Advertorial

Menguji Ketangguhan Mitsubishi All-New Triton di Medan Off-Road

Kompas.com - 18/10/2024, 13:02 WIB

KOMPAS.com – Sengatan matahari pagi di area perbukitan Sentul, Bogor, Senin (9/9/2024), menjadi saksi bisu ketangguhan Mitsubishi All-New Triton. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengundang puluhan jurnalis untuk menguji langsung pikap (pick-up) tangguh ini di lintasan off-road yang menantang.

Selama uji coba, Mitsubishi All-New Triton berhasil melewati berbagai kondisi trek dengan baik, membuktikan kemampuan off-road-nya.

Sejak diluncurkan di Indonesia pada 2002, Triton telah menjadi andalan di kelasnya. Kini, generasi terbaru Triton hadir dengan peningkatan signifikan, siap melanjutkan kiprah pendahulunya yang telah terjual lebih dari 147.000 unit di Tanah Air.

Mitsubishi All-New Triton hadir dengan konsep "Power for Adventure and Always Reliable". Desainnya mengalami pembaruan total, dengan Dynamic Shield khas Mitsubishi yang kini hadir lebih tegas dengan lampu T-shape yang atraktif.

Kombinasi lampu depan memberikan pencahayaan optimal, menjamin keamanan berkendara dalam berbagai kondisi cuaca. Varian DC GLS dilengkapi fog lamp halogen, sedangkan varian SC GLX & HDX dan DC HDX tidak dilengkapi komponen tersebut.

-Dok. MMKSI -

Beranjak ke bagian belakang, spoiler baru memberikan kesan kokoh dan tangguh. Side step dengan desain antiselip memudahkan akses pengendara. Penggunaan pelek 18 inci alloy wheel tidak hanya memberikan performa optimal, tetapi juga tampilan yang lebih sporty.

Ground clearance mencapai 222 mm yang meningkat dari model sebelumnya, menjanjikan kemampuan off-road lebih baik. Rangka sasis kini 65 persen lebih besar, meningkatkan bending rigidity hingga 60 persen dan torsional rigidity hingga 40 persen. Mitsubishi All-New Triton juga menggunakan baja berkekuatan tinggi hingga 1.180 MPa sehingga menjadikannya lebih ringan tapi tetap tangguh.

MMKSI menyiapkan 12 unit Mitsubishi All-New Triton untuk dijajal yang terdiri dari varian Ultimate, GLS, dan HDX. Lintasan sepanjang 650 meter dirancang untuk menguji ketangguhan kendaraan, mulai dari trek tanah kering, genangan lumpur, tanjakan dan turunan tajam, hingga side ramp dengan permukaan miring.

Memasuki kabin Mitsubishi All-New Triton, kesan pertama yang muncul adalah kenyamanan. Ruang kemudi terasa lapang dengan head room yang cukup, bahkan untuk pengemudi setinggi 180 cm. Pengaturan jok dan setir yang mudah membantu proses adaptasi berlangsung cepat.

Jantung mekanis Mitsubishi All-New Triton menawarkan tiga pilihan performa. Varian tertinggi, DC Ultimate dan Exceed, dibekali mesin diesel 2.4L 4N16 Euro-4 yang mampu menghasilkan tenaga 184 Pferdestärke (PS) atau horsepower (HP) pada 3.500 revolutions per minute (rpm) dan torsi 430 Newton meter (Nm) di rentang 2.250-2.500 rpm.

Adapun varian DC GLS menghasilkan 150 PS dan torsi 330 Nm, sedangkan DC HDX menawarkan 110 PS dan torsi 200 Nm.

Keunggulan Mitsubishi All-New Triton langsung terasa saat memasuki trek berlumpur. Fitur mode berkendara "Mud" dan “Rear Differential Lock” membuktikan keandalannya. Kendaraan mampu melewati genangan lumpur sepanjang 3 meter dengan kedalaman 10-30 cm tanpa kesulitan berarti.

Di tanjakan tajam, Hill Start Assist (HSA) membantu Mitsubsihi All-New Triton melaju mulus tanpa tergelincir ke belakang.

Sistem Super Select 4WD-II pada varian Ultimate dan Exceed menawarkan fleksibilitas tinggi. Pengendara bisa memilih antara mode 2WD hingga 4WD dengan mudah, bahkan saat kendaraan melaju hingga kecepatan 100 km per jam.

Sementara itu, varian HDX menggunakan sistem Easy Select 4WD yang lebih cocok untuk kendaraan operasional.

Meski transmisinya otomatis, Mitsubishi All-New Triton dilengkapi fitur Tiptronic yang memungkinkan pengoperasian seperti mobil manual. Saat menuruni jalan terjal, pengemudi bahkan tidak perlu menginjak pedal rem berkat efektivitas engine brake.

Hal mengejutkan lainnya, meski tangguh di medan berat, Mitsubishi All-New Triton tetap nyaman dikendarai. Penyempurnaan sistem suspensi berhasil meredam guncangan dengan baik, bahkan saat melintasi permukaan berbatu. Fitur Active Stability and Traction Control (ASTC) menjaga kestabilan kendaraan saat bermanuver di tikungan atau kontur tidak rata.

Presiden Direktur MMKSI Atsushi Kurita mengatakan, Mitsubishi All-New Triton didesain untuk memenuhi beragam kebutuhan pelanggan.

"Dari pengusaha tambang hingga pencinta petualangan, All-New Triton siap menjadi partner andal," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (1/10/2024).

Interior Mitsubishi All-New Triton juga mengalami peningkatan signifikan. Material berkualitas dan jahitan rapi pada jok memberikan nuansa premium. Fitur modern, seperti Audio Head Unit seluas 8 inci, LCD multi-information display berwarna seluas 7 inci, dan pengisi daya nirkabel turut melengkapi kenyamanan berkendara.

Keselamatan menjadi prioritas dalam pengembangan All-New Triton. Selain ASTC, kendaraan ini juga dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Fitur keamanan tambahan, seperti sistem Forward Collision Mitigation System (FCM), Blind Spot Warning with Lane Change Assist (BSW with LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS) juga disematkan. Varian tertinggi bahkan dibekali tujuh airbags untuk perlindungan maksimal.

Jika dibandingkan dengan kompetitor, Mitsubishi All-New Triton unggul dalam beberapa aspek. Approach angle 30,4 derajat dan departure angle 22 derajat (untuk varian 4x4) memberikan kemampuan off-road yang lebih baik. Ground clearance 222 mm juga menjadi salah satu yang tertinggi di kelasnya.

MMKSI menyediakan Mitsubishi All-New Triton dalam enam varian dengan pilihan warna yang bervariasi. Untuk varian DC Exceed dan DC Ultimate, tersedia pilihan warna White Diamond, Graphite Gray Metallic, dan Jet Black Mica. Sementara untuk varian DC GLS, DC HDX, SC HDX, dan SC GLX 4x2, pilihan warnanya adalah White Solid, Blade Silver Metallic, dan Jet Black Mica

Untuk mendukung penjualan, MMKSI menawarkan program cashback dan lucky draw hingga puluhan juta rupiah. Program purnajual berupa layanan gratis perawatan atau servis Berkala hingga 40.000 km atau 3 tahun juga diberikan.

MMKSI juga bekerja sama dengan Dipo Star Finance untuk menawarkan program pembiayaan menarik, termasuk uang muka ringan dan bunga 0 persen untuk varian tertentu. Khusus untuk varian HDX, konsumen akan mendapatkan Direct Gift MT Tire.

Selama 22 tahun kehadirannya di Indonesia, Triton telah menerima 26 penghargaan dari berbagai institusi dan media nasional. Prestasi ini menjadi bukti nyata keandalan dan kualitas terbaik yang melekat pada Triton.

Melihat impresi positif dari uji coba ini, Mitsubishi All-New Triton tampaknya akan menjadi pilihan menarik bagi konsumen Indonesia. Ketangguhan di medan berat yang dipadukan dengan kenyamanan berkendara menjadi nilai jual utama di pasar yang semakin kompetitif.

Dengan jargon "Turn ON the Beast Mode", Mitsubishi All-New Triton siap membuktikan diri sebagai kendaraan yang tidak hanya mendukung bisnis, tetapi juga menemani petualangan hidup pelanggan. Evolusi Triton kali ini bukan sekadar perubahan, melainkan juga lompatan besar dalam hal performa, keamanan, dan kenyamanan.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau