Advertorial

“Surga Itu Makan”, Ini Deretan Kuliner Legendaris Indonesia yang Bisa Dinikmati Tanpa Perlu ke Mana-Mana

Kompas.com - 18/10/2024, 11:28 WIB

KOMPAS.com – “Surga itu makan. Surga itu makan. Surga itu makan. Duniawi juga makan”. Penggalan sound ini menjadi viral di media sosial tak lama setelah grup musik MALIQ & D'Essentials merilis lagu “Aduh”.

Sound tersebut sebenarnya parodi dari lirik asli lagu “Aduh”, yakni “Surga itu kamu. Duniawi juga kamu.” Dengan kreativitasnya, warganet memarodikannya menjadi “Surga itu makan”.

Sound itu kemudian dipadupadankan dengan video atau deretan foto warganet yang tengah menikmati berbagai makanan kesukaan mereka, termasuk kuliner legendaris Indonesia.

Tak dapat dimungkiri, Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan kekayaan kuliner yang menggoda selera. Kekayaan kuliner ini tidak hanya mencerminkan keanekaragaman budaya, tetapi juga sejarah panjang bangsa ini.

Dari Sabang sampai Merauke, terdapat berbagai makanan yang telah menjadi legenda dan memiliki tempat khusus di hati masyarakat.

Berikut adalah lima kuliner legendaris Indonesia yang berasal dari berbagai daerah. Tidak hanya lezat, kuliner-kuliner ini juga sarat akan makna dan tradisi.

  1. Rendang

Rendang merupakan hidangan daging yang telah diakui sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Berasal dari Sumatera Barat, rendang dimasak dengan santan dan berbagai rempah-rempah khas Minangkabau hingga dagingnya empuk dan bumbunya meresap sempurna.

Hidangan yang memiliki tempat khusus dalam budaya Minangkabau itu sering disajikan dalam acara adat dan perayaan penting.

  1. Gudeg

Hidangan manis berbahan dasar nangka muda itu adalah ikon kuliner Yogyakarta. Dimasak dengan santan dan gula merah, gudeg memiliki rasa manis yang khas dan biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan sambal krecek. Cita rasa gudeg juga mencerminkan karakter masyarakat Yogyakarta yang halus dan ramah.

  1. Coto Makassar

Coto Makassar merupakan sup daging yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Hidangan ini dibuat dari jeroan sapi yang dimasak dengan rempah-rempah khas dan kacang tanah.

Disajikan dengan ketupat atau buras, Coto Makassar sering ditemukan di acara-acara adat Makassar.

  1. Bebek Betutu

Bebek Betutu adalah hidangan tradisional Bali. Sesuai namanya, kuliner ini terbuat dari bebek yang dimasak dengan berbagai bumbu khas Bali, seperti kunyit, jahe, kencur, dan serai.

Bebek yang telah dibumbui kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang selama beberapa jam hingga empuk dan kaya rasa.

  1. Se’i Sapi

Se’i adalah makanan khas Nusa Tenggara Timur (NTT), khususnya dari Pulau Rote. Se’i terbuat dari daging sapi yang diasap dengan kayu bakar dan kemudian diiris tipis-tipis. Proses ini memberikan cita rasa yang khas dan aroma yang kuat pada daging.

Se’i sapi biasa disajikan dengan sambal lu’at, yakni sambal khas NTT yang terbuat dari campuran cabai, tomat, dan daun kemangi. Perpaduan tersebut memberikan kombinasi rasa yang pedas dan segar.

Itulah lima kuliner Indonesia yang menjadi surga bagi pencinta makan. Untungnya, surga kuliner tersebut bisa kamu nikmati tanpa perlu jauh-jauh ke daerah asalnya. Sebab, surga makanan ada di GoFood dari Gojek.

Saat ini, GoFood sebagai surganya makan hemat tengah berkolaborasi dengan MALIQ & D'Essentials untuk menghadirkan berbagai keseruan.

Surga Makanan Pilihan MALIQ & D?essentials.Dok. GoFood Surga Makanan Pilihan MALIQ & D?essentials.

Salah satunya adalah Surga Makanan X MALIQ & D’Essential. Pada program ini, kamu bisa membeli Surga Makanan Pilihan MALIQ & D’essentials untuk memenangkan tiket konser dan soundcheck experience pada konser tersebut. Program ini berlaku mulai Senin (9/9/2024) hingga Minggu (24/9/2024).

Agar lebih hemat, kamu juga bisa memanfaatkan Surga Promo untuk mendapatkan Promo Maksimal (pada pagi, siang, dan malam hari) setiap pembelian Surga Makanan di GoFood.

Surga Promo GoFood.Dok. GoFood Surga Promo GoFood.

Selain promo diskon hingga 50 persen yang bisa dinikmati setiap hari, kamu juga bisa memanfaatkan Flash Sale Menu dalam program DISIDAK (Diskon Singkat Dadakan). Program ini tersedia tiga kali sehari, yakni pada pukul 09.00-11.00, 14.00-17.00, dan 20.00-22.00.

Keseruan bersama MALIQ & D’Essential juga dihadirkan GoFood lewat Surga Makanan Challenge. Lewat challenge itu, kamu ditantang untuk membuat video Surga Makanan versi kamu untuk memenangkan Meet & Greet dan Official Merchandise dari MALIQ & D’essentials. Program ini berjalan sejak Senin (2/9/2024) hingga Minggu (15/9/2024).

Surga Makanan Challenge X GoFood.Dok. GoFood Surga Makanan Challenge X GoFood.

Bagaimana? Tertarik untuk menikmati surganya makan nikmaaat? Yuk, unduh aplikasi Gojek dan manfaatkan layanan GoFood surga makanan!

Informasi lengkap mengenai Surga Makanan GoFood X MALIQ & D’Essential bisa kamu temukan di akun Instagram GoFood.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau