Advertorial

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, "BRI Peduli Ini Sekolahku" Renovasi SDN 001 Sungai Pagar Riau

Kompas.com - 18/10/2024, 14:59 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI berkomitmen untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Hal ini dilakukan dengan menyalurkan berbagai bantuan maupun program untuk membantu menyediakan fasilitas dan infrastruktur yang layak dalam menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM) sekolah.

Terbaru, BRI melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) “BRI Peduli Ini Sekolahku” memberikan bantuan renovasi sekolah kepada Sekolah Dasar (SD) Negeri 001 Sungai Pagar, Kecamatan Kampar Kiri Hilir, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Kamis (10/10/2024).

Bantuan renovasi diberikan dalam bentuk perbaikan bangunan dan sarana prasarana (sapras) sekolah yang rusak, seperti kursi kelas, meja kelas, dan lemari kelas.

Bantuan perbaikan juga diberikan untuk peralatan pendukung pendidikan lainnya, seperti perbaikan ruang guru, ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), ruang pustaka, hingga toilet.

Direktur Digital and Teknologi Informasi BRI Arga M Nugraha mengungkapkan, melalui bantuan tersebut, SDN 001 Sungai Pagar diharapkan dapat menjadi rumah yang aman dan tempat belajar yang nyaman bagi para siswa dan guru.

“Program ini memberikan solusi bagi ketersediaan infrastruktur sekolah yang lebih memadai guna menciptakan SDM (sumber daya manusia) unggul. Semoga bantuan ini bisa memberikan semangat baru bagi siswa dalam menimba ilmu dan menggapai cita-cita”, ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (18/10/2024).

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 001 Sungai Pagar Zasmel mengungkapkan bahwa kondisi bangunan SDN 001 Sungai Pagar kini terlihat indah, aman dan nyaman untuk KBM.

“Sebelumnya, kondisi sekolah kami sangat memprihatinkan. Kondisi atap rusak dan lapuk akibat di makan usia, bahkan sudah banyak plafon yang runtuh dan kami sangat khawatir jika bangunan roboh dan menimpa anak yang sedang belajar atau bermain,” ungkapnya.

Zasmel menambahkan, jumlah siswa SDN 001 Sungai Pagar sebanyak 327 siswa dengan jumlah guru dan tenaga penunjang sebanyak 23 orang.

“Dengan bantuan renovasi sekolah dari BRI Peduli, dapat memberikan semangat dan motivasi bagi para siswa dan tenaga pengajar dalam kegiatan di sekolah, sehingga dapat mencetak SDM unggul penerus bangsa,” imbuh Zasmel.

Sudah dijalankan sejak 2021

Pada kesempatan itu, Arga mengatakan, program BRI Peduli Ini Sekolahku dijalankan sejak 2021 dan kini telah berjalan di 44 lokasi di seluruh Indonesia.

“BRI Peduli hadir untuk meningkatkan kualitas fasilitas pendidikan di Indonesia dengan memperbaiki sarana prasarana fisik secara menyeluruh dan signifikan agar dapat digunakan oleh siswa dan guru,” katanya.

Program ini, lanjut Arga, diharapkan menjadi inisiator penopang, pemberdayaan masyarakat berbasis pendidikan di sekolah, serta mampu mendorong pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Semoga Program BRI Peduli Ini Sekolahku bisa menjadi motivasi dan pemantik semangat bagi siswa untuk terus belajar dengan lingkungan sekolah yang nyaman dan bangunan yang layak," ujarnya.

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau