Advertorial

Perayaan Dies Natalis Ke-40 UT, dari Penghargaan hingga Rekor MURI

Kompas.com - 04/09/2024, 18:46 WIB

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) merayakan Dies Natalis Ke-40 pada Rabu (4/9/2024). Momentum ini menandai empat dekade kontribusi UT dalam dunia pendidikan di Tanah Air.

Berdiri sejak 1984, UT telah menjadi pelopor pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) dengan komitmen memberikan akses pendidikan berkualitas yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Pada 2024, UT meraih sejumlah prestasi, yakni Akreditasi Perguruan Tinggi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) serta beberapa akreditasi internasional untuk program studi unggulan.

Capaian itu menegaskan posisi UT sebagai lembaga pendidikan yang diakui, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Rabu (4/9/2024), perayaan Dies Natalis UT Ke-40 telah dimulai sejak Senin (20/5/2024) dan diikuti oleh seluruh sivitas akademika dan para pemangku kepentingan.

Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan meliputi Disporseni Nasional, peningkatan kewibawaan akademik, peningkatan daya jangkau dan layanan mahasiswa, serta peningkatan kualitas dan kapasitas tata kelola melalui UT Award.

Adapun puncak perayaan Dies Natalis dilangsungkan pada Rabu (4/9/2024) di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) dan disiarkan secara daring melalui Zoom Meeting serta YouTube.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai UT pusat dan daerah, mahasiswa, serta alumnus yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berdiri sejak 1984, UT telah menjadi pelopor pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) dengan komitmen memberikan akses pendidikan berkualitas yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Dok. Universitas Terbuka Berdiri sejak 1984, UT telah menjadi pelopor pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) dengan komitmen memberikan akses pendidikan berkualitas yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Mengusung tema "UT Hadirkan Pendidikan Berkualitas Tanpa Batas," UT mengedepankan visi mewujudkan pendidikan tinggi inklusif yang dapat diakses oleh seluruh kalangan.

Pada acara puncak Dies Natalis Ke-40, UT memperkenalkan sejumlah inovasi penting sebagai bagian dari upaya terus-menerus untuk meningkatkan layanan kepada mahasiswa.

Salah satu inovasi tersebut adalah kebijakan Ijazah Digital. Selain itu, UT juga meluncurkan aplikasi MyUT Manajemen dan New Panutan 2.0. Dua aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan akses bagi para pengguna.

Selain inovasi, UT juga memberikan penghargaan kepada para mitra terbaik melalui UT Awards. Penghargaan "Citra Paramesti" diberikan kepada Bupati Jember Hendy Siswanto sebagai Mitra Individu Terbaik dari UT Jember.

Ada pula "Citra Saghatana" yang diberikan kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai Mitra Lembaga/Institusi Terbaik dari Direktorat Administrasi Akademik dan Kelulusan (DAAK).

Sementara itu, penghargaan "Citra Pararta" diserahkan kepada Media Indonesia sebagai Mitra Media Massa Terbaik atas kontribusinya dalam menyebarkan citra positif UT.

UT juga mengumumkan para pemenang lomba yang diadakan dalam rangka Dies Natalis Ke-40 dari berbagai kategori, seperti Ketua Program Studi Berprestasi, Dosen Berprestasi, dan Tutor Tuton Berkinerja Terbaik.

Pemenang lomba lain, yakni inovasi produk akademik, jumlah publikasi ilmiah terbanyak, serta penghargaan untuk tenaga kependidikan teladan dan UT Daerah Terbaik, juga diumumkan pada puncak acara Dies Natalis.

Perayaan Dies Natalis ke-40 UT tahun ini makin semarak lewat penyerahan tiga piagam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) kepada UT.

Piagam tersebut diterima Rektor UT Prof Ojat Darojat, MBus, PhD. Ia didampingi Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama, dan Bisnis, Rahmat Budiman, SS, MHum, PhD.

UT memperoleh penghargaan tersebut atas prestasinya sebagai perguruan tinggi penyelenggara turnamen nasional e-Sport Mobile Legends Bang Bang Youth dengan lokasi pertandingan terbanyak serta turnamen tenis meja dengan peserta terbanyak.

Selain itu, UT juga mencatat rekor MURI untuk pengelolaan Lembar Jawaban Ujian Akhir Semester Terbanyak, yaitu 2.978.990 eksemplar.

Perjalanan empat dasawarsa

Sebagai bagian dari tradisi Dies Natalis, UT meluncurkan sejumlah buku yang menandai perjalanan empat dasawarsa UT dalam memberikan kontribusi kepada pendidikan tinggi di Indonesia.

Dua di antaranya adalah 4 Dasawarsa Universitas Terbuka: Melayani Bangsa Melalui Layanan Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh Berkualitas yang ditulis Rektor UT dan rekan-rekannya serta Demokratisasi Pendidikan Melalui Keterbukaan Pendidikan karya Prof Ir Tian Belawati, MEd, PhD.

Dies Natalis UT Ke-40 ditutup dengan pengumuman pemenang Lomba Disporseni Nasional UT Tahun 2024 dan penyerahan trofi Juara Umum.

Seremoni tersebut melibatkan pemadaman api obor dan penyerahan kepanitiaan Dies dan Disporseni UT kepada panitia Dies Natalies 2025.

Dengan pencapaian selama 40 tahun, UT berkomitmen untuk menghadirkan pendidikan berkualitas tanpa terkecuali.

Sebagai perguruan tinggi inklusif, UT pun makin siap beradaptasi menjawab kebutuhan zaman serta menjadi mitra strategis dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul dan berdaya saing global.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau