Advertorial

Telkomsel Hadirkan Showcase 5G di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Kompas.com - 14/09/2024, 16:41 WIB

KOMPAS.com - Telkomsel menghadirkan showcase 5G di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, menawarkan pengalaman teknologi terkini bagi peserta dan pengunjung.

Inisiatif tersebut menampilkan berbagai penerapan teknologi 5G, memberikan akses internet supercepat, dan pengalaman interaktif yang menunjukkan inovasi teknologi masa depan.

Aktivasi itu tersebar di tiga lokasi, yakni Stadion Harapan Bangsa di Banda Aceh, Dinas Pemuda dan Olahraga di Medan, serta Sport Center Deli Serdang.

Telkomsel berkolaborasi dengan berbagai vendor global, seperti Ericsson, Huawei, dan Qualcomm, menghadirkan 11 penerapan teknologi 5G yang memanfaatkan spektrum frekuensi 700 MHz dengan dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Direktur Planning and Transformation Telkomsel Wong Soon Nam mengatakan, pihaknya berkomitmen memperluas akses teknologi 5G melalui showcase di PON XXI.

"Use case 5G yang dihadirkan merupakan upaya kami yang terinspirasi oleh semangat Indonesia untuk mendorong kemajuan melalui pengalaman teknologi yang menarik," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (14/9/2024).

Beberapa penerapan teknologi unggulan termasuk 5G Cyber Dog dan AI UU Robot, robot berbasis 5G yang interaktif, serta Smart Glasses yang memungkinkan pengunjung melakukan live broadcasting ke media sosial dari stan.

Ada juga FMC Smart Home yang menawarkan solusi rumah pintar berbasis 5G untuk mengelola perangkat rumah secara cerdas dan efisien.

Selain itu, ada pula teknologi realitas virtual (VR) memungkinkan pengunjung merasakan suasana pertandingan seolah berada di stadion, meski secara fisik di luar arena.

Telkomsel juga memperkenalkan Immersive Sports Fan Engagement yang memanfaatkan pembagian jaringan 5G untuk pengalaman menonton olahraga yang personal dan interaktif.

Penerapan teknologi lainnya, 5G Device Ecosystem, menampilkan perangkat yang mendukung jaringan 5G, termasuk ponsel pintar dan perangkat wearable, dirancang untuk memaksimalkan jaringan 5G dalam kehidupan modern.

5G Smart Live Broadcast menawarkan inovasi dalam produksi siaran langsung dengan biaya lebih rendah dan kualitas tinggi, memanfaatkan kapabilitas 5G Telkomsel.

Telkomsel juga menghadirkan Smart Pole CCTV yang mendukung berbagai kebutuhan, seperti memantau pelanggaran lalu lintas atau menghitung jumlah pengunjung di pusat perbelanjaan. Penerapan teknologi ini digunakan di PON XXI untuk menghitung jumlah pengunjung yang masuk dan keluar di stan.

Selanjutnya, 5G New Calling, menghadirkan layanan komunikasi dengan fitur penerjemah otomatis, memfasilitasi interaksi lintas bahasa secara lebih inklusif.

Telkomsel juga memperkenalkan Telkomsel.1. Ini merupakan layanan WiFi on-demand dengan instalasi yang mudah, meningkatkan kenyamanan dalam perjalanan digital pelanggan.

Untuk mendukung PON XXI Aceh-Sumut 2024, Telkomsel telah mengoptimalkan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh venue utama dan pendukung. Upaya ini mencakup penyediaan tambahan jaringan 5G di 12 lokasi strategis, optimasi jaringan 4G di 257 site, serta pemasangan 14 unit Compact Mobile BTS (COMBAT).

Telkomsel juga menyiapkan berbagai produk dan layanan pelanggan serta penawaran khusus untuk atlet, official, volunteer, dan pengunjung di berbagai lokasi acara.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau