terisi daya dari 10 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu sekitar 18 menit. Dengan catatan, pengecasan dilakukan menggunakan arus direct current (DC) 240 kW.

Hal tersebut menguntungkan bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan membutuhkan kendaraan yang siap jalan dalam waktu singkat. Selain itu, cocok bagi pengguna yang tidak suka terjebak dalam waktu pengisian daya yang lama.

Untuk jangkauan (range), tim Otomotif Kompas.com telah menguji IONIQ 5 tipe Premium Long Range untuk perjalanan Jakarta-Surabaya pada Desember 2023. Perjalanan terangkum dalam ulasan yang ditayangkan Kompas.com pada Rabu (23/12/2024). 

Sebagai informasi, model tersebut punya kapasitas baterai 72,6 kWh, dengan klaim daya jelajah sejauh 481 km dalam sekali pengisian daya penuh. Uji coba tersebut menunjukkan, konsumsi daya IONIQ 5 selama perjalanan mencapai 15,6 Kilowatt hour (kWh) per 100 km atau 1 Kwh per 6,4 km.

Adapun pengisian daya dilakukan di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di sepanjang tol Trans Jawa. Biaya pengisian terbilang murah, yaitu Rp 2.475 per kWh.

Selain itu, teknologi Vehicle to Load (V2L) memungkinkan IONIQ 5 berfungsi sebagai sumber energi untuk perangkat elektronik lain, contohnya gadget. Teknologi inovatif ini akan berguna ketika bepergian ke lokasi yang tidak memiliki akses listrik konvensional.

Kemampuan pengisian daya cepat yang dimiliki IONIQ 5 tak lepas dari peran Electric-Global Modular Platform (E-GMP).

E-GMP adalah arsitektur dasar yang dirancang khusus oleh Hyundai Motor Group untuk kendaraan listrik. Rancangan ini memungkinkan baterai ditempatkan secara optimal guna memberikan keluasan pada interior.

E-GMP pula yang menjadikan IONIQ 5 memiliki kapasitas baterai besar dengan opsi 58 kWh untuk Standard Range dan 72,6 kWh untuk Long Range, serta kompatibel dengan berbagai infrastruktur pengisian daya.

Dalam hal performa, IONIQ 5 menawarkan akselerasi mengesankan. Tipe Prime Standard dan Signature Standard, misalnya, mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km per jam dalam waktu 8,5 detik.

Sementara itu, tipe Prime Long Range dan Signature Long Range hanya memerlukan 7,4 detik untuk mencapai kecepatan yang sama.

Sistem regenerative braking dengan paddle shifter juga menambah efisiensi energi dengan mengisi daya baterai saat mobil melakukan deselerasi. Sistem ini mengubah energi kinetik saat pengereman menjadi energi listrik yang disimpan kembali ke dalam baterai, meningkatkan jangkauan mobil secara keseluruhan.

IONIQ 5 juga menawarkan tiga mode berkendara, yaitu Eco, Normal, dan Sport. Ketiga mode ini memungkinkan pengguna menyesuaikan pengalaman berkendara sesuai dengan kondisi jalan dan preferensi.

Desain ikonik mendobrak pakem

IONIQ 5 terkenal akan desainnya yang ikonik dan futuristik. Salah satunya, terlihat pada bagian depan dan belakang mobil yang terdapat panel LED bergaya Parametric Pixel.

Tampilan LED bergaya Parametric Pixel pada bagian belakang IONIQ 5. Dok. Hyundai Tampilan LED bergaya Parametric Pixel pada bagian belakang IONIQ 5.

Visual eksterior IONIQ kian elegan dengan sisi samping yang menampilkan garis-garis tegas dan penyematan gagang pintu otomatis (flush door handles) serta Hidden Charging Port Door yang dibuat sejajar dengan permukaan pintu.

Bagian belakang pun tidak kalah menawan dengan adanya lampu bergaya Parametric Pixel yang mempertegas signature look IONIQ 5.

Memasuki interior IONIQ 5, pengguna akan disambut kenyamanan maksimal dari Premium Relaxation Seats yang dapat disesuaikan posisinya, Vision Roof lapang, dan konsol tengah Universal Island yang fleksibel.

Hal menarik dari kabin mobil tersebut adalah penggunaan material ramah lingkungan untuk seluruh komponennya. Sebut saja penutup klakson, switch, setir, dan trim pintu yang semuanya terbuat dari campuran biji bunga dan jagung.

Kemudian, jok kulit diproses menggunakan minyak alami biji rami sehingga menghasilkan tekstur yang halus dan ramah lingkungan.

Lebih lanjut, material magnetik, headlining, dan karpet mobil menggunakan serat dari tanaman tebu.

Hal tersebut menunjukkan komitmen Hyundai terhadap keberlanjutan. Bahkan, material jok dan trim pintu IONIQ 5 terbuat dari benang hasil daur ulang botol plastik.

Berkendara dengan IONIQ 5 semakin dimanjakan dengan berbagai fitur canggih. Contohnya, layar digital 12,3 inci dengan sistem audio video terintegrasi, pengisi daya ponsel nirkabel, dan kontrol iklim otomatis dua zona.

Lebih dari itu, IONIQ 5 dilengkapi dengan Hyundai SmartSense, sistem canggih yang membantu pengemudi dalam berbagai situasi.

Fitur-fitur keamanan turut disematkan untuk memberikan keamanan optimal bagi pengemudi dan penumpang, baik di jalanan kota maupun saat menempuh perjalanan jauh.

Adapun fitur tersebut di antaranya Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Safe Exit Assist (SEA), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), Smart Cruise Control with Stop & Go Function (SCC w/ S&G), Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA), dan Surround View Monitor (SVM).

Konektivitas terdepan dengan Hyundai Bluelink

Berkendara dengan IONIQ 5 akan membawa Anda pada pengalaman digitalisasi yang sempurna. Pasalnya, mobil ini terintegrasi dengan Bluelink.

Hyundai Bluelink adalah sistem konektivitas pintar yang memungkinkan pengemudi untuk mengontrol berbagai fungsi mobil dari jarak jauh melalui smartphone. Kontrol tersebut mencakup fitur personalisasi kendaraan, kontrol jarak jauh, pengelolaan pengisian daya, dan pembaruan navigasi.

Pengemudi juga dapat mengendalikan sistem klimatisasi, membuka dan menutup pintu pengisian daya, memulai dan menghentikan pengisian, serta memantau status pengisian dari jarak jauh.

Bluelink pun menyediakan informasi tentang jangkauan mengemudi kendaraan listrik, pencarian lokasi terdekat, riwayat tujuan sebelumnya, navigasi rute terkoneksi, dan fitur navigasi jarak dekat untuk membantu pengemudi mencapai tujuan akhir setelah memarkir kendaraan.

IONIQ 5 tersedia dalam lima varian dengan harga on-the-road Jakarta mulai dari Rp 713 juta untuk tipe Prime Standard Range hingga Rp 816 juta untuk tipe Signature Long Range. Harga ini cukup kompetitif mengingat teknologi dan fitur yang ditawarkan.

Adapun varian warna yang tersedia adalah Optic White, Titan Gray Metalic, Magnetic Silver Metalic, Midnight Black Pearl, dan Gravity Gold Matte.

Hyundai juga memberikan berbagai benefit menarik untuk pembelian IONIQ 5, termasuk garansi baterai selama 8 tahun atau 160.000 km dan program EV Free Insurance berupa asuransi all risk gratis selama 2 tahun.

Biaya perawatan berkala juga digratiskan selama 5 tahun atau 75.000 km, sementara biaya suku cadang untuk perawatan berkala gratis selama 3 tahun atau 45.000 km.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin melihat langsung kecanggihan IONIQ 5, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi GIIAS 2024 yang berlangsung mulai 18-28 Juli 2024 di ICE BSD City, Tangerang.

Bertempat di Hall 10 - 10B, Hyundai mendirikan booth-nya untuk memamerkan sejumlah lini roda empat unggulannya, termasuk IONIQ 5. Di sana, Anda dapat merasakan langsung sensasi duduk di balik kemudi mobil listrik masa depan ini dan menjajal berbagai fitur canggihnya.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau