Advertorial

Pemkot Cilegon dan NSI Teken Kerja Sama, Prioritaskan Penyerapan Tenaga Kerja Lokal

Kompas.com - 24/09/2024, 21:16 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Nippon Shokubai Indonesia (NSI) terkait rekrutmen calon tenaga kerja lokal di Ruang Wali Kota Cilegon, Banten, Selasa (24/9/2024).

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian bersama Presiden Direktur NSI Shinichiro Yoshimoto.

Usai penandatangan itu, Helldy menyampaikan apresiasi terhadap langkah NSI yang dinilainya berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Cilegon melalui penyediaan lapangan pekerjaan.

Ia berharap, perusahaan tersebut dapat memprioritaskan warga Cilegon, terutama penerima beasiswa sarjana penuh dari pemerintah.

“Saya sangat mengapresiasi NSI yang bergerak cepat melakukan kerja sama. Saya berharap, warga Cilegon menjadi prioritas utama dalam rekrutmen, khususnya mereka yang sudah menerima beasiswa,” ujar Helldy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Helldy juga berharap, kerja sama tersebut dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk ikut berkontribusi dalam mendukung penyerapan tenaga kerja lokal.

Tak hanya itu, ia pun menegaskan bahwa sinergi antara pemerintah dan industri juga menjadi kunci dalam meningkatkan kemajuan daerah.

“Kami ingin kolaborasi ini dapat berkelanjutan dan menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk ikut terlibat dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat lokal,” ucap Helldy.

Sementara itu, Shinichiro menjelaskan bahwa kerja sama antara NSI dengan Pemkot Cilegon akan berlangsung selama lima tahun dengan kemungkinan perpanjangan sesuai kebutuhan perusahaan.

NSI sendiri akan menyerap sekitar 40 hingga 50 tenaga kerja baru yang mana sebagian besar diharapkan berasal dari Cilegon.

“Saat ini, 56 persen tenaga kerja kami berasal dari Banten dan 30 hingga 40 persennya adalah warga Cilegon. Kami berharap, persentase ini bisa meningkat seiring waktu,” jelas Shinichiro.

Kerja sama dengan Pemkot Cilegon, tambah Shinichiro, akan difokuskan pada program-program prioritas bagi warga Cilegon, terutama penerima beasiswa sarjana penuh. Program ini mencakup proses seleksi dan penempatan tenaga kerja berkualifikasi yang telah lulus seleksi PT NSI.

“Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal sekaligus memperkuat kontribusi industri dalam pembangunan daerah,” terangnya. (ADV)

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau