Advertorial

Pesta Literasi Indonesia, Ajak Pengunjung Berlayar Menembus Batas Imajinasi

Kompas.com - 27/08/2024, 11:23 WIB

KOMPA.com – Gramedia Pustaka Utama kembali menghadirkan Pesta Literasi Indonesia. Kegiatan yang diinisiasi bersama sejumlah penerbit Gramedia, yakni Elex Media Komputindo, Grasindo, Bhuana Ilmu Populer, M&C, dan Kepustakaan Populer Gramedia akan digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, mulai Senin (26/8/2024) hingga Minggu (1/9/2024).

Pesta Literasi Indonesia merupakan kegiatan yang membuka ruang perjumpaan bagi para pembaca, penulis, penerbit, komunitas, dan setiap pihak yang peduli pada literasi untuk saling berbagi imajinasi dan inspirasi.

Tema “Samudra Imajinasi” yang diusung pada gelaran kali ini menggambarkan kebebasan berekspresi dan berkreasi tanpa batas. Para pengunjung seakan diajak untuk berlayar menembus batas, mengarungi lautan kata, warna, dan suara menuju pulau-pulau kreativitas yang menakjubkan.

Pesta Literasi Indonesia menyajikan berbagai agenda dan kegiatan, seperti diskusi panel, aneka kompetisi dan aktivitas, pameran Sampul Manusia, Semesta Buku (bazar buku), Selasar Seni dan Selasar Pendidikan, serta bazar aksesori dan makanan-minuman.

Tak hanya itu, Pesta Literasi Indonesia juga menghadirkan pertunjukan teater bertajuk Misteri Pembaca Terakhir garapan sastrawan Indonesia Agus Noor.

Sederet aktor, aktris, seniman, dan musisi akan terlibat dalam pertunjukan tersebut, seperti Ify Alyssa, Monita Tahalea, Danu Kusuma, Ravil Prasetya, Mahatva Zakie, Cak Lontong, Akbar Kobar, Sruti Respati, dan Mia Ismi.

Pertunjukan teater itu akan digelar pada 30 Agustus, 31 Agustus, dan 1 September 2024 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, pukul 19.00–21.00 WIB.

Misteri Pembaca Terakhir mengisahkan satu dari sedikit orang yang masih suka membaca, yaitu RonRon yang hilang secara misterius. Jejaknya yang tertinggal hanya sobekan buku dan kutipan puisi.

Para kawan RonRon pun tak tinggal diam. Karmila, Lupus, Alif, dan Bella Soang berusaha menemukan RonRon serta mencari tahu apa yang sesungguhnya terjadi.

Dalam pencarian itu, mereka melintasi samudra imajinasi, bertemu dengan Anak Bajang, Srintil, Lelaki Penjaga Senja, Jeng Yah, dan kisah-kisah di buku yang pernah mereka baca. Semuanya saling terhubung dengan cara yang tak terduga. Hal ini membuat mereka semakin mengerti kenapa kawan mereka menghilang.

Adapun tiket pertunjukan teater itu dibagi dalam lima kategori, yakni Diamond seharga Rp 700.000, Platinum Rp 600.000, Gold Rp 500.000, Silver Rp 400.000, dan Bronze Rp 250.000.

Tiket pertunjukan itu bisa dibeli melalui laman Caket.org. Untuk diketahui, tiket pertunjukan teater pada hari pertama, yakni Jumat (30/8/2024) telah terjual.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera dapatkan tiketnya karena persediaan terbatas.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Pesta Literasi Indonesia, kamu dapat mengunjungi akun Instagram @pestaliterasi.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau