Advertorial

Dukung Pariwisata Hijau Mandalika, BRI Gandeng Pembalap MotoGP Tanam 10.000 Bibit Pohon

Kompas.com - 27/09/2024, 13:11 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI secara konsisten menerapkan prinsip keuangan berkelanjutan sebagai bagian dari dukungan terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Salah satu inisiatif terbarunya adalah mendukung kawasan MotoGP Mandalika menjadi destinasi Green Tourism melalui program penanaman sekitar 10.000 bibit pohon di area Mandalika.

Penanaman pohon tersebut dilakukan pada Kamis (26/9/2024), sebagai bagian dari rangkaian MotoGP Mandalika 2024.

Kegiatan tersebut juga melibatkan para pembalap MotoGP, seperti Miguel Oliveira (Trackhouse Racing), Johann Zarco (LCR Team), Mario Aji (IDEMITSU Honda Team Asia), Somkiat Chantra (IDEMITSU Honda Team Asia), Manuel Gonzalez (QJMOTOR Gresini Moto2™?), David Alonso (CFMoto Aspar Team), dan Ivan Ortola (MT Helmets-MSI).

Pada kesempatan terpisah, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan bahwa program penanaman pohon di Kawasan Mandalika merupakan wujud nyata kontribusi BRI dalam mendukung MotoGP 2024 dengan mengutamakan kelestarian lingkungan.

Kegiatan tersebut juga sejalan dengan strategi perusahaan yang mendukung inisiatif environment, social, and governance (ESG) sesuai dengan standar nasional, regional, dan global, serta komitmen BRI terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

“MotoGP 2024 adalah ajang berkelas dunia. Oleh karena itu, semua pihak, baik pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sektor swasta, dan masyarakat harus mendukung acara ini, termasuk memperhatikan aspek lingkungan,” ujar Catur dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (27/9/2024).

Catur juga mengapresiasi inisiatif "Journey to Green Tourism Mandalika" yang menjadi bagian dari MotoGP Indonesia.

Menurutnya, kegiatan tersebut adalah salah satu langkah BRI untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan.

Selain itu, Catur menegaskan bahwa BRI terus mendukung pemerintah dalam upaya pemulihan ekosistem global dan penanggulangan perubahan iklim.

BRI berperan aktif melalui berbagai program yang membantu mengatasi perubahan iklim dan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan.

Melalui program BRI Peduli, yang menjadi payung TJSL, BRI telah menginisiasi program "BRI Menanam - Grow & Green". Program ini mencakup kegiatan pemulihan ekosistem baik di darat maupun di laut.

Sejak 2023, BRI telah menanam sebanyak 55.300 bibit pohon, termasuk mangrove, cemara laut, dan tanaman produktif seperti durian, kopi, aren, pinus, dan pala.

BRI juga telah melakukan transplantasi 2.430 fragmen terumbu karang di berbagai pulau di Indonesia.

Secara keseluruhan, program ini berpotensi menyerap 12.167,29 ton ekuivalen karbon dioksida (CO2e) per tahun.

Dalam pelaksanaannya, BRI berkolaborasi dengan berbagai organisasi non-profit dan masyarakat untuk memastikan keberhasilan jangka panjang program ini melalui monitoring dan evaluasi.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau