Kilas

Semarang Great Sale 2018 Resmi Dibuka

Kompas.com - 09/04/2018, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, membuka Semarang Great Sale tahun ini yang akan berlangsung hingga 6 Mei 2018. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kegiatan pembukaan Semarang Great Sale ke-8 ini dilaksanakan di Hutan Wisata Tinjomoyo pada malam hari.

Hendrar sengaja memilih Hutan Tinjomoyo sebagai lokasi peresmian untuk mengangkat kembali popularitas destinasi wisata yang pernah digemari masyarakat Semarang dan sekitarnya itu.

Tak hanya itu, Hendrar mengenalkan konsep baru dalam pembagian kupon undian belanja. Bila sebelumnya kupon menggunakan kertas, tahun ini sistem pemberian kupon dilakukan melalui sebuah aplikasi yang dapat diunduh di Google Play Store dan App Store.

Secara teknis, para pembeli akan mendapatkan satu kesempatan undian jika melakukan pembayaran non-tunai. Jika pembayaran dilakukan melalui bank yang mendukung Semarang Great Sale 2018, maka pembeli akan mendapatkan dua kesempatan undian.

(Baca: Perayaan Ulang Tahun Kota Semarang Sedot Wisatawan Asing)

Bahkan, bila pengunjung Semarang Greeat Sale berbelanja menggunakan aplikasi YAP! milik BNI, maka akan mendapatkan tiga kesempatan undian. Adapun, hadiah undian yang disediakan yakni dua unit mobil serta belasan sepeda motor.

Dengan konsep baru tersebut, imbuh Hendrar, Semarang Great Sale 2018 bakal lebih meriah dan lebih menarik minat wisatawan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. "Kalau melihat dari antusiasme masyarakat terhadap Semarang Great Sale, memang terus meningkat dari tahun ke tahun. Sehingga, untuk tahun ini dengan konsep baru, saya rasa akan lebih baik lagi penyelenggaraannya," ujarnya.

Sebelumnya, Semarang Great Sale 2014 hanya diikuti oleh 372 tenant saja. Pada 2017, ia melanjutkan, tenant yang terlibat sudah meningkat 8 kali lipat menjadi 2.305 tenant.

Selain itu, jumlah transaksi yang terjadi selama gelaran itu berlangsung juga tercatat telah mengalami tren peningkatan sebelumnya. Nilai transaksi pada 2014 tercatat Rp 60 miliar dan meningkat menjadi Rp 120 miliar pada 2017.

Baca: Hendrar Prihadi Buka Rangkaian Acara HUT ke-471 Kota Semarang

"Semarang Great Sale menjadi salah satu event besar pada rangkaian HUT Kota Semarang ke-471 ini, jadi harapan saya ini bisa di-sengkuyung bersama oleh seluruh masyarakat Kota Semarang," katanya.

Dukungan warga Kota Semarang yang bisa dilakukan adalah membagikan informasi lewat akun media sosial masing-masing. "Yang paling mudah dengan aktif menginformasikan di sosial media masing-masing kalau di Semarang sedang ada Great Sale, sehingga akan banyak wisatawan yang tahu dan tertarik untuk datang di Kota Semarang," ujarnya.


Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com