Advertorial

Wujudkan Mobilitas Masa Depan, Intip Ekosistem Elektrifikasi Terpadu Hyundai

Kompas.com - 23/10/2024, 19:40 WIB

KOMPAS.com - Hyundai berhasil bermetamorfosis menjadi pemimpin dalam revolusi kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Tanah Air dengan menghadirkan produk otomotif yang andal.

Dengan ekosistem elektrifikasi yang terintegrasi, Hyundai tidak hanya menjual kendaraan listrik, tetapi juga memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman, aman, dan terjangkau.

Adapun mobil listrik Hyundai yang sudah mengaspal di Indonesia, antara lain All-New KONA Electric, IONIQ 5, IONIQ 6, dan IONIQ 5 N.

Hyundai pun serius berkomitmen dalam elektrifikasi di Indonesia yang dibuktikan dengan lengkapnya EV supply chain yang dimiliki. Rangkaian ini dimulai dari hulu, seperti Pabrik Sel Baterai PT HLI Green Power, lalu Pabrik Battery System PT Hyundai Energi Indonesia, hingga Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia.

Dengan ekosistem tersebut, Hyundai memastikan bahwa setiap aspek dari pembuatan hingga distribusi EV telah terintegrasi. Hal ini memberikan jaminan kualitas yang tinggi, serta memastikan bahwa pengguna kendaraan listrik Hyundai bisa menikmati layanan purna jual yang komprehensif.

Pengguna pun tidak perlu khawatir memiliki mobil listrik Hyundai, karena perusahaan ini telah menyediakan ekosistem lengkap untuk mendukung pengguna EV di Indonesia. Hyundai juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan lingkungan masa depan yang lebih bersih dengan teknologi yang ramah lingkungan.

Berikut Kompas.com rangkumkan ekosistem elektrifikasi Hyundai.

  1. Garansi baterai jangka panjang

Salah satu perhatian utama calon pengguna mobil listrik adalah ketahanan baterai. Hal ini diwujudkan Hyundai dengan memberikan garansi baterai jangka panjang untuk menjamin rasa aman bagi pengguna. 

Untuk model All-New Kona Electric, IONIQ 5, dan IONIQ 6, Hyundai memberikan garansi baterai selama 8 tahun atau hingga 160.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dulu.

Garansi tersebut memastikan bahwa pengguna dapat menikmati kendaraannya tanpa perlu khawatir akan biaya besar untuk penggantian baterai di masa depan. Selain itu, Hyundai memastikan baterai kendaraan listriknya memiliki kualitas yang teruji sehingga tetap efisien dalam penyimpanan energi dan memiliki durabilitas tinggi.

Inisiatif tersebut menjadi daya tarik besar bagi para pembeli EV yang mempertimbangkan aspek jangka panjang, termasuk nilai jual kembali dan biaya perawatan rendah.

  1. Layanan perawatan berkala gratis

Hyundai memberikan layanan perawatan berkala secara gratis sehingga pengguna tidak perlu repot memikirkan perawatan yang rumit.

Kendaraan listrik memang memiliki lebih sedikit komponen mekanis dibandingkan mobil konvensional berbahan bakar fosil, tetapi perawatan rutin tetap diperlukan untuk memastikan performa kendaraan optimal.

Untuk itu, Hyundai memudahkan pengguna dengan memberikan layanan perawatan secara berkala tanpa biaya tambahan. Melalui jaringan layanan yang luas dengan total 136 dealer di tanah air, Hyundai memastikan bahwa penggunanya memiliki akses mudah ke pusat perawatan yang berstandar tinggi.

Selain itu, pengguna bisa mendapatkan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh, termasuk pada sistem kelistrikan dan perangkat lunak yang memerlukan pembaruan rutin.

  1. EV charging station network di seluruh Indonesia

Hyundai menyediakan jaringan EV charging station yang luas dan mudah diakses di seluruh Indonesia. Stasiun pengisian daya ini tersebar di jaringan dealer Hyundai, rest area jalan tol, serta lokasi strategis lainnya, seperti mal, kafe, kantor, dan hotel. Hal ini berkat kerja sama Hyundai dengan berbagai mitra charging point operator (CPO).

Melalui kolaborasi dengan mitra CPO, Hyundai telah menambah lebih dari 400 stasiun pengisian daya. Dengan begitu, pengguna dapat menikmati sekitar 97 persen stasiun pengisian daya swasta di Indonesia atau setara lebih dari 600 titik melalui aplikasi myHyundai.

Aplikasi tersebut memudahkan pengguna untuk menemukan lokasi pengisian terdekat, memantau status pengisian daya, dan melakukan pembayaran.

Dengan jaringan luas, Hyundai memastikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna mobil listrik, sehingga mereka dapat mengisi daya di mana saja tanpa khawatir kehabisan energi, mendukung pengalaman berkendara yang lebih praktis dan bebas worry.

Hyundai menghadirkan lebih dari 100 lokasi di seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan perawatan kendaraan. Dok. HMID Hyundai menghadirkan lebih dari 100 lokasi di seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan perawatan kendaraan.

  1. Mobile charging dan EV charging service

Salah satu tantangan terbesar dalam adopsi kendaraan listrik adalah infrastruktur pengisian daya. Hyundai mengatasi ini dengan menyediakan solusi mobile charging dan EV charging service yang terintegrasi dalam ekosistemnya.

Layanan tersebut memungkinkan pengguna mengisi daya kendaraan mereka kapan saja dan di mana saja, baik di rumah, tempat kerja, maupun saat bepergian.

Mobile charging pun menjadi solusi praktis bagi pengguna yang mengalami keadaan darurat, misalnya saat kehabisan daya di lokasi yang jauh dari stasiun pengisian.

Teknisi Hyundai akan datang langsung ke lokasi pengguna untuk memberikan pengisian daya yang diperlukan. Berkat pengisian daya dari mobile charging tersebut, mobil listrik dapat melanjutkan perjalanan hingga ke stasiun pengisian terdekat.

Layanan tersebut memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna, karena mereka tidak perlu khawatir tentang kehabisan baterai di jalan atau terjebak di lokasi yang jauh dari fasilitas pengisian.

Pengguna Hyundai bisa dengan mudah menemukan stasiun pengisian terdekat melalui aplikasi, memastikan mereka selalu siap mengisi daya kapanpun dibutuhkan.

  1. Aplikasi MyHyundai dan Bluelink

Hyundai menyediakan aplikasi myHyundai sebagai platform digital yang memudahkan pengguna dalam mengelola kendaraan mereka. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih praktis, terintegrasi, dan nyaman bagi para pemilik kendaraan Hyundai.

Dengan berbagai fitur unggulan, pengguna dapat mengakses informasi kendaraan, layanan, hingga pembelian secara digital, kapan saja dan di mana saja.

Sedikitnya, terdapat lima fitur utama yang tersedia pada aplikasi myHyundai. Pertama, fitur My Car. Fitur ini memberikan akses lengkap ke informasi kendaraan pengguna, seperti status terkini, riwayat perawatan, dan statistik kendaraan.

Kedua, fitur Bluelink Status yang menghubungkan pengguna dengan layanan Bluelink yang memungkinkan pemantauan status kendaraan secara real-time. Fitur ini mencakup informasi seperti status kunci, lokasi kendaraan, hingga notifikasi keamanan.

Ketiga, EV Charger. Fitur ini memudahkan pengguna kendaraan listrik Hyundai untuk menemukan stasiun pengisian daya terdekat. Pengguna dapat melihat lokasi charging station, ketersediaan unit, serta melakukan navigasi langsung ke stasiun tersebut.

Keempat, Service & Accessories. Berkat fitur ini, pengguna dapat memesan layanan perawatan kendaraan, melakukan pengecekan jadwal servis, serta membeli suku cadang dan aksesori resmi Hyundai. Proses pemesanan dilakukan dengan mudah melalui aplikasi, tanpa perlu datang langsung ke bengkel.

Terakhir, fitur Click to Buy. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membeli kendaraan Hyundai secara online. Pengguna dapat memilih model kendaraan, melihat opsi pembiayaan, hingga mengatur jadwal pengiriman kendaraan ke rumah, semuanya hanya dengan beberapa klik.

Selain fitur-fitur dalam myHyundai, Bluelink menawarkan layanan khusus untuk pengguna kendaraan listrik Hyundai melalui fitur EV Service. Layanan ini menyediakan informasi terkait kinerja kendaraan listrik serta membantu pengguna untuk mengoptimalkan efisiensi kendaraan mereka.

Beberapa fitur utama dari layanan EV di Bluelink, meliputi pengaturan target level baterai yang memungkinkan pengguna untuk mengatur batas pengisian daya sesuai kebutuhan. Proses pengisian daya akan otomatis berhenti ketika mencapai batas yang telah ditentukan, membantu menjaga kesehatan baterai dan menghindari pengisian berlebih.

Selain itu, fitur konsumsi energi yang menampilkan statistik lengkap mengenai penggunaan energi kendaraan, termasuk jangkauan mengemudi, konsumsi energi per kilometer, dan riwayat perjalanan.

Ada pula fitur pemberitahuan sebelum pengisian selesai. Pengguna dapat mengatur notifikasi pada aplikasi untuk menerima pemberitahuan 10, 20, atau 30 menit sebelum proses pengisian daya selesai. Fitur ini memberikan fleksibilitas bagi pengguna dalam mengelola waktu pengisian kendaraan mereka.

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan oleh myHyundai dan Bluelink, pengguna kendaraan listrik Hyundai dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengelola kendaraan mereka secara digital, memastikan setiap aspek pengoperasian dan pemeliharaan kendaraan selalu dalam kendali pengguna.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau