Advertorial

Miliki Fitur Canggih dan Performa Mumpuni, Ini 5 Alasan Hyundai STARGAZER Cocok Mobil MPV Serbaguna dan Serbabisa

Kompas.com - 26/07/2024, 08:56 WIB

KOMPAS.com - Hyundai STARGAZER menjadi mobil low multi purpose vehicle (LMPV) teranyar dari Hyundai.

Sejak diluncurkan pada 2022, Hyundai STARGAZER langsung menarik perhatian dengan desainnya yang futuristik dan interiornya yang lapang.

Mobil tersebut juga dilengkapi dengan fitur canggih yang menunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Selain menawarkan kenyamanan layaknya mobil MPV, Hyundai STARGAZER juga menawarkan performa yang responsif dan tangguh. Hal ini memberikan pengalaman berkendara yang istimewa bagi penggunanya.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Hyundai STARGAZER digadang sebagai MPV serbaguna dan serbabisa. Supaya lebih jelas, berikut alasan mobil teranyar Hyundai ini cocok jadi mobil MPV andalan dan serbabisa.

  1. Eksterior futuristik menawan

Ketimbang kendaraan MPV di kelasnya, Hyundai STARGAZER memiliki desain eksterior mencolok ala kendaraan futuristik.

Salah satu ciri khas kendaraan MPV tersebut adalah lampu terang hari atau daytime running light (DRL) horizontal yang melintang di antara gril dan kap mesin. Desain lampunya yang memanjang dari sisi kiri sampai kanan memberikan kesan modern.

Desain lampunya diposisikan lebih rendah selevel dengan mobil sedan pada umumnya. Selain estetik, desain ini juga memberikan pancaran atau penyinaran yang baik untuk pengemudi tanpa menyilaukan kendaraan yang datang dari arah berlawanan.

Selain itu, lampu depannya sudah mengadopsi light emitting diodes (LED). Lampu ini mampu menghasilkan cahaya lebih terang dan fokus ketimbang lampu halogen. Selain lebih terang, lampu LED kerap memiliki desain yang lebih ramping dan estetis. Hal ini menambah kesan modern pada tampilan depan kendaraan.

Sementara, jika melihat bodi samping, STARGAZER menggunakan konsep one curve body. Konsep ini terlihat seperti satu tarikan garis dari depan sampai belakang yang membuat mobil terlihat lebih aerodinamis.

Selain itu, tarikan garis atau desain tersebut memberikan visibilitas yang baik untuk orang yang duduk di baris kedua dan ketiga.

Sementara itu, lampu belakangnya membentuk huruf H yang unik dan memberi kesan modern. Hal ini memberikan identitas visual yang kuat sehingga mudah dikenali.

Tampilan bodi belakang Hyundai STARGAZER yang modern. DOK. Hyundai Tampilan bodi belakang Hyundai STARGAZER yang modern.

Selain itu, lampu tersebut mengintegrasikan beberapa fungsi penting, termasuk lampu rem, lampu sen, dan lampu sein dalam satu desain yang ramping. Hal ini mengurangi kebutuhan beberapa lampu terpisah sekaligus memberikan tampilan yang lebih bersih dan terintegrasi.

Untuk dimensi, Hyundai STARGAZER memiliki panjang 4.460 milimeter (mm), lebar 1.780 mm dan tinggi 1.690 mm. Sementara itu, jarak sumbu rodanya 2.780 mm.

  1. Interior canggih dan nyaman

Masuk ke dalam kabin, pengemudi dapat melihat interior yang nyaman berpadu dengan kecanggihan teknologi. Hyundai STARGAZER memiliki head unit yang dirancang untuk memberikan visibilitas lebih baik dan akses lebih mudah.

Dengan desain intuitif, head unit itu memastikan pengemudi dapat mengakses berbagai fitur tanpa mengalihkan perhatian dari jalan. Sistem ini mengintegrasikan berbagai fungsi penting, mempermudah pengemudi dalam mengontrol navigasi, media, dan telepon.

Mobil MPV teranyar Hyundai itu juga dilengkapi thin film transistor (TFT) liquid crystal display (LCD) full digital cluster berukuran 4.2. TFT LCD ini menampilkan informasi penting, mulai dari kecepatan, revolution per minute (rpm), serta status kendaraan secara real-time. Hal ini membuat pengemudi memantau kondisi kendaraan dengan cepat dan efisien.

Untuk display audio, Hyundai STARGAZER memiliki sistem multimedia berukuran 8 inci yang memiliki tampilan jelas dan responsif. Display audio ini mendukung konektivitas smartphone yang membuat pengemudi dapat mengakses aplikasi, musik, dan fitur lain langsung dari layar.

Untuk mengisi daya perangkat, pengemudi dapat melakukannya tanpa perlu menggunakan kabel. Pasalnya, Hyundai STARGAZER dibekali wireless smartphone charger. Hal ini memudahkan pengguna karena dapat mengisi data tanpa perlu kabel.

Selain wireless smartphone charger, Hyundai STARGAZER juga memiliki fitur canggih lainnya, seperti sistem audio berkualitas tinggi dan kontrol iklim otomatis.

Tampilan kemudi Hyundai STARGAZER yang modern. DOK. Hyundai Tampilan kemudi Hyundai STARGAZER yang modern.

Pengguna juga dapat menggunakan Electric Parking Brake (EPB) saat memarkirkan kendaraan. EPB menggantikan sistem rem parkir tradisional dengan sistem elektronik yang lebih modern. Sistem ini menawarkan kemudahan dalam mengaktifkan dan menonaktifkan rem parkir dengan tombol.

Untuk menunjang kenyamanan, Hyundai STARGAZER dibekali kursi berbahan leatherette (prime) yang memberikan kesan mewah dan kenyamanan ekstra. Selain elegan, bahan ini mudah dibersihkan dan tahan lama. Hal ini membuat kursi ini , menjadikannya pilihan yang ideal untuk penggunaan sehari-hari.

Selain itu, Hyundai STARGAZER juga dibekali Ambient Mood Lighting (Prime) untuk menambah kenyamanan. Ambient Mood Lighting merupakan fitur pencahayaan lembut yang dapat diatur bagi pengguna untuk interior yang nyaman. Fitur ini dapat meningkatkan pengalaman berkendara dan menciptakan suasana yang menyenangkan selama perjalanan.

  1. Performa tangguh dan responsif

Hyundai STARGAZER performa tangguh dan responsif berkat kombinasi teknologi mesin canggih dan sistem transmisi yang efisien.

Mobil MPV teranyar Hyundai itu mengusung mesin Smartstream G1.5 Gasoline berkapasitas 1.5 liter. Mesin ini dirancang untuk memberikan keseimbangan antara daya dan efisiensi bahan bakar.

Sebagai informasi, Smartstream G1.5 Gasoline mampu menghasilkan daya maksimum 115 paardenkracht (PS) pada 6.300 rpm. Untuk torsi maksimum, mesin ini mampu mencapai 143.8 Newton meter (Nm) pada 4.500 rpm.

Torsi yang tinggi memungkinkan akselerasi responsif dan performa yang baik pada berbagai kecepatan, baik saat memulai perjalanan dari posisi berhenti atau mendaki tanjakan.

Untuk sistem transmisi, Hyundai STARGAZER menggunakan Intelligent Variable Transmission (IVT). IVT merupakan teknologi transmisi otomatis yang memberikan transisi gear mulus dan efisien.

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan Kompas.com saat mudik dari Jakarta ke Malang, Hyundai STARGAZER mencatatkan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) 19,7 Km per liter. Artinya, satu liter BBM bisa membuat STARGAZER melaju sejauh 19,7 Km atau hampir 20 Km.

Mobil MPV teranyar Hyundai itu juga sudah dilengkapi fitur Push Button Start. Fitur ini memudahkan pengguna untuk menyalakan dan mematikan mesin hanya dengan menekan tombol. Dengan demikian, pengguna tidak perlu memutar kunci kontak untuk menyalakan mobil.

Sebagai mobil kekinian, Hyundai STARGAZER dibekali empat mode berkendara, yakni Normal, Eco, Sport, dan Smart. Normal Mode merupakan mode standar yang menawarkan keseimbangan performa dan efisiensi bahan bakar.

Selanjutnya, Eco Mode dirancang untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan mengoptimalkan kinerja mesin dan transmisi. Lalu, Sport Mode menghadirkan akselerasi lebih responsif dan performa yang lebih dinamis.

Terakhir, Smart Mode menyesuaikan pengaturan kendaraan berdasarkan gaya berkendara dan kondisi jalan untuk memberikan performa yang optimal.

  1. Fitur keamanan terdepan

Selain kenyamanan dan keandalan performa, Hyundai STARGAZER juga menjadikan aspek keamanan sebagai prioritas. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran teknologi Hyundai Smartsense.

Sebagai informasi, Hyundai Smartsense mengintegrasikan berbagai fitur canggih untuk meningkatkan keselamatan berkendara dan mengurangi risiko kecelakaan. Supaya lebih jelas, berikut berbagai fitur Hyundai Smartsense.

Pertama, Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), yakni sistem yang dirancang untuk mendeteksi potensi tabrakan dengan kendaraan di depan. Fitur ini membantu meningkatkan keselamatan, terutama dalam situasi lalu lintas yang padat atau saat pengemudi kurang fokus.

Kedua, Lane Following Assist (LFA) yang berfungsi membantu pengemudi menjaga posisi kendaraan di jalur yang benar. Fitur ini sangat berguna saat melintasi jalan tol atau berkendara jarak jauh.

Ketiga, High Beam Assist (HBA) untuk mengatur penggunaan lampu jauh (high beam) dan lampu dekat (low beam) sesuai kondisi lalu lintas. Fitur ini membantu mengoptimalkan pencahayaan jalan dan mengurangi silau bagi pengemudi lain.

Keempat, Lane Keeping Assist (LKA). LKA memiliki fitur yang mirip dengan LFA, tetapi lebih fokus pada membantu kendaraan tetap berada di tengah jalur. Sistem ini memantau posisi kendaraan dalam jalur dan memberikan peringatan jika kendaraan mulai keluar dari jalur tanpa sinyal belok.

Kelima, Blind-spot Collision-Avoidance Assist (BCA) untuk memantau area di sekitar kendaraan yang sulit terlihat oleh pengemudi, khususnya di area titik buta. Fitur ini meningkatkan keselamatan saat melakukan manuver parkir dan perubahan jalur.

Keenam, Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) untuk membantu pengendara menghindari tabrakan saat mundur dari tempat parkir. Caranya, sistem ini mendeteksi kendaraan yang mendekati dari arah samping di belakang kendaraan.

Ketujuh, Rear View Monitor (RVM) yang menampilkan gambar dari kamera belakang pada layar display audio ketika kendaraan mundur. Fitur ini membantu pengemudi menghindari rintangan dan memperbaiki posisi saat parkir.

Terakhir, 6-Airbag System. Hyundai STARGAZER memiliki sistem airbag 6-titik, termasuk airbag untuk pengemudi, penumpang depan, samping, serta tirai. Sistem ini dirancang untuk melindungi penumpang dari cedera dalam kecelakaan dengan mengembang secara cepat untuk menyerap dampak dan melindungi area tubuh yang rentan.

  1. Konektivitas Hyundai Bluelink

Sebagai mobil MPV kekinian dari Hyundai, Hyundai STARGAZER turut dilengkapi Hyundai Bluelink. Sebagai informasi, Hyundai Bluelink merupakan sistem konektivitas canggih yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman berkendara. Sistem ini mengintegrasikan berbagai fitur teknologi modern. Berikut beberapa fitur Hyundai Bluelink.

Pertama, Remote Engine Start and Stop. Melalui fitur ini, pemilik kendaraan dapat menyalakan mesin kendaraan dari jarak jauh menggunakan aplikasi Bluelink. Sementara itu, Remote Engine Stop merupakan fitur yang membuat pengemudi dapat memanaskan atau mendinginkan kabin sebelum memasuki kendaraan.

Kedua, Remote Climate Control. Remote Climate Control memungkinkan pengguna mengatur suhu kabin kendaraan dari jarak jauh melalui aplikasi Bluelink. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan suhu kabin sehingga nyaman sebelum mereka memasuki kendaraan.

Ketiga, Remote Door Lock. Fitur ini memungkinkan pengguna mengunci pintu kendaraan dari jarak jauh menggunakan aplikasi Bluelink.

Keempat, Remote Unlock. Fitur ini membuat pengguna bisa membuka pintu kendaraan dari jarak jauh melalui aplikasi Bluelink.

Terakhir, Find My Car. Fitur ini memungkinkan pengguna melacak lokasi kendaraan melalui aplikasi Bluelink.

Itulah lima alasan Hyundai STARGAZER layak dijadikan sebagai mobil andalan yang serbabisa. Sebagai informasi, mobil teranyar Hyundai ini memiliki dua varian, yakni tujuh seater dengan pengaturan kursi yang fleksibel dan enam seater dengan captain seat pada baris kedua.

Hyundai STARGAZER dengan tujuh kursi penumpang menawarkan fleksibilitas tinggi dalam pengaturan kursi. Sementara itu, konfigurasi enam kursi menawarkan Captain Seat atau kursi captain pada baris kedua.

Hyundai STARGAZER memiliki ruang interior yang luas. DOK. Hyundai Hyundai STARGAZER memiliki ruang interior yang luas.

Untuk diketahui, Captain Seat merupakan kursi individu yang dilengkapi sandaran tangan lebih luas ketimbang kursi standar.

Kedua versi Hyundai STARGAZER itu sudah dilengkapi lebih dari 30 tempat penyimpanan yang ergonomis di setiap sisi. Selain itu, terdapat juga tambahan hidden tray, center console armrest, center console rear storage with USB port, dan seat back table.

Sebagai informasi, Hyundai STARGAZER dibanderol dengan harga sesuai varian, yakni STARGAZER Active MT Rp 249,6 juta, STARGAZER Active IVT Rp 262,6 juta, STARGAZER Essential MT Rp 261,4 juta, STARGAZER Essential IVT Rp 275,3 juta, STARGAZER Style IVT Rp 305,3 juta, serta STARGAZER Prime IVT Rp 320,9 juta.

Pembeli Hyundai STARGAZER bisa mendapatkan gratis biaya jasa perawatan selama 5 tahun atau 75.000 kilometer (mana yang tercapai lebih dulu), gratis biaya suku cadang untuk perawatan berkala selama 3+1 tahun atau 60.000 km (mana yang tercapai lebih dulu), serta garansi dasar selama 3+1 tahun atau 100.000 km (mana yang tercapai lebih dulu).

Sebagai informasi, Hyundai memiliki promo spesial di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di BSD City, Kabupaten Tangerang. Adapun booth Hyundai terletak di Hall 10 - 10B.

Setiap pembelian mobil Hyundai tipe apapun di GIIAS model berkesempatan mengikuti lucky draw berhadiah utama 1 unit IONIQ 6 dan Lucky Dip Program Rp 2 Miliar.

Selain hadiah utama, pembeli juga berkesempatan mendapatkan Samsung Galaxy S24 Ultra, Samsung Galaxy Buds, voucer belanja Rp Rp 500.000, serta e-wallet Rp.500.000.

Selain itu, pembeli juga bisa mengikuti Trade-In Program dengan konsep home inspection. Program ini memberikan voucer Rp 5 juta untuk pengguna mobil Hyundai dan Rp 3 juta untuk pengguna mobil merek lain.

Selain itu, terdapat juga myHyundai Program yang memberikan keuntungan khusus untuk pengguna Garuda Indonesia. Pengguna yang melakukan pembelian STARGAZER, STARGAZER X, Creta, serta Creta Alpha akan mendapatkan flight voucher, 1 akses Garuda Priority Service, serta 1 akses Executive Lounge dengan total Rp 2.670.000.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau