Advertorial

Penuh Agenda Penting, CAEXPO Ke-21 Akan Tampilkan Sejumlah Sorotan dan Inisiatif Baru

Kompas.com - 18/09/2024, 20:40 WIB

KOMPAS.com – China-ASEAN Expo (CAEXPO) merupakan salah satu platform penting bagi China dan negara-negara anggota ASEAN untuk melaksanakan kerja sama ekonomi dan perdagangan yang lebih luas di berbagai bidang dengan tingkat yang lebih tinggi.

Pada konferensi pers yang diadakan oleh Kantor Informasi Dewan Negara China, Rabu (11/9/2024), Wakil Menteri Perdagangan China Li Fei mengatakan, CAEXPO telah digelar selama 20 tahun sejak 2004. Agenda ini telah mengakumulasi banyak pengalaman dan mencapai hasil produktif.

Sebagai contoh, produk-produk unggulan negara ASEAN, seperti Kopi G7 dari Vietnam, durian Musang King dari Malaysia, beras jasmine dari Thailand, dan bir dari Laos telah memasuki pasar China selama bertahun-tahun melalui CAEXPO. Produk-produk ini pun diterima dengan baik oleh konsumen China.

Dengan kualitas dan efisiensi yang lebih tinggi, CAEXPO Ke-21 akan membangun lebih banyak konsensus, memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan, dan membantu membangun komunitas China-ASEAN yang lebih dekat dengan masa depan bersama.

Konferensi pers terkait penyelenggaraan CAEXPO Ke-21 yang diadakan oleh Kantor Informasi Dewan Negara China, Rabu (11/9/2024). dok. CAEXPO Konferensi pers terkait penyelenggaraan CAEXPO Ke-21 yang diadakan oleh Kantor Informasi Dewan Negara China, Rabu (11/9/2024).

Untuk mendukung tujuan tersebut, gelaran CAEXPO Ke-21 akan menampilkan sejumlah sorotan dan inisiatif.

  1. Menambahkan konten baru dan memamerkan pencapaian pembangunan

CAEXPO 2024 akan menghadirkan paviliun Industri Baru Strategis. Berfokus pada pengembangan kekuatan produksi baru berdasarkan kondisi lokal, paviliun ini akan memamerkan perkembangan teranyar dan tingkat teknis di bidang baru, seperti teknologi digital, pengembangan hijau dan rendah karbon, energi baru, serta kendaraan terhubung pintar.

Selain itu, Zona Pameran Teknologi Tinggi ASEAN yang baru akan menampilkan pencapaian teknologi tinggi di sejumlah industri, seperti kesehatan massal, biomedis, energi baru, serta layanan teknologi informasi (TI) dari Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Indonesia, Kamboja, dan negara-negara lain.

Dengan demikian, CAEXPO 2024 dapat membantu perusahaan teknologi tinggi ASEAN dalam mengembangkan pasar di China dan sekitarnya.

  1. Fokus pada kerja sama praktis dan menunjukkan mitra

Untuk pertama kali, CAEXPO akan mengundang negara-negara Teluk, dengan Uni Emirat Arab (UEA) sebagai mitra khusus, untuk berpartisipasi dalam pameran. Adapun delegasi pembeli dari UEA juga akan berpartisipasi dalam pameran.

Kemudian, anggota Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) juga akan diundang untuk berpartisipasi pertama kali dalam pameran. Produk unggulan dari negara-negara SCO, seperti Kazakhstan dan negara lain, turut diperkenalkan.

CAEXPO 2024 akan menghadirkan sejumlah sorotan dan inisiatif baru untuk membangun lebih banyak konsensus, memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan, dan membantu membangun komunitas China-ASEAN yang lebih dekat dengan masa depan bersama. dok. CAEXPO CAEXPO 2024 akan menghadirkan sejumlah sorotan dan inisiatif baru untuk membangun lebih banyak konsensus, memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan, dan membantu membangun komunitas China-ASEAN yang lebih dekat dengan masa depan bersama.

Berbagai perusahaan dari negara-negara anggota The Regional Comprehensive Economic Partnership RCEP lain, seperti Australia dan Jepang, serta negara-negara terkait Inisiatif Sabuk dan Jalan, seperti Polandia, Serbia, dan Brasil, juga akan berpartisipasi dalam CAEXPO 2024.

  1. Memberikan layanan pasar yang lebih baik dan memperluas fungsi platform

Sebelumnya CAEXPO digelar selama empat hari. Pada tahun ini, penyelenggaraannya akan berlangsung selama lima hari. Hari tambahan ini terbuka untuk pengunjung umum. Dengan begitu, perusahaan yang berpartisipasi dapat menyesuaikan diri lebih baik dengan pasar serta publik dapat lebih merasakan hasil dari kerja sama praktis antara China dan negara-negara anggota ASEAN.

Tak hanya tiga inisiatif tersebut, penyelenggaraan CAEXPO juga akan dioptimalkan secara online dan pendirian ruang pameran permanen.

Penyelenggara CAEXPO Ke-21 juga mengoordinasikan pameran dan kegiatan ekonomi dengan perdagangan online dan offline, baik selama pameran maupun di luar periode pameran, yang berlangsung di dalam dan di luar ruang pameran. Dengan begitu, lebih banyak fungsi dan layanan pameran yang bisa diakses pengunjung sepanjang tahun.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai CAEXPO Ke-21, Anda bisa mengunjungi situs web www.caexpo.org.cn/en-US/.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau