Advertorial

PJ Gubernur Sulsel Paparkan Upaya Digitalisasi di Lingkup Pemprov Sulsel

Kompas.com - 30/07/2024, 19:39 WIB

KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Profesor Zudan Arif Fakrulloh memberikan pemaparan terkait digitalisasi reformasi birokrasi yang ia lakukan di kalangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

Pemaparan tersebut ia sampaikan dalam Seminar Nasional Ikatan Alumni Pimpinan Nasional (Ika Pimnas) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia (RI) di Aula Tudang Sipulung, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu (20/7/2024).

Seminar itu juga dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas.

Zudan mengatakan, digitalisasi reformasi birokrasi sudah terlebih dahulu ia terapkan saat menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ia menerapkan di Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri sejak 7 tahun lalu, khususnya terkait masalah basis data.

Kini, hal serupa juga ia terapkan di Pemprov Sulsel sejak dirinya menjabat sebagai Pj Gubernur.

Adapun langkah pertama yang dilakukan adalah dengan membuat sistem penerimaan gaji aparatur sipil negara (ASN) dan tambahan penghasilan pegawai (TPP) di lingkup Pemprov Sulsel agar lebih tepat waktu.

Kemudian, ia juga memperbaiki tatanan pemerintahan di lingkup Pemprov Sulsel.

"Inovasi di Dukcapil Kemendagri saya bawa masuk ke Provinsi Sulsel untuk memperbaiki tatanan pemerintahan ini. Inovasinya, mulai dari membuat pembayaran gaji dan TPP tepat waktu. Sekarang, semua bisa dilakukan dengan baik dan tepat waktu," ujar Zudan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (29/7/2024).

Terkait penerapan digitalisasi basis data, masalah ini penting dilakukan untuk membantu pembangunan di wilayah tersebut.

"Tidak hanya itu, penerapan satu data di Pemprov Sulsel juga untuk mempermudah (pengecekan) data penerima bantuan sosial (bansos) serta bantuan lain sehingga penyalurannya berjalan dengan baik dan cepat," tuturnya.

Pj Gubernur Sulsel Zudan. Dok. Pemprov Sulsel Pj Gubernur Sulsel Zudan.

Pada kesempatan itu, Menpan-RB Anas mengakui bahwa pelayanan dan fasilitas yang disediakan oleh Pemprov Sulsel sudah berstandar bintang lima. Anas pun memuji kualitas pelayanan Pemprov Sulsel selama dirinya berada di Kota Makassar.

Menurutnya, Sulsel punya banyak orang hebat dengan pemikiran bintang lima.

"Tempat Bapak (Aula Tudang Sipulung) ini bagus. Tempat ini sudah bintang lima. Kemudian, pikiran orang-orangnya juga sudah bintang lima," puji Anas.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau