Advertorial

BRI Perkuat Implementasi ESG untuk Mewujudkan Keuangan Berkelanjutan

Kompas.com - 20/09/2024, 17:07 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat komitmennya terhadap keberlanjutan melalui penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

BRI tidak hanya fokus pada keuntungan finansial, tetapi juga memperhatikan dampak sosial, lingkungan, serta tata kelola perusahaan yang baik sesuai dengan standar internasional.

Hal tersebut disampaikan Direktur Kepatuhan BRI, A Solichin Lutfiyanto dalam acara media briefing bertajuk “Penguatan BUMN Menuju Indonesia Emas: Memaksimalkan Peran Lembaga Jasa Keuangan di Era ESG” di Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (12/09/2024).

BRI mencatatkan berbagai pencapaian dalam penerapan ESG. Pada 2024, peringkat ESG BRI oleh S&P meningkat signifikan dari 63 menjadi 75. Ini merupakan skor tertinggi di industri perbankan Indonesia.

Selain itu, BRI juga berhasil mempertahankan rating Morgan Stanley Capital International (MSCI) pada nilai A selama tiga tahun berturut-turut.

Pencapaian itu menunjukkan BRI semakin fokus pada keberlanjutan sekaligus membuktikan bahwa tanggung jawab sosial dan lingkungan bukan hanya kunci untuk masa depan, tetapi juga pilar penting bagi kesuksesan jangka panjang.

Bekerja sama dengan Morningstar Sustainalytics, BRI menyelesaikan tinjauan tahunan yang menunjukkan penurunan signifikan dalam ESG Risk Rating. Selama dua tahun berturut-turut, BRI berhasil mempertahankan predikat Low Risk, dengan skor terbaru 17,8.

Predikat Low Risk yang diberikan Sustainalytics merupakan pengakuan lembaga rating berskala internasional terhadap komitmen BRI atas implementasi keberlanjutan dalam perusahaan.

Solichin menegaskan bahwa pencapaian skor ESG yang tinggi bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan langkah awal untuk terus berinovasi dan menjaga standar internasional.

Menurutnya, transparansi dalam laporan ESG sangat penting untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada publik mengenai proses di balik pencapaian tersebut.

“BRI selalu berusaha memberikan laporan yang jelas dan akurat untuk menunjukkan komitmen kami terhadap prinsip ESG,” ujarnya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (20/9/2024).

Pada kesempatan sama, ekonom Ryan Kiryanto mengapresiasi komitmen BRI dalam mengintegrasikan prinsip ESG ke dalam operasionalnya dengan transparansi dan dampak nyata.

Ryan memuji BRI sebagai contoh institusi keuangan yang berhasil mengimplementasikan ESG secara konsisten, tidak hanya melalui simbol lingkungan seperti penanaman pohon, tetapi juga dalam penyediaan layanan inklusif bagi kelompok berkebutuhan khusus.

“BRI adalah contoh cemerlang dari sebuah institusi keuangan yang tidak hanya memenuhi

standar ESG, tetapi juga menunjukkan dedikasi yang konsisten dalam menerapkannya,” ungkap Ryan.

Ryan mengatakan bahwa BRI adalah contoh nyata bagaimana institusi keuangan dapat berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dan menciptakan dampak positif melalui praktik ESG yang baik.

Dengan pengakuan tersebut, BRI memperkuat posisinya sebagai pelopor dalam penerapan prinsip ESG di sektor perbankan, dan membuktikan bahwa keberlanjutan bukan hanya sebuah tujuan, tetapi merupakan bagian integral dari strategi dan operasional perusahaan.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau