Advertorial

BRI Berdayakan UMKM Lokal di Gelaran MotoGP Mandalika 2024

Kompas.com - 06/10/2024, 17:07 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia.

Kali ini, bank pelat merah itu menggelar Lombok Sumbawa Nusantara Fair 2024 dalam MotoGP Mandalika 2024. Selain untuk memberdayakan UMKM lokal, bazar ini digelar sebaga upaya BRI menyukseskan rangkaian acara balap motor internasional tersebut.

Event yang berlangsung di Pertamina Mandalika Circuit, mulai Jumat (27/9/2024) hingga Minggu (29/4/2024) itu pun merupakan kelanjutan dari kesuksesan Lombok Sumbawa Fair pada gelaran MotoGP 2022 dan 2023.

Lebih dari 40 UMKM berpartisipasi dalam Lombok Sumbawa Nusantara Fair 2024. Mereka menyajikan berbagai produk, mulai dari kuliner, kerajinan tangan, hingga suvenir khas daerah. Para pengunjung dapat menjumpai booth-booth menarik, seperti Ekraf Booth, Specta Cultures, dan beragam tenant makanan.

Sentra industri kecil dan menengah (IKM) tenun, Kerajinan Rotan Ketak, Olahan Sarang Burung Walet, Pengolahan Pangan/Agro, dan Revenukopi adalah beberapa contoh UMKM yang turut meramaikan Lombok Sumbawa Nusantara Fair 2024. Mereka mendapat kesempatan emas untuk memamerkan dan menjual produk-produknya di panggung internasional.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto menuturkan, Lombok Sumbawa Nusantara Fair 2024 merupakan wujud nyata komitmen BRI dalam memberdayakan UMKM di Indonesia.

"Kami berharap, event berskala internasional seperti MotoGP Mandalika bisa terus membuka akses dan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk naik kelas," tuturnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (6/10/2024).

Tak hanya memfasilitasi pameran, BRI juga menyediakan infrastruktur pembayaran modern di berbagai tenant UMKM, seperti mesin electronic data capture (EDC) dan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) BRI.

Dengan begitu, pengunjung dapat bertransaksi dengan mudah dan nyaman. Sementara, pelaku UMKM bisa meningkatkan efisiensi dan keamanan transaksi.

"BRI percaya bahwa sinergi antara pengembangan pariwisata dan pemberdayaan UMKM akan menciptakan dampak positif berkelanjutan bagi perekonomian daerah," ujar Catur.

Ia menambahkan, upaya tersebut juga bertujuan untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai destinasi unggulan di mata dunia.

Melalui berbagai inisiatif ini, BRI tidak hanya berkontribusi pada kesuksesan MotoGP Mandalika 2024, tetapi juga mendorong peningkatan daya saing sektor pariwisata dan UMKM Indonesia di kancah global.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau