Kabar pariwisata

Dihadiri Lebih dari 120.000 Penonton, InJourney Sukses Gelar Seri Indonesian MotoGP untuk Ketiga Kali

Kompas.com - 30/09/2024, 13:27 WIB

KOMPAS.com - Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit pada Jumat (27/9/2024) hingga (29/9/2024) berjalan sukses.

Anak usaha PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) atau InJourney, sebagai penyelenggara MotoGP Mandalika 2024 mencatat, lebih dari 120.000 pengunjung menyaksikan ajang bergengsi balap motor berkelas internasional itu.

Pada balapan utama Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 yang berlangsung Minggu, pebalap asal Spanyol, Jorge Martin, keluar sebagai juara pertama. Peringkat kedua dan ketiga masing-masing diraih Pedro Acosta dan Francesco Bagnaia.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) turut menyaksikan langsung dan menyerahkan trofi juara kepada pemenang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan, Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 merupakan katalis bagi pengembangan suatu destinasi pariwisata. Ajang ini juga menjadi salah satu upaya untuk nation branding yang sangat baik untuk Indonesia.

InJourney, jelas Maya, mengembangkan Mandalika sebagai investasi penting untuk memberikan dampak jangka panjang bagi suatu daerah. Terlebih, sektor pariwisata bisa menjadi mesin pertumbuhan ekonomi ke depan.

“Kami berharap, penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia secara konsisten dapat memberikan dampak berkelanjutan untuk pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Indonesia dalam 5 tahun sampai 10 tahun ke depan,” kata Maya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (30/9/2024).

Maya meyakini, ajang balap motor bergengsi tersebut memberikan efek berganda besar dengan dampak ekonomi diperkirakan mencapai Rp 4,8 triliun.

Ajang tersebut juga ditonton lebih dari 300 juta pasang mata di seluruh dunia dan disiarkan 119 stasiun TV di lebih dari 200 negara.

Dari sisi penyelenggaraan, InJourney turut melibatkan sekitar 800 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan total 3.000 tenaga kerja.

“InJourney juga fokus pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) dengan melibatkan masyarakat lokal. Oleh karena itu, jumlah orang yang bekerja di kawasan tersebut naik signifikan pada ajang MotoGP tahun ini,” ungkapnya.

Presiden Jokowi menyerahkan piala pada Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024. DOK. ITDC dan MGPA Presiden Jokowi menyerahkan piala pada Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024.

Lebih dari sekadar balapan, InJourney juga menyelenggarakan Riders Parade pada Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Mataram, NTB, Rabu (25/9/2024). Ajang diikuti 12 pebalap MotoGP.

Adapun pebalap yang mengikuti ajang tersebut adalah Marc Marquez, Jorge Martin, Enea Bastianini, Fabio Di Giannantonio, Marco Bezzecchi, Pedro Acosta, Aleix Espargaro, Jack Miller, Raul Fernandez, Alex Rins, Luca Marini, serta pebalap Indonesia Mario Aji.

Pada kegiatan tersebut, InJourney berkolaborasi dengan BRI mengajak pembalap ikut serta melakukan penanaman 10.000 pohon di kawasan Mandalika. Inisiatif ini dilakukan untuk mewujudkan Green Tourism Destination dan sekaligus Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang berkelanjutan.

Selain itu, ITDC dan Pertamina juga meresmikan Pertamina MotoGP Experience Gallery di area Pertamina Mandalika International Circuit, Sabtu. Museum ini menampilkan sejarah panjang partisipasi Indonesia dalam ajang balap motor paling bergengsi di dunia ini.

Untuk melengkapi gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, ITDC menghadirkan Festival Spirit of Indonesia yang menghadirkan deretan artis dan musisi papan atas, seperti Slank, ADA Band, Geisha, Gigi, Ghea Youbi dan juga DJ Yasmin. Kehadiran artis dan musisi papan atas menjadi pelengkap hiburan masyarakat yang hadir menyaksikan ajang ini.

Maya melanjutkan, kesuksesan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 dapat menjadi ajang promosi untuk memperkenalkan Indonesia sebagai “The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination”. Hal ini dapat memperkuat sport tourism Indonesia di masa mendatang.

Menurutnya, kesuksesan penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 tidak terlepas dari kerja sama dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah, sinergi badan usaha milik negara (BUMN) dan swasta, serta partisipasi aktif dari masyarakat.

Ia berterima kasih dan mengapresiasi dukungan dan kolaborasi berbagai pihak dalam menyukseskan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024.

“InJourney berkomitmen untuk terus menghadirkan beragam event dan attraction berkelas internasional untuk mengembangkan destinasi pariwisata dan menciptakan sustainable tourism di Indonesia,” tutur Maya.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau