Advertorial

Peringati HUT Ke-25 Kota Bontang, Sekprov Kaltim: Terus Torehkan Prestasi!

Kompas.com - 14/10/2024, 13:33 WIB

KOMPAS.com - Kota Bontang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 dengan upacara di Stadion Taman Prestasi Bontang Lestari, Bontang Selatan, Sabtu (12/10/2024).

Mengusung tagline "Mendayung Bersama untuk Bontang Hebat dan Beradab," perayaan tersebut menjadi wujud semangat warga dalam membangun kota yang maju di berbagai sektor, seraya menjaga nilai-nilai moral dan budaya.

Upacara tersebut dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sri Wahyuni yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Sri Wahyuni mengatakan, Kota Bontang memiliki potensi besar, khususnya di sektor industri dan sumber daya alam (SDA).

"Dengan semangat masyarakat yang tinggi, Bontang akan terus menorehkan prestasi," ujar Sri dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Senin (14/10/2024).

Pihaknya juga menyoroti pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur yang memadai.

Dengan langkah tersebut, lanjut Sri, Bontang diharapkan mampu menjadi kota yang dinamis secara ekonomi, serta memiliki daya saing yang kuat di tingkat nasional dan internasional.

Memasuki masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, ia juga mengingatkan pentingnya netralitas dari para aparat dan aparatur sipil negara (ASN).

"Pilkada adalah tonggak penting dalam demokrasi. Seluruh pihak memiliki tanggung jawab untuk memastikan proses ini berjalan lancar, aman, dan sukses," tegasnya.

Untuk diketahui, perayaan HUT ke-25 Kota Bontang dihadiri sejumlah tokoh penting, termasuk Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota (Walkot) Bontang Munawar, Sekda Kota Bontang Aji Erlinawati, serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat, lurah, dan para calon walkot dan wakilnya yang akan bertarung dalam Pilkada 2024.

Salah satu momen penting dalam upacara tersebut adalah penyerahan piagam dan piala kepada pemenang Good Archival Governance Awards (GAGAS), sebuah penghargaan yang diberikan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bontang untuk tata kelola kearsipan yang baik.

Dalam kategori instansi, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) berhasil meraih peringkat pertama, diikuti oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) di posisi kedua, dan Sekretariat Daerah di posisi ketiga.

Inspektorat Daerah Kota Bontang meraih harapan satu, disusul oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta harapan tiga untuk Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Sementara itu, untuk kategori Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan kelurahan, Kelurahan Berbas Tengah menempati posisi teratas, diikuti oleh UPT Pasar dan Kelurahan Berbas Pantai.

Pada kategori sekolah, SMP Negeri 3 Bontang berhasil meraih juara pertama, diikuti oleh SMPN 3 dan SDN 007 Bontang Selatan.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Pjs Walkot Bontang, Sekda Kota Bontang, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bontang.

Penghargaan tersebut menjadi bukti komitmen Kota Bontang dalam memperkuat tata kelola kearsipan, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan pelayanan publik.

Tak sekadar perayaan, peringatan HUT ke-25 Kota Bontang sekaligus menjadi ajang refleksi bagi masyarakat Bontang untuk terus bersinergi dalam membangun kota yang lebih baik di masa depan. Dengan semangat kebersamaan, Kota Bontang diharapkan dapat semakin maju.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau