Advertorial

Supermom Berikan Pelatihan Digital Gratis bagi 1 Juta Ibu di Indonesia

Kompas.com - 30/09/2024, 18:44 WIB

KOMPAS.com – Sebagai platform digital dengan salah satu jaringan komunitas parenting terbesar di Asia Tenggara, Supermom meluncurkan Project 1MPACT.

Project tersebut bertujuan untuk memberdayakan 1 juta ibu di Indonesia dengan pelatihan keterampilan digital yang membantu mereka dalam mencari penghasilan tambahan.

Project 1MPACT resmi diluncurkan pada Rabu (3/7/2024), dan akan berlangsung selama 18 bulan hingga Desember 2025.

Pelatihan keterampilan digital tersebut bersifat gratis dan mencakup topik-topik seperti cara menjadi content creator, affiliate seller, product reviewer, serta panel survey.

Peserta juga akan memiliki kesempatan mengikuti berbagai kampanye merek (brand campaign) yang disediakan dalam Project 1MPACT.

Country Director Supermom Indonesia Hellen Katherina mengungkapkan bahwa peluncuran Project tersebut didasari oleh kegelisahan terhadap rendahnya literasi digital di antara para Ibu.

Hellen menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia memproyeksi pertumbuhan ekonomi digital akan mencapai 228 miliar dollar AS pada 2027. Supermom Indonesia ingin memastikan bahwa ibu-ibu di Indonesia dapat merasakan dampak positifnya bagi kesejahteraan keluarga mereka.

“Project 1MPACT mewadahi para ibu untuk belajar, berbagi, dan mendapatkan penghasilan, sehingga mereka dapat turut serta dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital, ” ujar Hellen dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Senin (30/9/2024).

Project 1MPACT mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, serta mitra strategis, seperti Indonesian Digital Association (IDA) sebagai supporting association partner, serta beberapa supporting brands seperti PT Zurich Topas Life, Lazada Indonesia, dan Bank Mandiri.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik upaya tersebut. Ia mengatakan bahwa inisiatif tersebut sejalan dengan komitmen Kemenparekraf untuk mengatasi kekurangan talenta digital dan menciptakan peluang ekonomi baru bagi wanita.

Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf Yuana Rochma Astuti menambahkan bahwa Indonesia perlu menambah sekitar 600.000 talenta digital setiap tahun untuk mencapai target tersebut.

“Saat ini, lembaga pemerintahan baru mampu memenuhi 200.000 talenta. Dengan rentang 400.000 talenta per tahun, Project 1MPACT diharapkan dapat memberikan solusi melalui pelatihan literasi digital dan pengembangan kewirausahaan,” ujarnya.

Project 1MPACT mewadahi para ibu untuk belajar, berbagi, dan mendapatkan penghasilan, sehingga dapat turut serta dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital.Dok. Supermom Project 1MPACT mewadahi para ibu untuk belajar, berbagi, dan mendapatkan penghasilan, sehingga dapat turut serta dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital.

Ketua Umum IDA Dian Gemiano mengatakan bahwa salah satu faktor penentu pertumbuhan industri digital Indonesia adalah ketika populasi Indonesia semakin melek digital.

Dian menyoroti pentingnya peran ibu dalam pengambilan keputusan keluarga, mulai dari pola pendidikan, konsumsi, termasuk pemanfaatan media digital.

“Hal itu lah yang membuat pemahaman seorang Ibu terhadap media digital secara langsung akan berpengaruh terhadap pertumbuhan industri ini,” Ujar Dian.

Dalam kesempatan yang sama, Vice President Retail Deposit Product and Solution Bank Mandiri Rolland Setiawan menekankan pentingnya literasi keuangan bagi ibu, agar mereka dapat menggunakan produk perbankan dengan bijak.

“Dengan mendukung inklusi keuangan dan pemberdayaan ekonomi melalui literasi keuangan, Bank Mandiri berharap penambahan nasabah yang terjadi tidak hanya meningkatkan jumlah akun baru, tetapi juga memperkuat loyalitas nasabah di masa depan,” ujar Rolland.

Di sisi lain, PT Zurich Topas Life dan Lazada Indonesia juga turut menjalin kerja sama terhadap Project 1MPACT dengan memberdayakan para ibu yang telah mengikuti pelatihan untuk menjadi affiliator dari produk mereka.

“Dengan semakin banyaknya ibu yang terlibat dalam ekonomi digital, kami percaya bahwa mereka akan dapat berperan lebih aktif dalam menggerakkan perekonomian, baik sebagai konsumen maupun sebagai pengusaha mikro,” ujar Head of Corporate Strategy PT Zurich Topas Life Kabilarang Sinabang.

Chief People Officer Lazada Indonesia Evelyn Yonathan menyatakan bahwa Lazada secara aktif mendukung perkembangan talenta-talenta digital lewat berbagai inisiatif, salah satunya program affiliate marketing Lazada yaitu Laz Affiliates.

“Oleh karena itu, kami sangat senang bisa menjadi bagian dari Project 1MPACT, yang sejalan dengan komitmen kami, memberdayakan lebih banyak orang termasuk para ibu untuk meraih kesuksesan di era digital ini,” tambah Evelyn.

Pelatihan gratis tersebut akan dibantu oleh para ‘Mombassador’ yang telah diseleksikan dari jutaan member komunitas Supermom.

Nantinya, mereka akan berperan sebagai mentor bagi para peserta dalam mempelajari berbagai modul digital untuk membimbing para Ibu menjadi Key Opinion Mothers (KOM) di masa yang akan datang.

Salah satu Mombassador Supermom Cinta Marezi menjelaskan bahwa Project 1MPACT menciptakan komunitas ibu yang sehat dan suportif, serta menambah nilai (value) dalam diri juga pengalaman baru yang mungkin belum pernah dilakukan sebelumnya.

Mombassador lainnya, Intan Mustika ikut menjelaskan bahwa mentoring yang dilaksanakan dalam Project 1MPACT ini merupakan kesempatan terbaik untuk memperkuat wanita yang berdaya saing di ranah digitalisasi.

"Dengan adanya mentoring bersama kami di Project 1MPACT ini, tentunya akan menjadi kesempatan bagi para Ibu untuk mulai aktif dan berpenghasilan melalui kanal media digital," ujar Intan.

Hingga saat ini, hampir 10.000 ibu telah terdaftar sebagai peserta Project 1MPACT, dengan sekitar 100 Mombassador siap membantu.

Supermom juga membuka peluang kolaborasi dengan berbagai merek untuk mengaktifkan ibu-ibu sebagai brand advocate, yang berpotensi meningkatkan pendapatan mereka.

Hellen menekankan bahwa ibu memiliki peran penting sebagai pengelola keuangan keluarga.

“Kedepannya, kami akan terus menjajaki kolaborasi dengan lebih banyak mitra strategis demi terwujudnya visi Project 1MPACT,” ujarnya.

Untuk dapat berpartisipasi dan mendapatkan manfaat dari berbagai program pelatihan keterampilan digital gratis dalam Project 1MPACT, para ibu dapat melakukan registrasi di sini.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau