Krisis air

Lima Desa di Patean Kekeringan

Kompas.com - 14/09/2011, 00:16 WIB

KENDAL, KOMPAS.com - Lima desa di Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah kekeringan. Lima desa itu adalah, desa Gedong, Sidodadi, Sidokumpul, Pagersari dan Curugsewu. Untuk keperluan minum, mandi dan cuci, warga setempat harus mengambil air di sungai yang jaraknya jauh.

Menurut Kepala Badan Kesatuan Kebangsaaan Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kendal, Subarso, pihaknya telah menerima laporan adanya lima Desa di Patean yang kekeringan.

Untuk itu, mulai hari ini, Selasa (13/9/2011), pihaknya langsung memberi bantuan air bersih, sebanyak yang mereka butuhkan. "Mulai hari ini, kami telah memberi bantuan air bersih kepada lima desa yang kekeringan itu. Kami akan terus memberi bantuan, selama warga masih membutuhkan," kata Subarso.

Subarso menambahkan, sesuai dengan laporan baru 5 desa di Kabupaten Kendal yang mengalami kekeringan. Untuk itu, pihaknya berharap kepada semua kepala desa/kelurahan, segera melaporkan bila daerahnya terkena kekeringan atau kesulitan mendapatkan air bersih. "Kami akan segera membantu bila ada daerah lain yang kekeringan," katanya.

Ia menjelaskan, lima desa yang kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih itu, dikarenakan belum mendapatkan aliran air bersih dari perusahaan daerah air minum (PDAM). Pasalnya, berada di daerah atas, yang kesulitan dilewati pipa. Masyarakat setempat, untuk mendapatkan air bersih, masih mengandalkan air dari gunung dan sumur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com