Advertorial

Raih 3 Penghargaan dari GridOto Award 2023, Intip Kerennya Kijang Innova Zenix Hybrid

Kompas.com - 05/08/2024, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Innova Zenix Hybrid atau All New Kijang Innova Zenix HEV memborong tiga penghargaan pada ajang GridOto Award 2023, yakni Best Medium Multi Purpose Vehicle (MPV), Total Cost Ownership (TCO) Medium MPV, serta Car of The Year versi GridOto Award 2023.

Penghargaan Car of The Year versi GridOto Award 2023 menjadi yang paling bergengsi. Pasalnya, untuk mendapatkan penghargaan ini, Innova Zenix Hybrid harus mengalahkan mobil MPV unggulan di kelasnya, seperti Honda CR-V, Chery Omoda 5, dan Hyundai Stargazer X.

Salah satu keunggulan Innova Zenix Hybrid terletak pada mesin hibrida, yakni Toyota Hybrid System (THS). Mesin ini hadir dalam empat silinder 1.987 cc M20A-FXS 16 valve DOHC Dual VVT-i dengan tenaga 150 dk dan torsi 187 Nm.

Untuk motor listrik, Innova Zenix Hybrid terletak disematkan tenaga listrik dengan baterai 27 kilo watt. Baterai ini mampu menghembuskan 111 dk dan torsi puncak 206 Nm.

Kedua mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT 10-percepatan virtual. Perpaduan ini membuat Innova Zenix Hybrid mampu menghembuskan tenaga 183 tk dan torsi sampai 206 Nm.

Pengemudi bisa merasakan limpuhan daya tersebut, bahkan saat kaki baru menginjak sedikit pedal. Motor listrik yang memiliki torsi besar langsung berkerja saat mobil berakselerasi (dalam putaran awal).

Hasilnya, mobil tersebut berakselerasi 0-100 kilo meter per jam dalam waktu 9,3 detik saja di varian G Hybrid berkat saluran tenaga tersebut. Capaian ini membuat Innova Zenix Hybrid menjadi Kijang terkencang selama puluhan tahun eksistensinya di Indonesia.

Untuk sasis, Innova Zenix Hybrid memakai Toyota New Global Architecture (TNGA). Pondasi ini memberikan performa dan rasa berkendara yang jauh lebih baik ketimbang generasi sebelumnya.

Arsitektur monokok itu memberi stabilitas tanpa mengorbankan kenyamanan. Hasilnya, Innova Zenix Hybrid lebih gesit bermanuver dengan karakter sasis dan suspensi yang tetap lembut.

Mobil hibrida tersebut juga mengusung sistem penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD) yang menghilangkan kopel dan gardan.

Tanpa kopel dan gardan, Innova Zenix Hybrid memiliki ruang di atas dek yang dirancang lebih tinggi. Hasilnya, mobil hibrida ini memiliki interior lebih lega, baik untuk penumpang maupun barang.

Untuk konsumsi bahan bakar minyak (BBM), Innova Zenix Hybrid relatif hemat karena mencatatkan 19,2 km per liter di rute dalam kota dengan kondisi lalu lintas padat. Sementara itu, untuk pengujian dalam tol, mobil hibrida ini mampu mencapai 18,8 km per liter dengan kecepatan tinggi dan konstan.

Meski terbilang wajar untuk mobil hibrida, capaian ini menjadi rekor baru bagi sebuah Kijang. Bahkan, berdasarkan pengetesan tim GridOto, Kijang Innova Zenix G Hybrid bisa berjalan dari Jakarta hingga Bali dengan satu tangki BBM penuh.

Dibekali fitur unggulan

Innova Zenix Hybrid dibekali sejumlah fitur meliputi teknologi hiburan, keamanan aktif, serta fitur yang menunjang kenyamanan berkendara, seperti stability control dan captain seat di kursi penumpang baris ke-2.

Untuk fitur keselamatan, mobil hibrida tersebut memiliki Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) Toyota Safety Sense.

Sebagai informasi, Toyota Safety Sense dibekali sejumlah fitur canggih, seperti Pre-Collision System, Lane Tracing Assist, Lane Departure Alert, Dynamic Radar Cruise Control, dan Automatic High Beam.

Pre-Collision System merupakan fitur yang membuat Innova Zenix Hybrid bisa mengerem sendiri jika komputer mendeteksi ada potensi tumbukan dari arah depan.

Selanjutnya, Lane Tracing Assist. Fitur ini memungkinkan setir bisa bergerak sendiri untuk membantu pengemudi mengarahkan mobil selalu di lajurnya.

Untuk membantu pengemudi tetap berada di jalur yang benar, Toyota Safety Sense juga dibekali fitur Lane Departure Alert. Fitur ini menggunakan kamera untuk mendeteksi garis pembatas jalan.

Lalu, Dynamic Radar Cruise Control menggunakan radar dan kamera untuk mendeteksi kendaraan di depan untuk mempertahankan jarak aman.

Sementara itu, Automatic High Beam memungkinkan para pengemudi berkendara dalam kondisi gelap dan minim pencahayaan dengan lebih nyaman. Fitur keselamatan semakin lengkap berkat kehadiran enam airbag, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Monitor, dan kamera 360.

Tampilan interior Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista.DOK. TAM Tampilan interior Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista.

Untuk memudahkan berkendara, Innova Zenix Hybrid dibekali beragam fitur modern, seperti electric parking brake + brake hold pada semua varian, start stop button dan smart entry, serta fitur telematik T Intouch.

Selain fitur keamanan, Innova Zenix Hybrid jua memiliki fitur unggulan lain, seperti voice command power backdoor. Fitur ini membuat pengguna bisa membuka pintu belakang menggunakan perintah suara. Untuk bisa menggunakan fitur ini, pengguna harus dekat sensor yang ditaruh dekat spoiler.

Innova Zenix Hybrid juga menyuguhkan fitur canggih dan hiburan untuk menemani pengguna selama perjalanan. Mobil ini dibekali instrumen digital 7 inci, Wi-Fi, head unit 10 inci lengkap dengan Apple CarPlay, Android Auto, wireless charger, serta fitur NFC untuk mengecek saldo kartu elektronik. Terdapat juga fitur Air Ionizer yang mampu membersihkan udara di dalam kabin mobil.

Fitur hiburan juga disematkan di baris kedua. Innova Zenix Hybrid memiliki sepasang Rear Seat Entertainment Head Unit untuk memanjakan penumpang dengan beragam hiburan. Layar 10 inci ini dapat menampilkan hiburan dari Netflix atau mendengarkan Spotify menggunakan koneksi internet.

Selain itu, Innova Zenix Hybrid juga tampak mewah dan nyaman berkat berkat kehadiran panoramic sunroof dan kursi Captain Seat with Ottoman pada baris kedua Innova.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Tak heran bila Innova Zenix Hybrid menjadi Car of The Year di GridOto Award 2023. Selain nyaman, Innova Zenix Hybrid ini cocok sebagai mobil keluarga yang irit dengan performa baik, punya fitur keselamatan unggul, serta ramah lingkungan.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau