Advertorial

Anak Indonesia Itu Pintar, tetapi Mereka Bisa Lebih Pintar Lagi

Kompas.com - 25/11/2018, 18:49 WIB

Setiap anak terlahir dengan membawa kepintaran masing-masing, tidak terkecuali bagi para anak Indonesia. Hanya saja, kecerdasan anak Indonesia masih belum cukup setara bila dibandingkan dari anak-anak lain dari seluruh dunia. 

Merujuk pada data PISA (Programme for International Student Assessment), anak-anak Indonesia berumur 15 tahun menempati urutan ke-62 dari 72 negara lain di dunia ketika dihadapkan pada kombinasi berskala besar untuk kemampuan membaca, ilmu pengetahuan alam, dan matematika. 

Yang lebih memprihatinkan, sejak turut berpartisipasi dalam PISA dari tahun 2000, anak-anak Indonesia belum menunjukkan peningkatan yang signifikan, bahkan cenderung stagnan pada nilai kinerja yang rendah.

-- -

Bila dirunut melalui hasil pengamatan, anak-anak Indonesia masih kurang cakap dalam hal akademis yang meliputi kemampuan untuk membaca, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan terutama Matematika. 

Sebenarnya, menilai kecerdasan seorang anak tidak harus berdasarkan bagaimana kecakapan mereka dalam menguasai ketiga hal tersebut, tetapi juga kemampuan mereka di luar hal akademis. 

Hanya saja, ketiga hal tersebut telah menjadi tolak ukur penting yang patut dikuasai anak sedari dini sebagai dasar mereka dalam menyelesaikan masalah, menganalisis, dan mengkomunikasikan ide secara efektif pada kehidupan di masa mendatang. 

Berangkat dari hal tersebut, kita perlu mendukung tumbuh kembang anak sedari dini. Ada dua cara yang mampu meningkatkan kecerdasan anak, yakni pendekatan dengan alat peraga yang tepat serta nutrisi yang seimbang dan bergizi. 

Pendekatan ini juga dapat ditingkatkan dengan memperhatikan dan menyediakan apa yang dipelajari dan dikonsumsi anak-anak Indonesia di rumah. Cara ini mampu merangsang perkembangan otak anak, sehingga dapat membantu mereka menjadi anak terpintar di dunia. 

Dalam beberapa hari kedepan, KOMPAS.com akan memaparkan beberapa cara utama untuk meningkatkan kecerdasan anak usia 8-12 tahun melalui pendekatan sederhana serta penambahan nutrisi, sebagai bagian dari inisiatif sebuah merek Indonesia terkemuka dalam membantu meningkatkan kecerdasan anak-anak Indonesia.

-- -

Jadi, bagaimana cara efektif untuk membantu anak-anak Indonesia untuk menjadi lebih baik dan lebih cerdas? Simak informasinya di sini!

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com