Advertorial

Kapan Usia Ideal Ajarkan Anak Menabung? Ini Kata Pakar Keuangan

Kompas.com - 14/09/2024, 11:49 WIB

KOMPAS.com – Mengajarkan anak tentang pentingnya menabung adalah investasi masa depan yang sangat berharga. Namun, banyak orangtua seringkali bertanya-tanya, “kapan waktu yang tepat untuk mulai membiasakan anak menabung?"

Pertanyaan itu wajar muncul, mengingat setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda. Tidak ada usia pasti yang ditetapkan, tapi usia dini adalah waktu yang ideal untuk memulai.

Para ahli keuangan sepakat bahwa pengenalan konsep menabung dan keuangan dapat dimulai sejak usia yang sangat dini. Dilansir laman Parents, Rabu (5/6/2024), penasihat keuangan terakreditasi di Philadelphia Federal Credit Union (PFCU), Erin Ellis, mengatakan bahwa anak-anak bisa mulai memahami konsep dasar uang sejak usia tiga tahun.

Pada usia tersebut, lanjut Ellis, orangtua dapat memperkenalkan pelajaran keuangan sederhana dalam kehidupan sehari-hari kepada anak. Contohnya, cara menggunakan uang untuk membeli barang, mengenalkan jenis-jenis uang dan nilainya, serta menjelaskan pentingnya menabung.

Kemudian, dilansir Go Banking Rates, Senin (5/8/2024), CFP dan Pendiri 11 Financial Taylor Kovar menekankan bahwa pada usia tiga tahun, anak-anak sudah bisa diajari perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Kegiatan seperti bermain peran jual-beli atau menggunakan uang mainan bisa menjadi dasar yang baik untuk memahami konsep keuangan.

Di sisi lain, Pendiri Watch Her Prosper Ruchi Pinniger merekomendasikan menabung untuk diajarkan sejak anak berusia dua tahun. Orangtua bisa memanfaatkan celengan agar upaya ini berjalan maksimal.

Dengan mempertimbangkan pendapat para ahli tersebut, jelas bahwa tidak ada kata terlalu dini untuk mulai mengajarkan anak-anak tentang uang dan menabung. Hal terpenting adalah menyesuaikan metode pengajaran dengan usia dan tingkat pemahaman anak, serta menjadikan proses belajar ini sebagai bagian alami dari kehidupan sehari-hari.

Namun, perlu dipahami bahwa peran orangtua turut memengaruhi upaya tersebut. Selain mengajarkan, orangtua juga wajib memberikan contoh yang baik. Ini mengingat, anak-anak cenderung meniru perilaku orangtuanya, termasuk dalam hal pengelolaan keuangan.

Salah satu cara efektif untuk memperkenalkan anak pada dunia perbankan adalah melalui produk tabungan khusus anak. Contohnya, Tabungan BRI Junio dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

Tabungan BRI Junio adalah produk tabungan yang dirancang khusus untuk anak usia 0 sampai 17 tahun. Produk ini hadir dengan berbagai fasilitas dan fitur yang tidak hanya memudahkan orangtua dalam mengelola tabungan anak, tetapi juga menarik minat anak untuk rajin menabung.

Salah satu fitur Tabungan BRI Junio adalah kartu debit dengan chip dan desain karakter menarik. Hal ini dapat menambah semangat anak untuk menggunakan tabungan mereka.

Selain itu, tabungan tersebut juga memiliki setoran awal yang terjangkau, mulai dari Rp 100.000. Ini menjadikan Tabungan BRI Junio dapat diakses dengan mudah oleh berbagai kalangan.

Kemudahan juga menjadi nilai plus dari Tabungan BRI Junio. Pembukaan tabungan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi BRImo. Hal ini tentu sangat memudahkan orangtua yang memiliki jadwal padat.

Lebih lanjut, tabungan tersebut bebas dari biaya administrasi bulanan, biaya pemeliharaan kartu, dan biaya kartu, sehingga uang tabungan anak dapat tumbuh optimal.

Jaringan luas BRI yang mencakup lebih dari 10.500 unit kerja dan 23.000 ATM di seluruh Indonesia juga menjadi keunggulan tersendiri. Ini memastikan bahwa anak dapat dengan mudah mengakses tabungan di mana pun berada.

Fitur yang tak kalah penting adalah konektivitas Tabungan BRI Junio dengan tabungan BRI orangtua. Melalui aplikasi BRImo, orangtua dapat memantau aktivitas tabungan anak mereka secara rutin.

Untuk mengaktifkan fitur itu, orangtua dapat mengunduh aplikasi BRImo melalui Google Play Store, App Store, atau Huawei AppGallery.

Sebagai insentif tambahan, BRI juga menawarkan program rewards menarik. Salah satunya adalah kesempatan mendapatkan dua tiket KidZania Jakarta atau saldo BRImo senilai Rp 500.000 khusus pembukaan rekening Tabungan BRI Junio dengan setoran awal Rp 5 juta. Promo ini berlaku hingga 31 Desember 2024 dan dapat diakses melalui bbri.id/juniorencana24.

-Dok. BRI -

Pada akhirnya, mengenalkan konsep menabung pada anak bukan hanya tentang mengajarkan mereka untuk menyimpan uang. Ini adalah tentang membangun fondasi untuk literasi finansial yang kuat, yang akan membantu mereka membuat keputusan keuangan yang bijak di masa depan.

Dengan memanfaatkan momentum Hari Indonesia Menabung dan didukung oleh produk perbankan yang tepat seperti Tabungan BRI Junio, orangtua dapat memulai perjalanan ini dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Tabungan BRI Junio, termasuk program rewards yang dihadirkan, silakan kunjungi laman ini.

#TabunganBRIJunio #TabunganAnak #TabunganBRI #JunioviaBRImo #TabunganBRIPasBuatmu

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau