Advertorial

Smartphone realme 13+ 5G: Performa Solid untuk Pengalaman Gaming Maksimal

Kompas.com - 17/10/2024, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Pabrikan ponsel pintar realme kembali menghadirkan gebrakan baru bagi para gamers dengan meluncurkan realme 13+ 5G.

Smartphone itu dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan gaming dengan performa optimal dan sistem pendingin yang lebih efisien.

Dengan jargon "Performance Beyond Limits," realme 13+ 5G menjawab tantangan para gamers yang sering menghadapi masalah overheating saat bermain game kompetitif di smartphone kelas menengah.

Penasaran dengan keunggulan smartphone tersebut? Berikut ulasannya.

Hadirkan performa gaming maksimal

Chipset Dimensity 7300 EnergyDok. Istimewa Chipset Dimensity 7300 Energy

Perangkat realme 13+ 5G hadir dengan chipset MediaTek Dimensity 7300E, yang dirancang khusus untuk bermain game.

Cip tersebut mampu memberikan performa yang mulus dan stabil, bahkan untuk game berat sekalipun.

Dalam uji benchmark AnTuTu, MediaTek Dimensity 7300E mencatat skor hingga 750.000 poin, membuktikan kemampuannya untuk menangani berbagai gim kompetitif, seperti Honor of Kings (HoK), Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), dan PUBG Mobile yang membutuhkan kecepatan rendering tinggi.

Selain itu, keunggulan jaringan 5G yang disematkan dalam Dimensity 7300E juga memastikan konektivitas yang cepat dan stabil.

Cip itu juga dilengkapi dengan Wi-Fi 6 dan UFS 3.1 yang meningkatkan kecepatan uplink dan downlink hingga 50 persen lebih cepat dibandingkan smartphone lain di kelasnya. Dengan dukungan Bluetooth 5.4, pengalaman bermain game online menjadi lebih optimal.

Secara teknis, MediaTek Dimensity 7300E menggunakan teknologi proses 4nm dengan delapan inti CPU.

Empat di antaranya merupakan prosesor berkinerja tinggi Arm Cortex-A78, sementara empat lainnya adalah prosesor efisien Cortex-A55 yang menjaga keseimbangan performa dan efisiensi daya.

Lampaui uji coba dengan mulus

Test game HoK di 120 fpsDok. Istimewa Test game HoK di 120 fps

Perangkat realme 13+ 5G diklaim sebagai smartphone gaming terbaik di kelas menengah yang mampu menantang performa smartphone flagship.

Hal itu terbukti dalam pengujian berbagai game kompetitif populer, seperti PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legends, Call of Duty (COD), dan Honor of Kings.

Selama pengujian, realme 13+ 5G mampu menjalankan gim-gim tersebut dengan frame rate tinggi hingga 90 frame per second (fps) tanpa kendala selama berjam-jam.

Bahkan, untuk gim Honor of Kings, smartphone itu mampu menjalankan game dengan frame rate hingga 120 Hz, menegaskan keseriusan realme dalam menghadirkan pengalaman gaming yang imersif.

Untuk gim multiplayer online battle arena (MOBA) lain, seperti MLBB, realme 13+ 5G juga sudah mampu berjalan dengan 120 fps, yang memberikan pengalaman gaming lebih baik bagi Pengguna.

Pengalaman bermain semakin mulus dengan fitur GT Mode yang memungkinkan smartphone menyesuaikan performa untuk menghadirkan pengalaman bermain game tingkat e-sports.

Saat GT Mode aktif, gim kompetitif, seperti PUBG dan Free Fire, berjalan dengan frame rate stabil di 90 fps hingga tujuh jam tanpa penurunan performa.

Test game PUBGMDok. Istimewa Test game PUBGM

Fitur lainnya yang menarik adalah Game Focus Mode yang mencegah gangguan selama bermain gim dengan memblokir notifikasi dan mendukung bullet notification yang muncul di bagian atas layar tanpa mengganggu tampilan utama.

Aktivasi GT Mode dapat dilakukan dengan mudah melalui sidebar di dalam gim.

Ponsel pintar itu juga sudah mengantongi sertifikasi TÜV SÜD Lag-free Mobile Gaming Certificate, yang menunjukkan performa gaming yang stabil dengan frame rate tinggi serta peringkat S-level dalam kelancaran e-sports menurut standar TÜV SÜD.

Sistem pendingin terbesar di kelasnya

VC Cooling berukuran 6050mm² Dok. Istimewa VC Cooling berukuran 6050mm²

Untuk mengatasi masalah panas berlebih yang sering dikeluhkan oleh para gamers, realme 13+ 5G dilengkapi dengan sistem pendingin VC Cooling berukuran 6.050mm². Ini merupakan sistem pendingin terbesar di kelasnya.

Sistem tersebut mampu menurunkan suhu hingga 19 derajat Celcius di area inti, menjaga smartphone tetap dingin meski digunakan dalam sesi bermain gim yang intens dan lama.

Sistem pendingin itu 37 persen lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya dan menggunakan teknologi yang telah terbukti pada seri flagship realme GT 6.

Hasilnya, suhu inti dapat tetap stabil dan lebih rendah hingga 3 derajat Celcius dibandingkan smartphone kompetitor, bahkan setelah digunakan bermain gim selama satu jam penuh.

Dengan teknologi cyclic condensation yang digunakan dalam sistem pendingin uap, konduktivitas termal grafit dapat berfungsi dua kali lipat lebih baik, menjaga suhu tetap rendah.

Bahan pendingin kelas e-sports yang digunakan menjamin performa gaming yang maksimal tanpa kendala overheat.

Desain ramping dengan layar 120 Hz

Layar 120 Hz realme 13+ 5GDok. Istimewa Layar 120 Hz realme 13+ 5G

Tak hanya kuat dalam performa, realme 13+ 5G juga hadir dengan desain ramping dan ringan.

Dengan ketebalan hanya 7,69 mm dan bobot 185 g, menjadikannya nyaman digunakan dalam sesi gaming panjang. Layar datar dengan bezel tipis memberikan pengalaman visual yang imersif dan nyaman.

Layar 120 Hz dengan touch sampling rate 1.200 Hz turbocharged memastikan gambar yang tajam dan gerakan yang halus, cocok untuk gim yang membutuhkan respons cepat.

Fitur Pro-XDR dan speaker ganda stereo meningkatkan pengalaman gaming hingga menonton video menjadi lebih menyenangkan dan imersif.

Selain itu, layar realme 13+ 5G juga ramah untuk mata berkat teknologi penyesuaian kecerahan 10.000 tingkat yang secara otomatis mengurangi kedipan.

Pengisian daya 80W Ultra Charge

Charger 80W Ultra ChargeDok. Istimewa Charger 80W Ultra Charge

Pengisian daya juga menjadi salah satu keunggulan realme 13+ 5G. Ponsel ini dilengkapi dengan teknologi 80W Ultra Charge yang memungkinkan pengisian baterai dari 1 persen hingga 50 persen hanya dalam waktu 18 menit.

Sementara itu, untuk mengisi penuh baterai 5.000 mAh hanya membutuhkan waktu 46 menit. Baterai besar ini memungkinkan pengguna menikmati sesi gaming hingga sembilan jam tanpa jeda.

Saat diuji dengan Honor of Kings, smartphone ini hanya mengonsumsi 26 persen daya setelah tiga pertandingan dengan durasi masing-masing 20 menit. Hal ini menunjukkan efisiensi daya yang sangat baik berkat fitur MediaTek 5G UltraSave 3.0+. Fitur ini dapat meningkatkan efisiensi daya sebesar 13-30 persen dibandingkan kompetitor.

Simpulan

Body belakang realme 13+ 5GDok. Istimewa Body belakang realme 13+ 5G

Dengan berbagai keunggulan tersebut, realme 13+ 5G membuktikan dirinya sebagai smartphone gaming terbaik di kelas menengah dengan harga terjangkau.

Dibekali chipset MediaTek Dimensity 7300E, sistem pendingin VC Cooling, layar 120 Hz, dan pengisian daya cepat 80W, smartphone itu memberikan pengalaman gaming yang maksimal dengan memberikan kualitas visual hingga 120 fps yang pastinya responsif. Desain ramping dan ringan membuatnya nyaman digunakan dalam sesi gaming panjang.

Dengan harga mulai dari Rp 3 jutaan dan RAM 12GB/ROM 256GB, realme 13+ 5G adalah pilihan terbaik bagi para gamers yang ingin mendapatkan performa tinggi tanpa harus menguras kantong.

Keseriusan realme dalam dunia e-sports dengan menjadi official gaming smartphone dalam Honor of Kings Championship 2024, menunjukkan bahwa meski berada di segmen mid-range, smartphone ini mampu bersaing di ajang e-sports bergengsi.

Sebagai informasi, realme 13+ 5G tersedia dalam dua pilihan warna yakni Victory Gold dan Dark Purple.

Selama periode Flash Sale pada Jumat (25/10/2024), para gamer bisa mendapatkan realme 13+ 5G (12GB+14GB* | 256GB) dengan harga spesial potongan Rp 200.000 secara eksklusif di Shopee, Akulaku, dan realme.com. Pelanggan juga bisa menikmati layanan Shopee PayLater 0 persen 3 bulan dan gratis ongkir.

Ponsel tersebut juga bisa dipesan melalui pre-order di offline store realme dengan benefit senilai hingga Rp 2 juta mulai 17–24 Oktober 2024. Selama periode pre-order, setiap pembelian realme 13+ 5G pembeli berkesempatan mendapatkan Buds T01 senilai Rp 299.000, cashback trade-in hingga Rp 1 juta.

Nikmati juga nikmat fasilitas pembayaran 0 persen down payment, cicilan 0 persen selama 12 bulan, serta 0 persen gratis 2 bulan dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau