Advertorial

Deretan Inovasi Unggulan yang Bikin IONIQ 5 N Jadi Game Changer di Sektor Kendaraan Listrik

Kompas.com - 23/10/2024, 19:37 WIB

KOMPAS.com - Pada era transisi menuju mobilitas berkelanjutan, Hyundai Motor Company berkomitmen menjadi bagian integral dari perubahan tersebut.

Salah satu wujud nyata dari komitmen Hyundai terhadap hal itu adalah dengan meluncurkan IONIQ 5 N, kendaraan revolusioner yang digadang-gadang hadir untuk merevolusi cara pandang banyak orang tentang kendaraan listrik.

Untuk diketahui, IONIQ 5 N menggabungkan teknologi canggih dengan performa yang mengesankan.

Salah satu keunggulan yang disematkan Hyundai pada kendaraan listrik andalannya itu adalah sistem dual-motor yang menghasilkan tenaga besar.

Sistem tersebut terdiri dari dua motor listrik, yakni satu di depan dan satu di belakang. Keduanya saling bekerja sama untuk menghasilkan output yang maksimal.

Berkat itu, IONIQ 5 N jadi mobil listrik Hyundai paling bertenaga yang pernah diproduksi oleh pabrikan otomotif asal Korea Selatan.

Untuk diketahui, kedua motor listrik itu merupakan bagian dari teknologi Drivetrain Electric.

Adapun teknologi Drivetrain Electric pada Hyundai IONIQ 5 N dirancang untuk memberikan kinerja tinggi dengan menggunakan sistem penggerak listrik all-wheel drive (AWD).

Berdasarkan informasi dari laman resmi Hyundai, berkat teknologi itu, Hyundai IONIQ 5 N mampu menghasilkan tenaga gabungan hingga 609 PferdeStarke (PS) dan torsi mencapai 770 Nm dalam mode overboost N Grin Boost. Ini membuatnya jadi kendaraan model N paling bertenaga yang pernah ada.

Kemampuan luar biasa itu memungkinkan IONIQ 5 N untuk mencapai akselerasi dari 0-100 kilometer (km) per jam hanya dalam waktu 3,4 detik.

Drivetrain juga dilengkapi dengan teknologi N Drift Optimizer untuk membantu mengatur kontrol kendaraan agar bisa melakukan drifting dengan lebih baik.

Secara keseluruhan, Drivetrain Electric pada IONIQ 5 N tidak hanya memberikan kinerja listrik yang kuat, tetapi juga meningkatkan pengalaman berkendara dengan berbagai fitur canggih yang dioptimalkan untuk performa di lintasan

IONIQ 5 N juga dilengkapi dengan fitur N e-Shift. Fitur ini dirancang untuk meniru sensasi perpindahan gigi pada mesin konvensional, meskipun kendaraan menggunakan motor listrik.

Tujuan dihadirkannya teknologi itu adalah untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih dinamis dan familiar bagi pengemudi yang terbiasa dengan mobil bermesin konvensional.

Dilengkapi N Drift Optimizer dan N Torque Distribution

Selain performa luar biasa, IONIQ 5 N memiliki kelebihan lain yang menonjol. Dua fitur utama yang eksklusif pada IONIQ 5 N adalah N Drift Optimizer dan N Torque Distribution.

N Drift Optimizer dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih dinamis, khususnya dalam mode drift

Fitur tersebut secara otomatis dapat menyesuaikan parameter kontrol traksi, distribusi torsi, dan sistem stabilitas.

Berkat itu, pengemudi dapat melakukan drift dengan lebih presisi dan aman, sekalipun belum berpengalaman.

Sementara, N Torque Distribution memungkinkan distribusi torsi yang cerdas antara roda depan dan belakang. Ini jadi memastikan tenaga dapat dialokasikan secara optimal tergantung pada kondisi jalan dan gaya berkendara.

Dengan fitur tersebut, kendaraan jadi punya stabilitas luar biasa, akselerasi yang responsif, dan kontrol yang lebih bagus dalam melakukan manuver, baik di lintasan maupun di jalan raya.

Kedua teknologi itu tidak hanya meningkatkan kesenangan berkendara, tetapi juga menjaga efisiensi energi sekaligus memastikan bahwa IONIQ 5 N tetap efisien tanpa mengorbankan performa tinggi yang diharapkan dari lini N Hyundai.

Hyundai Ioniq 5 N di proving ground Hankook di Taean, Korea Selatan. Dok. Hyundai Hyundai Ioniq 5 N di proving ground Hankook di Taean, Korea Selatan.

Hyundai juga memahami bahwa banyak penggemar otomotif yang masih merindukan sensasi dan suara mobil konvensional. Untuk menjawab hal ini, IONIQ 5 N telah dilengkapi fitur N Active Sound+ dan N e-shift.

N Active Sound+ mampu menghasilkan suara mesin yang direkayasa melalui speaker internal dan eksternal. Ini jadi memberikan pengalaman auditori yang mirip dengan mobil bermesin konvensional.

Sementara, N e-shift bekerja dengan mensimulasikan sensasi perpindahan gigi pada transmisi dual-clutch 8-speed untuk memberikan pengalaman berkendara layaknya mobil konvensional.

Baterai efisien dengan pengisian daya supercepat

Sebagai mobil listrik, jantung utama IONIQ 5 N adalah baterai berkapasitas tinggi yang tidak hanya menyediakan daya besar, tetapi juga dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat.

Untuk kapasitas baterai,IONIQ 5 N tersedia dalam 84 kWh. Sementara itu, terkait pengisian daya, IONIQ N dilengkapi dengan teknologi fast-charging 800V.

Dilansir dari laman gridoto.com, dengan kemampuan charging ultrafast 800V, IONIQ 5 N dapat mengisi daya dari 10 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu 18 menit dengan menggunakan pengisian arus DC 350 kW

Selain unggul dalam segi performa dan efisiensi daya, kelebihan Hyundai IONIQ 5 N juga terlihat dari adanya beragam fitur yang mendukung kenyamanan dan keamanan penggunanya.

Pada bagian interior, misalnya, kabin kendaraan hadir dengan fitur Dual Zone Auto Climate Control untuk memastikan udara sejuk dari AC menyebar secara merata.

Jika membutuhkan ruang ekstra, pengemudi juga bisa menggunakan fitur Universal Island, konsol tengah yang fleksibel yang bisa digeser untuk membuat kabin lebih lega.

Untuk mempermudah aktivitas sehari-hari, IONIQ 5 N juga sudah terkoneksi dengan Hyundai Blue Link sehingga bisa dipantau melalui aplikasi, mulai dari personalisasi kendaraan, kontrol jarak jauh, pengelolaan pengisian daya, dan update fitur navigasi.

Selain itu, pengendara juga dapat memanfaatkan kontrol jarak jauh lewat aplikasi, seperti Remote Start and Stop Climate Control, Remote Open and Close Charging Door, serta Remote Start and Stop Charging.

Sedangkan untuk mendukung keamanan perjalanan sehari-hari, IONIQ 5 N sudah dilengkapi dengan teknologi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) dari Hyundai SmartSense yang meliputi Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Safe Exit Assist (SEA), dan Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA).

Lewat semua kelebihan tersebut, pantas rasanya jika IONIQ 5 N disebut sebagai salah satu game changer pada sektor kendaraan listrik.

Sebab, selain punya performa tinggi, mobil itu juga dilengkapi dengan teknologi yang dapat cara pandang dalam dunia otomotif.

Dengan menggabungkan performa luar biasa, efisiensi energi yang tinggi, dan teknologi canggih, IONIQ 5 N membuktikan bahwa masa depan otomotif tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga punya performa tinggi dan fun to drive.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau