Tim Putri Mabes TNI Juara Livoli

Kompas.com - 17/01/2010, 19:51 WIB

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Tim voli putri Mabes TNI menundukkan Bank Jatim pada final Sampoerna Hijau Voli Livoli 2009, Minggu (17/1/2010), di GOR Tawangalun, Banyuwangi. Mabes TNI menaklukkan juara bertahan tersebut lewat pertandingan tiga set langsung.

Tidak tampak ketangguhan Bank Jatim yang berstatus juara bertahan saat melawan Mabes TNI. Rianita Purwanti dan kawan-kawan takluk dengan perbedaan skor cukup lebar, yakni 25-17, 25-21, dan 25-17. Kedua tim ini sudah pernah bertemu di babak kualifikasi di mana saat itu Mabes TNI juga menang 3-0.

Mabes TNI tampil lebih baik karena organisasi permainan mereka solid. Sebaliknya, pemain Bank Jatim banyak membuat celah kosong yang menjadi sasaran smes pemain Mabes TNI. Serangan Bank Jatim juga mudah dibaca tim lawan.

Seperti pada pertandingan sebelumnya, Mabes TNI masih mengandalkan Yokbeth Kapasiang yang bertinggi badan 182 sentimeter. Smes-smes tajam Yokbeth nyaris tidak terbendung oleh pemain Bank Jatim. Libero Bank Jatim, Agustine, harus jatuh bangun membendung smes-smes keras Mabes TNI.

Pelatih Bank Jatim Masyhudi, mengaku jika timnya kehabisan akal menerobos pertahanan kokoh Mabes TNI. Variasi serangan yang coba dijalankan pemainnya pun seperti membentur dinding baja. Kondisi itu mempengaruhi mental pemain Bank Jatim yang berdampak pada buntunya permainan tim.

"Saya kehabisan kata-kata. Pertandingan ini adalah usaha terbaik yang bisa kami berikan. Sungguh sulit sekali menembus pertahanan Mabes TNI," kata Mayshudi.

Dari hasil tersebut, juara satu hingga empat Livoli Divisi Utama 2009 putri adalah Mabes TNI, Bank Jatim, PLN Jakarta, dan Popsivo Polwan. Untuk kelompok putra adalah Samator Yunior Surabaya, Bantul Yuso Gunadarma, Indomaret Sidoarjo, dan Bank Sumsel Bangka Belitung. Juara satu hingga empat mendapat hadiah uang Rp 35 juta, Rp 25 juta, Rp 20 juta, dan Rp 15 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com