Advertorial

Ohmmbybai Rayakan 30 Tahun Inovasi dan Desain Berkelanjutan

Kompas.com - 26/09/2024, 14:06 WIB

KOMPAS.com - Merayakan 30 tahun perjalanan di industri mode, Ohmmbybai menggelar “Tri Dasa Kala: Timeless Wisdom” di The Hall, Senayan City Level 8, Jakarta Selatan, mulai Kamis (26/9/2024) hingga Sabtu (28/9/2024), yang dapat dihadiri masyarakat secara gratis.

Menggabungkan tradisi dan modernitas, perayaan tersebut mencerminkan perjalanan dua sosok visioner di balik Ohmmbybai, Bai Soemarlono dan Joe Lim, yang terus melestarikan budaya sekaligus mendorong inovasi berkelanjutan dalam setiap karya mereka.

Dalam upaya mempromosikan keberlanjutan, Ohmmbybai berkolaborasi dengan masyarakat Baduy yang dikenal menjaga prinsip hidup harmoni dengan alam.

Kolaborasi itu bertujuan untuk melestarikan budaya, meningkatkan apresiasi budaya, serta memberdayakan pengrajin lokal.

Karya-karya dari perjalanan Bai dan Joe selama tiga dekade akan dipresentasikan dalam acara ini melalui storytelling interaktif, meliputi fashion show, talk show, workshop, eksibisi mini, fashion, jewelry dan kecantikan yang terkurasi, penyajian hidangan tradisional, bazar produk asal Baduy, serta pertunjukan budaya.

Acara fashion show pada perayaan tersebut akan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Men’s Collection, Women’s Collection, dan Unisex Collection, yang akan menampilkan busana dari bahan daur ulang dan tekstil tradisional.

Dalam kategori Men’s Collection, MORAL, yang juga didukung oleh Optik Seis, Beyond Manufacturing, dan Plantbids, akan mempresentasikan sederet busana, sepatu, dan tas yang dibuat dari bahan daur ulang milik Ohmmbybai dan kain felt hasil daur ulang botol plastik dari PlasticPay.

Kemudian, kategori Women’s Collection menghadirkan Hunting Fields yang akan mempresentasikan koleksi dari bahan sisa produk Ohmmbybai, didukung oleh Hijack Sandals dan aksesori dari Gelap Ruang Jiwa.

Pada kategori Unisex Collection, Ohmmbybai yang berkolaborasi dengan komunitas Baduy juga turut menampilkan koleksi yang mengusung kesederhanaan, keberlanjutan, dan pelestarian budaya masyarakat Baduy.

Dalam acara tersebut, Tri Dasa Kala akan mengadakan talk show bertajuk "Preserving Indonesian Heritage: Baduy", yang akan menghadirkan perwakilan Baduy untuk berbagi pandangan tentang pelestarian tradisi.

Talk show itu juga akan menghadirkan komunitas lintas industri, seperti LaSalle College Jakarta dan Plasticpay, untuk membahas masa depan mode yang lebih berkelanjutan dalam sesi bertajuk "Future of Fashion: Sustainability and Beyond".

Pengunjung juga bisa mengikuti berbagai workshop, seperti "Natural Dye Workshop" yang mempelajari teknik pewarnaan tradisional untuk busana bersama Bluesville, hingga merancang workshop upcycling bersama Setali Indonesia.

Sementara itu, sesi eksibisi mini akan menampilkan evolusi karya Bai dan Joe yang memperlihatkan komitmen mereka terhadap pelestarian lingkungan, sekaligus cerita di balik kolaborasinya bersama komunitas Baduy.

Pertunjukan budaya juga akan hadir melalui tarian tradisional dari Mitra Tari Hadiprana, Sekar Puri, dan Ohmm Adhyasa Abirupa.

Rangkaian acara tersebut dapat terselenggara atas dukungan Djarum Foundation, Kompas Group Media, Elle.co.id, Manual Jakarta, Senayan City, Optik Seis, Lomma, Lasalle College Jakarta, Istituto di Moda Burgo Indonesia, dan East Indies.

Bergabunglah dalam perayaan 30 tahun perjalanan Bai Soemarlono dan Joe Lim “Tri Dasa Kala: Timeless Wisdom”. Untuk info lebih lanjut, kunjungi Instagram @ohmmbybai.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau