Advertorial

Konsisten Berdayakan UMKM, BRI Jadi Salah Satu BUMN dengan Skor ESG Terbaik

Kompas.com - 28/09/2024, 21:54 WIB

KOMPAS.com - Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Tedi Bharata menyebut BRI sebagai salah satu perusahaan dengan capaian skor environmental, social, and governance (ESG) terbaik. 

Hal itu dikatakan Tedi dalam acara Kumparan Green Initiative Conference 2024 bertajuk “Strategi Inovatif Bank BUMN untuk Meningkatkan Aksesibilitas Keuangan Hijau” di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (24/9/2024).

Tedi mengatakan, capaian ESG yang diraih BRI merupakan hasil dedikasi dan upaya yang konsisten.

Menurut Tedi, fokus BRI pada pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta sektor makanan dan industri (SMI) sangat penting bagi fondasi perekonomian Indonesia. 

BRI ditugaskan untuk menghasilkan kinerja keuangan yang baik, termasuk membayar pajak dan memberikan dividen kepada pemegang saham sekaligus berperan dalam pemberdayaan masyarakat dan menciptakan dampak sosial yang positif.Dok. BRI BRI ditugaskan untuk menghasilkan kinerja keuangan yang baik, termasuk membayar pajak dan memberikan dividen kepada pemegang saham sekaligus berperan dalam pemberdayaan masyarakat dan menciptakan dampak sosial yang positif.

“Alhamdulillah, memang BRI berfokus pada pembiayaan untuk UMKM dan SMI yang menjadi fondasi perekonomian Indonesia,” ujar Tedi dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (28/9/2024).

Komitmen yang mengintegrasikan prinsip-prinsip ESG dalam operasional bisnis, menunjukkan bahwa BRI sebagai perusahaan BUMN yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan semata, tetapi juga peduli terhadap dampak sosial dan lingkungan.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, salah satu tanggung jawab chief operating officer (CEO) adalah menciptakan nilai (value) berkelanjutan bagi perusahaan.

Menurutnya, nilai tersebut bergantung pada key performance indicator (KPI) yang ditetapkan oleh pemegang saham. 

Adapun keberhasilan perusahaan tidak hanya diukur dari kinerja keuangan, tetapi juga dari dampak sosial dan lingkungan yang dihasilkan.

"Saya diminta untuk create value yang disebut economic value. Ya, saya arahkan visi saya untuk meng-create economic value di BRI yang biasanya direpresentasikan dari kinerja keuangan,” kata Sunarso.

Ia menjelaskan, BRI juga memiliki KPI yang mencakup ekonomi dan sosial. BRI ditugaskan untuk menghasilkan kinerja keuangan yang baik, termasuk membayar pajak dan memberikan dividen kepada pemegang saham sekaligus berperan dalam pemberdayaan masyarakat dan menciptakan dampak sosial yang positif.

“Kami akan menempatkan value dari semuanya ini beyond profit. Jadi, mungkin saya taruh value yang di atas itu adalah sustainability,” imbuhnya.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau