Advertorial

Jadi Ponsel Mid-Range Andalan Samsung, Ini Spesifikasi Galaxy A35 5G

Kompas.com - 16/10/2024, 14:56 WIB

KOMPAS.com - Galaxy A35 5G menjadi salah satu smartphone teranyar Samsung yang diluncurkan bersamaan dengan Galaxy A55 5G pada 11 Maret 2024.

Smartphone tersebut memiliki dua varian, yakni varian 8 GB RAM dan 128 GB ROM, serta 8 GB RAM dan 256 GB ROM. Varian dengan ROM 128 GB dibanderol Rp 4,9 juta, sementara ROM 256 GB dibanderol Rp 5,4 juta.

Meski tergolong smartphone kelas menengah, Galaxy A35 5G telah dilengkapi fitur keamanan kelas flagship Samsung Knox Vault, peningkatan fitur Nightography, serta penstabil gambar dan video (OIS, VDIS).

Sebagai informasi, Samsung Knox Vault merupakan fitur keamanan yang sebelumnya hanya tersedia eksklusif untuk smartphone Samsung seri S dan seri Z. Fitur ini diklaim membuat smartphone lebih aman dan terlindungi.

Untuk lebih jelas mengenai spesifikasi Galaxy A35 5G, simak ulasan berikut.

Desain Key Island

Samsung Galaxy A35 5G mengadopsi desain Key Island yang membuat tombol daya dan pengeras suara di samping bodi lebih menonjol ketimbang sisi lain. Rangka bodinya menggunakan bahan metal, bukan plastik.

Smartphone teranyar Samsung tersebut mengadopsi layar Super Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode (AMOLED) berukuran 6,6 inci dengan resolusi Full High Definition (HD) Plus atau 1.080 x 2.340 piksel.

Selain itu, layar tersebut juga memiliki refresh rate 120 Hertz (Hz), kedalaman warna 16 juta, rasio layar 19,5:9, dan tingkat kecerahan (brightness) maksimum 1.000 nits.

Di tengah atas layar, terdapat kamera swafoto 13 MP (f/2.2) yang dimuat dalam punch hole Infinity-O. Hal ini berbeda dengan pendahulunya yang dihias dengan poni tetesan air (waterdrop) Infinity-V.

Selanjutnya, pada bagian punggung, Samsung Galaxy A35 5G dibekali konfigurasi tiga kamera belakang, yakni kamera utama 50 MP (f/1.8, OIS, Autofocus), kamera ultra wide 8 MP (f/2.2), dan kamera makro 5 MP (f/2.4).

Kamera tersebut memiliki berbagai macam fitur, seperti zoom digital 10x untuk kamera belakang, perekaman video beresolusi Ultra High Definition (UHD) 4K pada 30 frame per second (FPS), penstabil video (VDIS), penstabil gambar (OIS), Dual Camera, 4K Stabilization, dan Super HDR.

Selain itu, terdapat juga peningkatan fitur Nightography untuk fotografi pada malam hari. Peningkatan ini diklaim bisa meningkatkan kualitas foto di malam hari serta membuat bintik warna (noise) menjadi lebih samar.

Dibekali chipset Exynos 1380

Untuk prosesor, Samsung Galaxy A35 5G dibekali system-on-chip (SoC) yang sama seperti Samsung A54 5G, yakni Exynos 1380. Cip delapan inti (octa-core) ini memiliki clock speed maksimum 2,4 Gigahertz (GHz).

Prosesor tersebut diklaim memiliki unit pengolah grafis (GPU) dan neural processing unit (NPU) yang ditingkatkan. Hal ini dapat membuat pengalaman multitasking, gaming, dan streaming menjadi lebih baik.

Prosesor tersebut dipadukan RAM 8 gigabita (GB) dan ROM 128 GB/256 GB. Jika kurang, pengguna bisa memperluas penyimpanan hingga 1 terabita (TB) dengan memanfaatkan kartu microSD.

Untuk daya, Samsung A35 5G menggunakan baterai jumbo berkapasitas 5.000 milliampere-hour (mAh) dengan teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 25 Watt. Baterai ini diklaim bisa bertahan hingga dua hari.

Samsung A35 5G menjalankan sistem operasi (OS) Android 14 yang dipoles antarmuka (UI) OneUI 6.1. Samsung menjanjikan pembaruan OS hingga empat generasi dan pembaruan keamanan hingga lima tahun.

Samsung A35 5G juga sudah didukung fitur keamanan premium, yakni Samsung Knox Vault. Ini kali pertamanya fitur keamanan premium Samsung terdapat di smartphone Galaxy A-series.

Knox Vault diklaim bisa menangkal potensi kebocoran data penting di smartphone. Hal ini membuat data penting pengguna bakal tetap aman, meski ponsel diretas.

Selain Knox Vault, Samsung A35 5G juga dilengkapi Auto Blocker dan Private Sharing. Auto Blocker dapat memblokir instalasi aplikasi dari sumber yang tidak sah. Sementara itu, Private Sharing untuk berbagi data penting dengan lebih aman.

Samsung Galaxy A35 5G juga mendukung konektivitas 5G, sertifikasi anti-air dan antidebu dengan rating IP67, e-SIM, serta USB-C.

Itulah spesifikasi Samsung A35 5G yang bisa perlu diketahui. Kamu bisa mencari Samsung A35 atau smartphone Samsung lainnya di Official Store Tokopedia.

Di sini, kamu bisa mendapatkan berbagai macam produk terbaru Tokopedia tanpa perlu ribet berbelanja ke luar rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Segera berbagai kebutuhan Anda di Tokopedia.

Baca tentang
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau