Advertorial

Mengenal IONIQ 5 N, Mobil Listrik dengan Performa Tinggi

Kompas.com - 14/10/2024, 17:12 WIB

KOMPAS.com - IONIQ 5 N menjadi salah satu kendaraan listrik teranyar dari Hyundai yang diperkenalkan pada GIIAS 2024. Kendaraan ini merupakan salah satu bentuk inovasi Hyundai dalam mengembangkan lini kendaraan listriknya atau electric vehicle (EV).

Selain mengedepankan aspek berkelanjutan, high-performance EV pertama Hyundai yang diproduksi di Indonesia itu juga memberikan performa tinggi untuk pengalaman berkendara lebih berkesan.

Hyundai melalui IONIQ 5 N, menawarkan inovasi masa depan sekaligus alternatif baru bagi pencinta high-performance car untuk mengadopsi tren elektrifikasi sembari menikmati sensasi berkendara yang berkelas.

Layaknya mobil listrik premium dari Hyundai, IONIQ 5 N juga mengusung tiga pilar andalan Hyundai N Brand.

Pertama, Corner Rascal, menghadirkan kelincahan dan responsivitas kendaraan Hyundai N Brand dalam menikmati lintasan menikung.

Kedua, Racetrack Capability yang menitikberatkan pada daya tahan dan performa kendaraan Hyundai N Brand yang telah teruji di trek balap.

Ketiga, Everyday Sportscar, menawarkan kombinasi unik kenyamanan sehari-hari dan pengalaman fun to drive dari mobil sport.

Fitur premium

Selain pilar, IONIQ 5 N juga sudah mengadopsi fitur premium yang terdapat pada Hyundai N Brand. Sebagai contoh, N Launch Control dapat mengoptimalkan motor atau Traction Control System (TCS) sebagai starter tercepat. Dengan demikian pengemudi bisa memacu IONIQ 5 N layaknya mobil balap profesional.

Selain itu, ada pula fitur N e-Shift yang memberikan sensasi kendali perpindahan gigi. Pengemudi juga dapat memanfaatkan fitur N Pedal untuk memberikan turn-in instan dan meningkatkan sensitivitas throttle, serta memprioritaskan cornering cepat dan bertenaga.

Untuk pengendara yang menginginkan akselerasi lebih, IONIQ 5 N dilengkapi fitur N Grin Boost (NGB). Fitur ini mampu meningkatkan akselerasi dengan 10 detik tambahan daya dan mengoptimalkan distribusi torsi bagian depan dan belakang.

Terdapat juga fitur N Drift Optimizer yang berfungsi menyeimbangkan kendali kendaraan sesuai input waktu nyata. Fitur ini dilengkapi Torque Kick Drift yang memungkinkan clutch kick action layaknya kendaraan rear wheel drive mobil Internal Combustion Engine (ICE) untuk mendapatkan inisiasi drift yang cepat.

Selain itu, IONIQ 5 N juga memiliki fitur N Race yang mengontrol konsumsi energi IONIQ 5 N. Fitur berkendara ini terdiri dari dua, yakni mode “Endurance” dan “Sprint”. Mode “Endurance” mengontrol konsumsi energi untuk membawa pengemudi berkendara lebih lama di lintasan. Sementara itu, mode “Sprint” memaksimalkan power kendaraan sehingga pengemudi bisa mencapai target waktu yang diinginkan selama melaju di lintasan balap.

IONIQ 5 N semakin memanjakan pengendara dengan fitur N Rack-Mounted Motor-Driven Power Steering (R-MDPS). Fitur ini membuat respons steering lebih baik dan steering ratio lebih tinggi.

Untuk mengoptimalkan temperatur suhu sel baterai, IONIQ 5 dibekali fitur N Battery Pre-Conditioning. Fitur ini mampu membuat temperatur suhu baterai tetap stabil demi memaksimalkan performa dengan daya paling efisien.

Mobil listrik Hyundai IONIQ 5 N di GIIAS 2024Dok. KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Mobil listrik Hyundai IONIQ 5 N di GIIAS 2024

IONIQ 5 N juga dilengkapi fitur N Brake Regen. Fitur ini merupakan sistem regenerative braking khas Hyundai N untuk memberikan deselerasi maksimal dan transisi kecepatan yang mulus.

Untuk membuat high-performance EV tersebut semakin berkelas, IONIQ 5 N dibekali fitur N Active Sound. Fitur ini membuat IONIQ 5 memiliki suara knalpot khas mesin ICE dengan mode suara ignition, evolution, dan supersonic. Dengan fitur ini, para pengguna IONIQ 5 N serasa mengendarai mobill high performance konvensional dengan suara knalpot yang semakin memberikan kesan fun to drive.

Pengguna juga akan dimanjakan suara khas knalpot mesin ICE dengan fitur N Active Sound dengan mode suara ignition, evolution, dan supersonic.

Kecepatan dan akselerasi maksimal

IONIQ 5 N memiliki performa andal karena mampu menghasilkan daya output maksimum 650 PS dengan menggunakan fitur NGB.

Baterai generasi terbarunya yang berkapasitas 84.0 kWh dapat menampilkan dual motor listrik hingga 21.000 Revolutions Per Minute (RPM). Performa ini dapat dicapai berkat integrasi platform Electric Global Modular Platform (E-GMP) dengan teknologi motor sport dari Hyundai N.

Mobil listrik high-performance Hyundai itu juga dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 260 km/jam dan berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,5 detik (3,4 detik dengan NGB).

Bahkan berdasarkan pengujian tim redaksi GridOto dalam event 2024 Pan-ASEAN N Day di Taean Driving Experience, Korea Selatan pada 17/5/2024, IONIQ 5 N mampu berlari hingga 266 km/jam. Artinya, mobil ini dapat melebihi kecepatan yang ditetapkan Hyundai, yakni 260 km/jam.

Dengan kecanggihan fitur dan keandalan performa tersebut, high-performance EV pertama Hyundai itu dibanderol Rp 1,3 miliar. IONIQ 5 N memiliki berbagai pilihan warna, seperti Midnight Black Pearl, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Optic White, Performance Blue Matte, Optic White Matte, dan Gravity Gold Matte. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat klik tautan ini.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau