Advertorial

Bridgestone Potenza Sport A Ultra High Performance Jadi Ban Resmi Mobil EV Audi e-tron GT

Kompas.com - 27/09/2024, 16:24 WIB

KOMPAS.com - Salah satu pimpinan global ban premium dan solusi mobilitas berkelanjutan, Bridgestone, ditunjuk oleh Audi untuk mengembangkan ban ultra high performance yang diperuntukan secara khusus untuk generasi terbaru mobil listrik (EV) Audi e-tron GT.

Sebagai mitra kepercayaan Audi, Bridgestone mengembangkan ban sesuai dengan filosofi dari “Pure Performance without Compromise” yang diusung mobil tersebut.

Bridgestone menerjemahkan filosofi tersebut dengan menghadirkan Potenza Sport A yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan performa tinggi dari Audi e-tron GT.

Sebagai ban OE global homologasi, Bridgestone Potenza Sport A menjalani serangkaian uji ketat dari Audi. Ban tersebut diakui dalam performa terbaiknya yang dibutuhkan Audi e-tron Sport GT seri S hingga RS.

Selain itu, ban tersebut juga memberikan keselamatan dan sustainable yang baik.

Perlu diketahui, Potenza Sport A adalah ban massal pertama Bridgestone yang menggabungkan 55 persen bahan daur ulang dan terbarukan.

Ban tersebut juga mendapatkan sertifikasi dari International Sustainability and Carbon Certification (ISCC) Plus.

Vice President Original Equipment Bridgestone Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA) Steven De Bock mengatakan, melalui ban seperti Bridgestone Potenza Sport A, pihaknya bangga bisa membuat mobilitas jadi lebih sustainable, bahkan untuk kendaraan performa supertinggi dan kuat seperti Audi e-tron GT.

“Ban inovatif kami membantu mendorong generasi EV berikutnya. Bridgestone Potenza Sport A menandai langkah terbaru dalam kemitraan tepercaya dan strategis kami dengan Audi," ujar Steven De Bock pada keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (25/9/2024).

Menurutnya, ban Bridgestone Potenza Sport A memiliki efisiensi energi terbaik di kelasnya serta jangkauan baterai yang lebih luas.

Ban premium Bridgestone premium Sport A pada mobil EV Audi e-tron GT. Dok. Bridgestone Ban premium Bridgestone premium Sport A pada mobil EV Audi e-tron GT.

Selain itu, ban tersebut memiliki peringkat A label EU dalam hambatan gulir yang berkontribusi pada jangkauan terbaik dari mobil Audi e-tron GT, yakni sekitar 500 kilometer.

Ban Bridgestone Sport A memberikan keselamatan dan kontrol yang baik kepada pengemudi. Bahkan hari ini meraih peringkat A label EU untuk daya cengkeraman di jalan basah.

Hal itu melengkapi dengan respons pengemudi mobil Audi e-tron GT yang sangat presisi selama berkendara secara dinamis.

Desain dari ban tersebut memiliki tapak unik, teknologi penguat, dan desain karkas yang dikhususkan untuk Audi e-tron GT.

Bridgestone Potenza Sport A dirancang khusus untuk mengoptimalkan penanganan, performa, kenyamanan berkendara.

Engineer Pengembangan Ban Audi AG Robin Stettner menjelaskan, dengan performa hingga 925 PS, Audi RS e-tron GT adalah EV dengan performa tinggi yang sepenuhnya disesuaikan untuk dinamika berkendara.

“Dengan kinerja tersebut dan memenuhi standar tinggi kami terkait keselamatan dan keberlanjutan, Bridgestone Potenza Sport A adalah pasangan yang sempurna,” sambungnya.

ENLITEN juga membuat Bridgestone memenuhi kebutuhan utama Audi e-tron GT. Termasuk pada peningkatan efisiensi energi, kontrol yang luar biasa, dan mengurangi noise.

Teknologi tersebut juga memungkinkan dampak lingkungan yang lebih rendah melalui pengurangan emisi karbon dioksida (CO2), efisiensi sumber daya, dan sirkularitas material yang menggunakan bahan daur ulang dan terbarukan.

Teknologi ini juga membuat Bridgestone memenuhi kebutuhan utama kendaraan listrik seperti Audi e-tron GT, termasuk pada peningkatan efisiensi energi, handling yang luar biasa, dan mengurangi noise.

Dengan inovasi Bridgestone dalam menggabungkan keberlanjutan dan performa, ban Potenza Sport A menandai tonggak pentingnya dalam perjalanan perusahan pada tahun 2025 untuk penggunaan 100 persen bahan sustainable.

Di Eropa, ban tersebut tersedia dalam ukuran 265/35 R21 101XL Y (depan) dan 305/30 R21 104XL Y (belakang).

Perlu diketahui, ban premium itu akan diproduksi di pabrik canggih milik Bridgestone di Roma, Italia. Pabrik tersebut sudah tersertifikasi ISCC PLUS pada tahun 2022.

Selain itu, pabrik Bridgestone di Roma itu sudah tersertifikasi ISO 50001 untuk manajemen energi yang efisien.

Seluruh proses produksi ban premium di pabrik tersebut 100 persen bertenaga listrik dari energi terbarukan. Hal ini sejalan dengan ambisi Bridgestone dalam sustainability pada tahun 2050.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau