Advertorial

Perkuat Pemberdayaan Masyarakat, BRI dan IPB University Berkolaborasi Hadirkan Balai Rakyat Indonesia

Kompas.com - 18/10/2024, 11:44 WIB

 

KOMPAS.com – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI melalui Yayasan Baitul Maal BRILiaN (YBM BRILiaN), berupaya memperkuat komitmen pemberdayaan masyarakat. Hal ini dilakukan dengan meresmikan Balai Rakyat Indonesia bersama Institut Pertanian Bogor (IPB) University melalui Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim.

Program tersebut diresmikan secara simbolis oleh Direktur Utama (Dirut) BRI Sunarso bersama Rektor IPB University Arif Satria di Agribusiness and Technology Park IPB, Dramaga, Bogor, Kamis (17/10/2024).

Sebelumnya, YBM BRILiaN dan IPB telah menjalin kerja sama yang menghasilkan dua program. Pertama, program Peningkatan Kapasitas Fasilitator dan Pengembangan Ekosistem Desa Binaan YBM BRILiaN. Kedua, Pengembangan Program Pemberdayaan Ekonomi Mustahik Berbasis Market Driven.

Balai Rakyat Indonesia merupakan bangunan serba guna yang didirikan dan dikelola bersama masyarakat untuk mendukung aktivitas pendidikan dan sosial masyarakat. Diharapkan, ke depannya Balai Rakyat Indonesia dapat menjadi sentra pemberdayaan yang berkelanjutan.

Sunarso mengungkapkan, inisiatif Balai Rakyat Indonesia dirancang sebagai Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) yang akan berfungsi sebagai ruang bagi masyarakat untuk mengembangkan potensi ekonomi lokal, khususnya di sekitar kampus IPB.

“Dengan adanya Balai Rakyat Indonesia ini, kami harap masyarakat desa dapat semakin berdaya, mandiri, dan mampu berkontribusi pada ekonomi lokal,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (18/10/2024).

Sementara itu, Arif Satria turut mengapresiasi BRI dan YBM BRILiaN karena senantiasa mendukung IPB University dalam pengembangan ekonomi dan sosial masyarakat desa yang berkelanjutan.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau