Advertorial

Satu Tahun Hadir untuk Jawa Barat, Mayapada Hospital Bandung Berikan Layanan Kesehatan Paripurna untuk Pasien

Kompas.com - 07/03/2024, 10:55 WIB

KOMPAS.com - Mayapada Hospital Bandung—salah satu jaringan rumah sakit dari Mayapada Healthcare Group—merayakan hari jadinya yang pertama, Rabu (6/3/2024).

Perayaan digelar dengan tema “Celebrating 1 Year of Patient Centric Collaboration”.

Sejak beroperasi mulai Maret 2023, Mayapada Hospital Bandung telah mencetak berbagai pencapaian dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat Bandung dan Jawa Barat.

Berkat kepercayaan dari masyarakat, Mayapada Hospital Bandung telah melayani lebih dari 40.000 pasien, baik rawat jalan maupun rawat inap, dan lebih dari 1.500 tindakan dari berbagai kasus medis yang berhasil dilakukan bersama tim dokter multidisiplin ditunjang dengan kelengkapan dan kecanggihan fasilitas.

Hingga pada pengujung 2023, Mayapada Hospital Bandung juga mendukung masyarakat Bandung dan Jawa Barat untuk menjaga kesehatan secara preventif dengan melayani pemeriksaan medical check up kepada lebih dari 6.000 pasien.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Mayapada Hospital Bandung, Green Hospital pertama di Indonesia

“Tepat satu tahun lalu, unit rumah sakit keenam yang dimiliki Mayapada Healthcare Group ini diresmikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Sejak resmi beroperasi sampai menginjak usianya yang pertama, Mayapada Hospital Bandung konsisten memberikan layanan patient centric di mana pasien menjadi inti dari pelayanan, sehingga kami selalu melibatkan pasien untuk saling berkomunikasi bersama dokter dan tenaga perawat di setiap langkah proses perawatan kesehatan demi menunjang kesembuhannya,” ujar Chairman & Group CEO Mayapada Healthcare Group Jonathan Tahir dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu.

Ia melanjutkan bahwa hal itu membuat pihaknya dapat menumbuhkan kepercayaan pasien untuk berkunjung dan berobat ke rumah sakit yang dinaunginya itu.

Baca juga: Angka Kegagalan Kian Kecil, Jangan Ragu Operasi Bypass Jantung di Indonesia

“Terima kasih kepada masyarakat Jawa Barat dan kami harap, dengan menghadirkan Mayapada Hospital di wilayah Jawa Barat, yaitu Bandung dan juga Bogor, bersama dengan unit Mayapada Hospital lainnya, kami mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam mendapatkan layanan kesehatan yang aman, nyaman, dan berstandar internasional, tanpa perlu jauh-jauh ke luar negeri,” tambahnya.

Pada perayaan tersebut, berbagai mitra usaha dan jajaran pejabat dari instansi pemerintah turut hadir dan memberikan ucapan selamat kepada Mayapada Hospital Bandung.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dr Raden Vini Adiani Dewi turut memberikan apresiasi dan ucapan kepada Mayapada Hospital Bandung.

Baca juga: Usung Konsep Green Hospital, Mayapada Hospital Bandung Resmi Beroperasi

“Selamat ulang tahun untuk Mayapada Hospital Bandung. Meskipun baru satu tahun berdiri, kualitas layanan kesehatan yang diberikan dan lengkapnya fasilitas Mayapada Hospital Bandung patut diacungi jempol,” tuturnya.

Ia juga melanjutkan bahwa pihaknya berharap, dengan keunggulan dan kualitas bertaraf internasional yang dimiliki, Mayapada Hospital Bandung mampu menjadi contoh bagi fasilitas-fasilitas kesehatan di Jawa Barat dalam mengembangkan dan meningkatkan akses layanan kesehatan untuk Indonesia.

Pada kesempatan sama, Hospital Director Mayapada Hospital Bandung dr Irwan Susanto Hermawan, MM mengatakan bahwa saat Mayapada Hospital Bandung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, ia terkesan akan apresiasi yang beliau sampaikan mengenai tata ruang, green building, fasilitas, serta sumber daya manusia, termasuk tenaga medis.

“Hal inilah yang memotivasi kami untuk memberikan layanan kesehatan paripurna di satu tahun pertama kami berdiri. Mayapada Hospital Bandung diarahkan menjadi flagship hospital Mayapada Healthcare Group di provinsi Jawa Barat, di mana kami memberikan layanan dengan pendekatan patient centric dan mengedepankan layanan unggulan yang komprehensif, terintegrasi, dan menyeluruh untuk penanganan berbagai kasus kompleks, seperti jantung, kanker, saraf, saluran cerna, dan tulang,” jelasnya.

Baca juga: Alami Gangguan Irama Jantung Saat Hamil, Lakukan Ini agar Janin Tetap Aman

Bersama tim dokter, spesialis, subspesialis, tim perawat dan penunjang medis, serta dengan kelengkapan alat dan fasilitas terkini, jelasnya, pihaknya berkomitmen untuk memberikan pengalaman berobat yang aman, nyaman, dan memuaskan.

Sebagai informasi, Mayapada Hospital Bandung merupakan green hospital pertama di Indonesia dan terverifikasi dengan nilai tertinggi secara desain dan tersertifikasi Greenship dan EDGE dari Green Building Council Indonesia sejak awal berdiri, serta sudah terakreditasi paripurna oleh salah satu lembaga yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sebagai rumah sakit yang mengusung konsep keberlanjutan dengan layanan kesehatan yang mengutamakan keselamatan dan kepuasan pasien, Mayapada Hospital Bandung juga melaksanakan serangkaian kegiatan corporate social responsibility (CSR), seperti operasi bibir sumbing dan program Dokter Cilik untuk masyarakat Bandung dan sekitarnya pada perayaan hari jadinya.

Kegiatan tersebut tidak hanya memberikan perawatan medis kepada masyarakat yang membutuhkan, tetapi juga mendorong semangat generasi muda, khususnya murid-murid sekolah dasar di Bandung untuk peduli dan mencintai bidang kesehatan dengan mengenalkan dan mengajarkan tugas tenaga kesehatan sejak dini.

Baca juga: Pantau Kesehatan Jantung dengan CT Scan Jantung Berkala

Mayapada Hospital Bandung juga memberikan apresiasi kepada seluruh mitra yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan CSR, baik dari pemerintahan maupun swasta.

“Menyelenggarakan operasi bibir sumbing menjadi salah satu upaya kami untuk dapat memberikan sumbangsih terhadap peningkatan kesehatan bagi warga sekitar karena kondisi ini masih menjadi masalah kesehatan yang relevan di Jawa Barat,” ujar dr Irwan.

Melalui kegiatan CSR operasi bibir sumbing, pihaknya berharap dapat membawa senyuman ceria untuk pasien dan keluarga.

“Terima kasih atas dukungan pasien, masyarakat, pemerintah, mitra asuransi dan perusahaan terhadap kehadiran Mayapada Hospital Bandung di satu tahun ini," sambungnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com