Advertorial

Kemenkominfo Ajak Anak Muda Sumba Timur Sadar Stunting

Kompas.com - 27/09/2024, 11:37 WIB

KOMPAS.com — Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berdaya saing global, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat terkait permasalahan stunting.

Ketua Tim Informasi dan Komunikasi Kesehatan Kemenkominfo Riski Lustiono menuturkan, pengentasan stunting telah menjadi salah satu program prioritas nasional.

"Dalam sepuluh tahun terakhir, Indonesia berhasil menurunkan prevalensi stunting dari 37,2 persen menjadi 21,5 persen pada 2023," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (27/9/2024).

Riski pun mengapresiasi penurunan prevalensi stunting di Indonesia dari tahun ke tahun.

Namun, ia juga menekankan bahwa masih banyak tantangan yang harus dihadapi demi menurunkan angka stunting di Indonesia.

"Penurunan angka stunting penting karena akan berdampak pada daya saing bangsa. Anak yang terlahir stunting berisiko memiliki kecerdasan rendah sehingga dapat membuat produktivitasnya menurun," jelasnya.

Oleh karena itu, Riski pun mengajak anak-anak muda untuk menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi, dan menjaga kesehatan lingkungan.

"Kalian adalah calon orangtua yang diharapkan bisa melahirkan generasi sehat dan menjadi agen perubahan dalam menurunkan angka stunting," tambahnya.

Staf Ahli Bupati Sumba Timur Bidang Perekonomian, Keuangan, dan Pembangunan Merliaty Praing Simanjuntak turut menekankan pentingnya pengetahuan tentang stunting bagi generasi muda.

Menurutnya, stunting berdampak serius pada kualitas SDM di masa depan. Oleh karena itu, pemahaman dan kolaborasi dari berbagai pihak sangat diperlukan untuk mewujudkan generasi yang sehat dan berkualitas atau Generasi Emas 2045.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur Rambu M R K U Djima menyampaikan bahwa masalah stunting di Sumba Timur berawal dari anemia pada remaja putri.

Kondisi tersebut yang kemudian menyebabkan kehamilan dengan kekurangan energi kronis (KEK) dan akhirnya melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) dengan berat kurang dari 2.500 gr yang berisiko stunting.

Menurut Rambu, upaya pemberantasan stunting harus dimulai dari perbaikan kesehatan, terutama mengatasi anemia pada remaja putri.

Sebagai informasi, remaja putri wajib mengkonsumsi tablet tambah darah satu kali dalam seminggu untuk mencegah anemia dan stunting.

Terkait hal tersebut, pemerintah setempat memiliki beberapa program pencegah stunting termasuk pemberian tablet tambah darah gratis, pemeriksaan kehamilan, serta penyediaan ASI eksklusif untuk bayi usia 0-6 bulan.

Dokter spesialis anak dan influencer Kurniawan Satria Denta juga menekankan bahwa pencegahan stunting harus dilakukan sejak dini, bahkan sebelum kehamilan terjadi.

Menurutnya, penyebab utama stunting bukan kemiskinan, tetapi kurangnya pengetahuan masyarakat.

“Semakin besar pengetahuan masyarakat tentang stunting maka akan semakin mudah pula untuk memberantasnya,” ujar Kurniawan.

Acara itu juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengikuti lokakarya membuat konten edukatif seputar stunting yang dipandu oleh kreator konten Anisa Citra Salsabila.

Dengan lokakarya itu, diharapkan peserta dapat membuat konten yang menarik dan edukatif untuk meningkatkan kesadaran publik tentang stunting.

Sebagai informasi, Genbest yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo bertujuan untuk mendorong generasi muda menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Melalui situs web genbest.id dan media sosial @genbestid, Genbest menyediakan berbagai informasi seputar stunting, kesehatan, nutrisi, tumbuh kembang anak, dan reproduksi remaja dalam bentuk artikel, infografis, dan videografi.

Baca tentang
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau