Advertorial

Ketelitian AgenBRILink Berhasil Gagalkan Aksi Penipuan berkat Penerapan SOP yang Tepat

Kompas.com - 22/10/2024, 21:21 WIB

KOMPAS.com - Kewaspadaan dan ketaatan terhadap standar operasional prosedur (SOP) dari AgenBRILink kembali membuktikan bahwa sistem keamanan transaksi perbankan BRI sangat kuat.

Hal itu terungkap dari rekaman closed-circuit television (CCTV) yang viral di media sosial X (dahulu Twitter) pada Rabu (22/10/2024).

Video yang diunggah oleh akun @bacottetangga__ tersebut menunjukkan seorang AgenBRILink berhasil mendeteksi dan menggagalkan upaya penipuan transaksi berkat kewaspadaan dan kepatuhannya terhadap prosedur SOP yang telah ditetapkan BRI.

Unggahan itu mendapat respons positif dari warganet dengan 16.000 likes dan 3.400 repost. Para pengguna media sosial memuji ketanggapan AgenBRILink dan menjadikan kasus ini sebagai pembelajaran untuk meningkatkan kewaspadaan.

Beragam komentar warganet turut mewarnai unggahan tersebut. "Alhamdulillah, upaya penipuannya berhasil digagalkan," tulis akun @AanSaputraa_.

Sementara itu, pemilik akun @Choiruuulll mengingatkan pentingnya kewaspadaan bagi sesama pelaku usaha.

"Sebagai pemilik toko, kita memang harus ekstra hati-hati dalam melayani transaksi," tulisnya.

Layanan keuangan tanpa kantor

AgenBRILink sendiri merupakan layanan keuangan tanpa kantor (branchless financial services) yang menjadi bagian dari program Laku Pandai BRI. Layanan ini memungkinkan nasabah melakukan berbagai transaksi perbankan melalui agen yang telah bermitra dengan BRI.

Hingga Juli 2024, jumlah AgenBRILink telah mencapai lebih dari 1 juta agen dan tersebar di seluruh Indonesia.

Para agen dapat melayani beragam transaksi, seperti pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, pengisian ulang BRIZZI, setoran pinjaman, serta pembukaan rekening tabungan dan pinjaman.

Seiring pertumbuhan jumlah agen, BRI terus memperkuat aspek keamanan untuk melindungi para mitranya. Beberapa langkah pengamanan yang diterapkan antara lain adalah imbauan penyimpanan dana operasional di brankas, penggunaan money detector, pembatasan nilai transaksi harian, serta pemasangan CCTV.

BRI juga memastikan setiap AgenBRILink dilindungi asuransi melalui anak perusahaannya, BRINS dan BRILife. Produk asuransi, seperti Cash in Save (CIS) dan Asuransi Mikro Kesehatan Kecelakaan dan Meninggal (AMKKM), memberikan perlindungan dari risiko pencurian, perampokan, atau penipuan.

Keamanan dan perlindungan bagi mitra AgenBRILink serta nasabah selalu menjadi prioritas utama BRI. BRI berkomitmen terus mendukung para agen dengan memberikan

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau