Kabar pariwisata

Parade Riders MotoGP™ Bawa Euforia Internasional ke Mataram

Kompas.com - 20/09/2024, 15:40 WIB

KOMPAS.com - Menyambut ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney) bersama anak usahanya, InJourney Tourism Development Corporation (ITDC), telah menyiapkan berbagai acara. Salah satunya adalah Riders Parade yang akan digelar di Kota Mataram pada Rabu (25/9/2024).

Pada parade tersebut, ITDC, Mandalika Grand Prix Association (MGPA), dan Dorna akan memperkenalkan 12 pembalap utama MotoGP™, seperti Marc Marquez, Jorge Martin, Enea Bastianini, Fabio Di Giannantonio, Marco Bezzecchi, Pedro Acosta, Aleix Espargaro, Jack Miller, Raul Fernandez, Alex Rins, Luca Marini, serta pembalap lokal, Mario Aji.

Riders Parade menjadi bagian dari rangkaian kegiatan pre-event MotoGP 2024 di Mandalika, Lombok. Setelah berkompetisi di putaran ke-14 di Misano, Italia, pada 20-22 September 2024, para pebalap akan langsung terbang ke The Mandalika untuk putaran ke-15 pada 27-29 September 2024.

Parade itu akan dimulai dari Taman Sangkareang dan berakhir di Taman Udayana, Kota Mataram, pada pukul 16.00 WITA.

Parade tersebut adalah bagian dari penyambutan Pertamina Grand Prix untuk kedatangan para pebalap MotoGP™ yang akan menyapa masyarakat umum di Kota Mataram.

Masyarakat akan diberikan kesempatan untuk melihat lebih dekat pebalap idola mereka sebelum beraksi di sirkuit.

Parade tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat penggemar untuk menyaksikan balapan langsung di Pertamina Mandalika International Circuit.

Chairman of Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, Troy Waroka mengatakan, Pertamina GP of Indonesia Riders Parade akan menampilkan 12 Top Riders MotoGP™, termasuk local hero Indonesia Mario Aji dari kelas Moto2.

Para pebalap, lanjutnya, akan mengendarai motor masing-masing, dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melihat idola mereka lebih dekat sebelum mereka beraksi di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024.

“Kami juga memastikan keamanan acara agar penonton merasa nyaman selama acara berlangsung. Parade ini merupakan salah satu bentuk apresiasi atas antusiasme masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam menyambut MotoGP™ tahun ini." ujarnya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (20/9/2024).

Pada Pertamina GP of Indonesia Riders Parade pebalap akan mengendarai motor masing-masing, dan beri kesempatan pada masyarakat untuk melihat idola mereka lebih dekat sebelum mereka beraksi di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024. Dok. InJourney Pada Pertamina GP of Indonesia Riders Parade pebalap akan mengendarai motor masing-masing, dan beri kesempatan pada masyarakat untuk melihat idola mereka lebih dekat sebelum mereka beraksi di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024.

Penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP) - MotoGP™ 2024 tidak hanya menghadirkan balapan kelas dunia, tetapi juga mempromosikan Indonesia sebagai "The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination".

Keterlibatan 12 pebalap top menunjukkan apresiasi Dorna atas penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, dengan mendekatkan para pebalap kepada penggemar, khususnya di Kota Mataram.

Menurut Sports Director of Dorna Carlos Ezpeletta, Indonesia adalah salah satu negara dengan fans MotoGP™ terbesar di dunia.

“Kami yakin fans di Indonesia sudah tidak sabar ingin melihat riders jagoan mereka kembali berlaga di Mandalika, sirkuit yang indah dan unik,” imbuhnya.

Riders Parade di Mataram, sambungnya, akan menjadi pembuka race week yang menyenangkan bagi para fans dan seluruh masyarakat.

“Mereka akan bisa melihat lebih dekat dan berkesempatan untuk foto bersama para riders,” tandasnya.

Selain parade, para pebalap MotoGP akan melakukan aksi sosial berupa penanaman pohon di Deluxe Class, Pertamina Mandalika International Circuit pada Kamis (26/9/2024), serta meresmikan Museum MotoGP pertama dan satu-satunya di dunia pada Jumat (29/9/2024).

Tak hanya itu, rangkaian penyambutan para pebalap dunia dalam rangkaian opening ceremony itu akan menampilkan 250 talenta dan menjadi yang terbesar di Asia. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mempromosikan Indonesia sebagai destinasi sportstainment terkemuka di dunia.

Dalam persiapan menjelang event tersebut, ITDC dan MGPA juga akan menyelenggarakan festival "Spirit of Indonesia" yang dimeriahkan oleh artis papan atas, seperti Slank, ADA Band, Geisha, Gigi, Ghea Youbi, dan DJ Yasmin.

ITDC dan MGPA berharap, Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 akan menjadi momen kebanggaan bagi masyarakat Indonesia, sekaligus memperkuat posisi Mandalika sebagai destinasi motorsport kelas dunia.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau