Advertorial

Dueler All Terrain A/T002, Inovasi Terbaru Bridgestone untuk Ban SUV di Berbagai Medan

Kompas.com - 17/10/2024, 15:54 WIB

KOMPAS.com – Kendaraan jenis sport utility vehicle (SUV) dan pikap kabin ganda semakin populer di pasar Indonesia.

Hal tersebut terlihat dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Pada ajang itu, berbagai pabrikan memamerkan model SUV terbaru mereka.

Merespons tren itu, salah satu pemain utama dalam industri ban, Bridgestone Indonesia, meluncurkan ban terbaru, yakni Dueler All Terrain A/T002. Ban ini dirancang khusus untuk memberikan performa optimal, baik di jalan raya maupun offroad, sesuai dengan karakteristik SUV modern.

“Segmen SUV identik dengan kendaraan-kendaraan tangguh yang mampu menjelajah segala medan dan tentunya membutuhkan ban all-terrain yang tangguh dan dapat diandalkan. Dueler All Terrrain A/T002 hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut,” ujar Direktur Pemasaran Bridgestone Indonesia Masaki Abe sebagaimana diberitakan Kompas.com, Jumat (26/7/2024).

Menggantikan pendahulunya, yakni A/T697, Dueler All Terrain A/T002 diklaim mampu memberikan cengkeraman tinggi di trek basah dan kering, kestabilan pengereman yang lebih baik, tingkat kebisingan yang lebih rendah, serta usia pakai lebih panjang.

Dueler All Terrain A/T002 juga hadir dengan desain tapak heksagonal yang inovatif untuk melibas trek on dan off-road. Sesuai tagline "Prepared to Perform, Whatever the Terrain", desain ini mampu menghasilkan traksi dan pengereman yang optimal di berbagai kondisi permukaan jalan.

Keunggulan Bridgestone Dueler All Terrain A/T002

Untuk memperkenalkan keunggulan produk terbarunya, Bridgestone mengadakan sesi uji coba Dueler All Terrain A/T002 di Proving Ground Bridgestone di Karawang, Jawa Barat. Ban ini diuji pada berbagai kondisi jalan yang mewakili tantangan sehari-hari pengendara SUV dan pikap di Indonesia.

Presiden Direktur Bridgestone Indonesia Mukiat Sutikno mengatakan, pengetesan itu menjadi kesempatan untuk merasakan secara langsung performa ban terbaru Bridgestone Dueler All Terrain A/T002.

"Terutama dari sisi performa yang lebih baik pada lintasan basah dan kering, pengereman yang optimal di lintasan basah, dan penekanan tingkat kebisingan yang lebih baik,” ujar Mukiat seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (15/8/2024).

Bridgestone Dueler All Terrain A/T002 dirancang khusus untuk kendaraan SUV dan pikap kabin ganda yang menawarkan performa optimal di segala medan. Dok. KOMPAS.com/Astari Dhia Bridgestone Dueler All Terrain A/T002 dirancang khusus untuk kendaraan SUV dan pikap kabin ganda yang menawarkan performa optimal di segala medan.

Salah satu highlight pengujian adalah pengujian di trek offroad berlumpur. Dueler All Terrain A/T002 menunjukkan kemampuannya mengatasi medan licin dengan baik.

Desain tapak yang agresif dengan blok-blok besar pada tepi ban (shoulder block) memberikan cengkeraman ekstra. Hal ini memungkinkan kendaraan melaju dengan lebih mudah di medan berlumpur.

Pola tapak heksagonal di bagian tengah ban berperan dalam mengusir lumpur dan air sehingga membantu mencegah fenomena aquaplaning.

Pada uji pengereman di permukaan basah, Dueler All Terrain A/T002 menunjukkan peningkatan performa yang signifikan. Jika dibandingkan model sebelumnya, jarak pengereman berkurang hingga 17 persen. Hal ini menunjukkan peningkatan keamanan yang substansial, terutama saat berkendara dalam kondisi hujan.

Meskipun dirancang untuk performa offroad, Dueler All Terrain A/T002 tetap memberikan kenyamanan berkendara di jalan beraspal. Saat diuji di trek aspal, ban itu menunjukkan tingkat kebisingan 2 persen lebih rendah dari pendahulunya. Hal ini dicapai melalui optimalisasi pola tapak dan penggunaan teknologi pengurangan kebisingan.

Aspek lain yang diuji adalah rolling resistance atau hambatan gulir. Dueler All Terrain A/T002 mencatatkan perbaikan 2 persen yang berkontribusi pada efisiensi bahan bakar yang lebih baik jika dibandingkan model sebelumnya.

Bridgestone menyatakan bahwa Dueler All Terrain A/T002 memiliki umur pakai 35 persen lebih lama ketimbang model sebelumnya. Peningkatan ini dicapai melalui penggunaan kompon karet khusus dan optimalisasi distribusi tekanan pada tapak ban.

Teknologi di balik performa

Performa unggulan yang ditawarkan Bridgestone Dueler All Terrain A/T002 bisa dicapai berkat penerapan sejumlah inovasi teknologi kunci.

Pertama, kandungan silika tinggi. Kandungan silika tinggi pada kompon ban Dueler All Terrain A/T002 mampu meningkatkan daya cengkeram, baik di permukaan basah maupun kering.

Kedua, optimalisasi distribusi rib dan void. Rib adalah alur-alur longitudinal pada ban, sedangkan void merupakan ruang kosong di antara pola tapak. Desain khusus ini dapat membantu mencegah aquaplaning dengan pembuangan air yang lebih cepat.

Ketiga, desain Z-Sipes. Desain Sipes berbentuk Z membuka saat ban bersentuhan dengan jalan. Hal ini mampu menciptakan tepi-tepi tajam tambahan untuk cengkeraman, baik secara lateral maupun longitudinal.

Keempat, profil all-terrain khusus. Dueler All Terrain A/T002 didesain dengan telapak tengah berbentuk heksagonal, desain grooves yang optimal, serta desain shoulder dan sidewall yang terkoneksi.

Profil itu dirancang untuk mendistribusikan tekanan secara merata di seluruh permukaan ban yang bersentuhan dengan jalan. Alhasil, kontak ban dengan permukaan jalan semakin maksimal.

Kelima, area kontak yang dioptimalkan. Dueler All Terrain A/T002 menggunakan teknologi 5 rib dengan blok heksagonal dan arsitektur pola bertingkat. Inovasi ini dapat meningkatkan performa keseluruhan ban di berbagai jenis permukaan, mulai dari jalan raya hingga offroad.

“Saat ini, Dueler All Terrain A/T002 sudah tersedia di jaringan distribusi resmi Bridgestone, seperti di Tomo (Toko Model) Bridgestone dan toko ban umum terdekat. Bagi yang ingin merasakan performa dari Dueler All Terrain A/T002, dapat segera mengunjungi Tomo atau toko ban umum terdekat,” ujar Abe.

Bridgestone Dueler All Terrain A/T002 tersedia dalam 15 ukuran, mulai dari ring 15 hingga 18 inci. Dengan berbagai ukuran yang ditawarkan, Dueler All Terrain A/T002 siap melengkapi hampir semua jenis SUV dan pikap yang ada di pasar Indonesia.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau