Advertorial

Ini Rahasianya Jika Ingin Sukses dan Kaya Raya

Kompas.com - 11/05/2017, 12:00 WIB

Sukses dan kaya raya adalah impian yang sepertinya dimiliki oleh hampir semua orang di dunia. Siapa yang tidak mau seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, atau Warren Buffet? Namun, bagaimana caranya?

Ternyata ada rahasia yang membuat orang-orang sukses tersebut mencapai posisinya sekarang. Rahasia tersebut diunkap oleh Steve Siebold, multi-miliuner yang juga menulis buku berjudul How Rich People Think.

Steve mewawancarai lebih dari 1.200 orang kaya dan sukses di dunia dalam tiga dekade terakhir. Ia menemukan bahwa di semua rumah orang-orang kaya dan sukses tersebut selalu ada perpustakaan berukuran luas. Membaca banyak buku adalah rahasia kesuksesan orang-orang tersebut.

“Mereka membaca  untuk mencari tahu bagaimana cara menjadi sukses dan lebih sukses. Mereka membaca apa saja mulai dari buku-buku pengetahuan, novel, hingga majalah,” ujarnya.

Steve, sebagaimana dikutip dari Business Insider, mengatakan bahwa Warren Buffet menghabiskan 80 persen dari hari kerjanya untuk membaca. Ia menyimpulkan bahwa orang-orang kaya dan sukses lebih senang mencari ilmu daripada sibuk mencari hiburan.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Thomas Corley, penulis buku Rich Habits: The Daily Success Habits of Wealthy Individuals menunjukkan bahwa 67 persen orang kaya dan sukses menghabiskan waktu menonton televisi kurang dari satu jam per hari. Hanya 6 persen dari mereka yang tertarik untuk menonton acara reality show.

Fakta lainnya, kebanyakan dari mereka juga tidak memperoleh kekayaannya dari pendidikan formal, tetapi dengan mengandalkan kekuatan belajar dan memperluas pengetahuan lewat membaca buku.

Sayangnya, saat ini tingkat literasi dan minat baca di Indonesia masih rendah. Ketersediaan buku juga belum merata hingga ke pelosok. Bagaimana generasi muda Indonesia , terutama di daerah-daerah, mau menggali ilmu jika buku-buku saja sulit didapat.

Anda dapat mengubah kondisi ini dengan berpartisipasi dalam Gerakan #BukuUntukIndonesia. Kunjungi www.BukuUntukIndonesia.com. Klik tombol "berbagi" di website Buku Untuk Indonesia. Kemudian, Anda akan diarahkan ke page Blibli.com untuk memilih paket berbagi yang diinginkan.

Dengan berdonasi minimal Rp100 ribu Anda sudah berpartisipasi untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang lebih baik. Dana yang terkumpul melalui gerakan #BukuUntukIndonesia akan dikonversi menjadi buku dan disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia. Generasi penerus yang lebih cerdas tentu akan memberi kontribusi positif bagi masa depan negara. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com