Wali Kota Semarang Dapat Rekor "Pejabat Saleh" dari Muri

Kompas.com - 27/01/2017, 19:35 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Wali Kota Semarang, Jawa Tengah Hendrar Prihadi dinobatkan sebagai kepala daerah tersaleh pertama di Indonesia. Hendrar dicatat oleh Museum Rekor Indonesia sebagai Pejabat yang Saleh Berjamaah secara berkesinambungan di Masjid Terbanyak.

Penghargaan diserahkan langsung oleh pendiri Muri, Jaya Suprana dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Galeri Muri di Semarang, Jumat (27/1/2017).

"Saya terima kasih kepada Muri, mestinya bukan wali kota Semarang saleh atau tidak. Saya hanya manfaatkan kegiatan shalat masjid di kampung-kampung sambil berinteraksi dengan masyarakat," kata Hendrar, seusai menerima penghargaan.

Dia mengaku tidak menyangka kegiatan rutin yang digelar itu bisa mendapat rekor baru dalam kegiatan keagamaan tersebut. Apalagi yang kegiatan dicatat oleh Muri.

Baginya, selain mendekatkan diri kepada Tuhan, kegiatan shalat berjamaah juga bentuk pendekatan kepada masyarakat.

"Sarananya (mendekatkan diri) kan banyak, pak gubernur (Ganjar Pranowo) lewat Twitter. Tapi intinya semua bisa dekat dengan rakyatnya," ujar pria yang disapa Hendi itu.

Selain Hendrar, sejumlah nama juga mendapat penghargaan. Yaitu Ganjar Pranowo sebagai gubernur pertama yang berkomunikasi dengan rakyat via Twitter; Brians Tjipto Meidianto sebagai penulis buku origami termuda dalam usia 11 tahun; Rony Darmawan sebagai penyusun buku pertama tentang Mould dan Dies.

Penghargaan serupa juga diterima Masyarakat Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman dengan Deklarasi Kota Ramah Anak dengan bergandeng tangan berjajar terpanjang 7.359 meter dengan 7.366 orang; lalu, Samuel A. Budiono sebagai komponis pertama uang memadukan unsur music dan Arsitektur; dan Kodam IV Diponegoro sebagai Kodam yang melakukan bhakti sosial operasi katarak dengan pasien terbanyak.

Baca: Sapa Warga via Twitter, Ganjar Raih Rekor Muri Kalahkan Donald Trump

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com