Advertorial

Solusi Terbaik SERA untuk Kemudahan di Sektor Transportasi dan Logistik

Kompas.com - 07/09/2024, 16:19 WIB

KOMPAS.com - Transportasi dan logistik memiliki peran vital dalam mendukung perekonomian Indonesia.

Oleh karenanya, efisiensi dalam distribusi barang dan jasa sangat penting untuk meningkatkan daya saing produk lokal di pasar global.

Namun, sektor ini masih menghadapi berbagai tantangan, seperti biaya operasional yang tinggi dan ketidakstabilan harga bahan bakar.

Isu-isu lainnya, seperti kemacetan di kota-kota besar serta ketidakseimbangan antara permintaan dan kapasitas transportasi, juga disebut turut menghambat efisiensi sektor transportasi dan logistik.

Berbagai tantangan itu berdampak terhadap peningkatan biaya operasional dan penurunan efisiensi distribusi.

Perlu ada solusi inovatif yang dapat membantu mengatasi masalah-masalah itu, sehingga kinerja perusahaan transportasi dan logistik bisa meningkat secara keseluruhan.

Salah satu perusahaan yang berhasil mengimplementasikan strategi ini adalah PT Serasi Autoraya (SERA), anak perusahaan dari PT Astra International Tbk, yang terus berinovasi untuk memberikan solusi terbaik bagi pelanggannya.

Berikut sejumlah solusi dan inovasi terbaik yang ditawarkan SERA:

1. Solusi dalam penyewaan kendaraan

SERA yang merupakan salah satu perusahaan transportasi terbesar di Indonesia, kini menawarkan solusi transportasi yang terintegrasi dengan TRAC.

Melalui lini bisnisnya ini, SERA menawarkan jasa penyewaan kendaraan untuk korporasi maupun perorangan.

TRAC menawarkan layanan sewa kendaraan yang akan memudahkan para pelanggannya yang ingin menyewa mobil untuk mobilitas mereka.

Selain itu, tersedia pula fasilitas pelayanan pengemudi yang akan bekerja secara profesional dan berkualitas. Dengan demikian, pelanggan bisa menikmati perjalanan dengan lebih aman dan nyaman.

2. Solusi jasa logistik end-to-end service

Selain bisnis solusi transportasi dan penjualan kendaraan bekas, SERA yang berada di bawah brand SELOG, hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end-to-end dengan layanan yang berbeda-beda.

3. Contract logistics

SERA menawarkan jasa contract logistics yang mengelola ekspor impor kendaraan roda empat dan alat berat beserta komponen-komponennya.

4. Shipping services

Untuk pengiriman kargo di dalam negeri, SERA juga memiliki jasa pengiriman dan distribusi dengan moda transportasi laut.

5. Freight forwarding

Untuk alat berat atau kargo lainnya, SERA menyediakan jasa pengiriman dengan berbagai jenis moda pengangkutan untuk wilayah dalam negeri dengan jaminan keamanan (safety), tepat waktu (on time), dan zero defect.

6. Warehouse and yard management

SERA menawarkan jasa pengelolaan dan penyimpanan barang. lewat Warehouse Management System (WMS) untuk memenuhi kebutuhan supply chain.

Lewat layanan ini, proses pelacakan bisa dilakukan secara kontinu, utamanya terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai.

Tidak hanya itu, WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang hingga tingkat persedian yang rendah secara real time.

7. Solusi dalam lelang kendaraan

Sebagai satu perusahaan transportasi besar di Indonesia, SERA juga membuka kesempatan bagi Anda yang ingin membeli kendaraan dengan cara lelang.

Berintegrasi dengan IBID-Balai Lelang Serasi, SERA akan memberikan solusi terbaik bagi Anda yang ingin membeli kendaraan roda empat serta berbagai macam produk otomotif lainnya melalui proses pelelangan.

8. Solusi transportasi komprehensif dengan Astra FMS

Melalui Astra FMS, SERA memberikan solusi transportasi yang menyeluruh berbasis penggunaan teknologi dan informasi yang canggih.

Dengan begitu, pengelolaan proses transportasi akan semakin efektif, efisien, dan aman.

Astra FMS telah teruji secara efektif dalam berbagai lini bisnis yang dijalankan SERA. Di dalamnya, ada sejumlah fitur yang memudahkan pelanggan dalam mengelola transportasi, memantau kendaraan secara real-time, serta meminimalkan downtime.

Pelanggan juga bisa menganalisa kinerja pengemudi serta membuat biaya operasional kendaraan menjadi lebih efisien.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau