Advertorial

Huawei Luncurkan MatePad Pro 12.2-inch, Tablet Premium dengan Layar dan Keyboard Revolusioner serta Pengalaman Lebih dari Laptop

Kompas.com - 04/10/2024, 10:00 WIB

KOMPAS.com – Huawei mengumumkan kehadiran tablet flagship terbarunya, HUAWEI MatePad Pro 12.2-inch. Perangkat ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para profesional dan kreator konten dengan berbagai fitur inovatif yang belum pernah ada sebelumnya.

Tablet terbaru Huawei itu mengusung desain yang menawan dengan bobot hanya 508 gram dan ketebalan 5,5 mm untuk versi PaperMatte. Dengan dimensi tersebut, ditambah luas 12,2 inci, menjadi yang paling tipis dan ringan di kelasnya, baik di portofolio Huawei maupun di industri tablet 12-inci secara keseluruhan.

Perlu dicatat bahwa berat dan ketebalan aktual mungkin sedikit bervariasi tergantung pada spesifikasi produk, proses manufaktur, dan metode pengukuran.

Desain Golden Silk yang menawan pada MatePad Pro 12.2-inch berhasil dicapai melalui teknik Silk Weaving Craftsmanship. Warna emas premium ini bertujuan untuk melambangkan esensi estetika dan kreativitas dari timur.

Namun, perlu diketahui bahwa desain Golden Silk hanya tersedia pada versi Premium Gold, sementara versi Black mengadopsi desain serat kaca.

Layar revolusioner, tandem OLED PaperMatte Display

Salah satu keunggulan utama MatePad Pro 12.2-inch adalah layar tandem OLED PaperMatte Display. Teknologi ini mampu menghasilkan kecerahan maksimal hingga 2.000 nits dengan rasio kontras 2.000.000:1. Namun, hal tersebut dapat bervariasi tergantung pada lingkungan penggunaan.

Layar tersebut juga diklaim mampu lebih hemat daya hingga 33 persen dan memiliki umur hingga tiga kali lipat lebih panjang daripada tablet dengan layar OLED biasa. Hal ini dikarenakan MatePad 12.2-inch punya dua lapis panel OLED sehingga berbeda dengan kebanyakan layar tablet flagship lain yang hanya menggunakan satu lapis.

Layar inovatif tersebut turut dilengkapi teknologi anti-sparkle dan nanoscale anti-glare etching, serta magnetron nano optical layer. Kombinasi teknologi ini memastikan pengalaman menonton yang nyaman di setiap saat, baik di dalam maupun di luar ruangan, serta dalam berbagai kondisi pencahayaan.

HUAWEI MatePad Pro 12.2-inch PaperMatte edition juga telah memperoleh sertifikasi SGS Low Visual Fatigue 2.0 Premium Performance, TÜV Rheinland Reflection-Free, dan TÜV Rheinland Full Care Display 3.0.

Sertifikasi-sertifikasi itu menjamin bahwa layar tablet lebih nyaman dan aman untuk mata, bahkan ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Dengan teknologi layar canggih tersebut, Huawei bertujuan untuk memberikan pengalaman visual terbaik bagi pengguna, sekaligus menjaga kesehatan mata mereka. Hal ini menjadikan MatePad Pro 12.2-inch sebagai pilihan ideal bagi profesional dan kreator konten yang sering bekerja dengan perangkat mobile dalam waktu lama.

HUAWEI MatePad Pro 12.2-inch hadir dengan beragam aplikasi yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas penggunanya. Dok. Huawei HUAWEI MatePad Pro 12.2-inch hadir dengan beragam aplikasi yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas penggunanya.

Dukungan HUAWEI Glide Keyboard, produktivitas setara laptop

HUAWEI MatePad Pro 12.2-inch hadir dengan HUAWEI Glide Keyboard yang ringan dan multifungsi. Keyboard ini dilengkapi touchpad dan tempat penyimpanan stylus yang juga berfungsi sebagai pengisi daya. Engsel pada keyboard juga dapat diatur ke berbagai derajat untuk memberikan pengalaman yang lebih ergonomis, serupa dengan keyboard pada laptop.

Tekstur Glide Keyboard yang nyaman dipegang juga memiliki karakteristik tahan noda. Berdasarkan pengujian di laboratorium Huawei, keyboard ini dapat menahan noda berbasis air, seperti kola, teh, kopi, serta kotoran berminyak macam tinta pena berwarna netral, bolpoin, dan minyak cabai.

Namun, pengguna disarankan untuk menghindari penggunaan benda keras, seperti kertas atau cairan yang mudah larut seperti alkohol untuk membersihkan keyboard secara berulang.

Dilengkapi berbagai aplikasi penunjang produktivitas

HUAWEI MatePad Pro 12.2-inch hadir dengan beragam aplikasi yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas penggunanya.

PC-Level WPS Office menjadi aplikasi pertama untuk pengolahan dokumen kompleks di OS tablet. Aplikasi ini mengintegrasikan berbagai layanan pengolahan dokumen, seperti Doc, Slides, Sheet, dan PDF. 

Dengan PC-Level WPS Office, pengguna dapat menciptakan, mengolah, dan mengelola dokumen, spreadsheet, serta presentasi dengan mudah di mana saja untuk workflow dan efisiensi yang lebih tinggi.

Fitur yang biasanya hanya ada di aplikasi office versi laptop, seperti pivot table, custom margin, dan custom animation, juga tersedia di PC-Level WPS Office ini. Aplikasi ini eksklusif untuk tablet HUAWEI di Indonesia dan tidak ditemukan pada tablet lain.

Tampilan antarmuka yang intuitif dan kompatibilitas dengan berbagai program office lainnya memastikan bahwa berbagai pekerjaan dapat dituntaskan dengan cepat dan akurat. Pengguna dapat dengan mudah membuat laporan, melakukan analisis data dengan rumus kompleks, termasuk pivot table, hingga menyusun presentasi.

Kombinasi keyboard dan aplikasi PC-Level WPS Office eksklusif tersebut memungkinkan pengguna untuk tetap produktif di mana pun berada.

Untuk para kreator, MatePad Pro 12.2-inch dilengkapi dengan aplikasi GoPaint yang telah ditingkatkan. Ini adalah sebuah aplikasi gambar profesional yang dikembangkan sendiri oleh Huawei.

Selain sudah pre-installed pada tablet, GoPaint pada MatePad Pro 12.2-inch juga hadir dengan berbagai fitur baru, seperti Splatter brushes dan Fluid brushes. Namun, aplikasi ini hanya berjalan pada tablet tertentu yang menjalankan HarmonyOS 4.0 atau versi yang lebih baru.

Fitur Splatter Brush sendiri memungkinkan pengguna untuk menciptakan cipratan tinta yang unik untuk berbagai skenario. Namun, perlu dicatat bahwa fitur ini hanya didukung pada tablet HUAWEI MatePad Pro 12.2-inch yang terhubung dengan stylus HUAWEI M-Pencil (generasi ke-3) atau HUAWEI M-Pencil (generasi ke-2).

GoPaint juga menawarkan fitur Realistic Textures untuk berbagai tekstur kanvas gambar yang autentik, seperti rocky surface, gold silk, silver silk, dan rice paper. Fitur ini membuat pengguna merasa seolah-olah sedang berkreasi di atas kertas sungguhan. Namun, hanya tablet Huawei tertentu yang mendukung fitur tekstur realistis ini.

FangTian Painting Engine 2.0 yang disematkan pada GoPaint mendukung hingga kanvas ultrabesar 8K dan beberapa layer resolusi tinggi. Fitur ini tersedia melalui pembaruan OTA dan hanya didukung pada model HUAWEI MatePad Pro dan HUAWEI MatePad Air tertentu.

Adapun jumlah layer maksimum dan presisi yang didukung dapat bervariasi tergantung pada model tablet yang digunakan.

Dengan kombinasi aplikasi produktivitas dan kreativitas itu, HUAWEI MatePad Pro 12.2-inch menawarkan pengalaman yang setara dengan PC dalam bentuk yang lebih portabel. Hal ini memungkinkan pengguna untuk tetap produktif dan kreatif di mana pun mereka berada.

Baterai tahan lama dan pengisian daya cepat

MatePad Pro 12.2-inch dibekali baterai berkapasitas 10.100 mAh yang mendukung pengisian daya cepat 100W HUAWEI SuperCharge. Huawei mengeklaim baterai dapat terisi penuh dari 0 persen ke 100 persen hanya dalam 55 menit.

Fitur Smart Power Conserve yang disematkan mampu membuat tablet tetap dalam mode siaga hingga 380 hari.

Huawei belum mengungkapkan secara detail kapan MatePad Pro 12.2-inch akan tersedia di pasar Indonesia. Namun, perusahaan menjanjikan tablet ini akan segera hadir dalam waktu dekat.

Dengan berbagai fitur unggulan yang ditawarkan, MatePad Pro 12.2-inch diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pengguna yang menginginkan perangkat portabel dengan kemampuan setara laptop. Huawei optimistis produk ini akan mendapat sambutan positif di pasar Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai HUAWEI MatePad Pro 12.2, Anda dapat mengunjungi tautan ini.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau