Advertorial

MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit, Varian Baru Popok Inti SAP yang Terjangkau untuk Anak Indonesia

Kompas.com - 15/02/2023, 08:15 WIB

KOMPAS.com – Produsen popok bayi MAKUKU meluncurkan popok dengan teknologi inti Super Absorbent Polymer (SAP) varian terbaru, yakni MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit. Produk dibanderol dengan harga terjangkau mulai dari Rp 1.700 per pieces atau Rp 44.900 per pak.

Sebagai informasi, SAP adalah teknologi penggunaan bahan baku berbentuk bubuk yang akan berubah menjadi gel saat menyerap cairan, kemudian menguncinya secara maksimal. Bahan baku ini digunakan produsen popok ataupun kebersihan agar produk yang dihasilkan mampu menyerap cairan dengan baik.

MAKUKU dan Lembaga Penelitian dan PengabdIan Masyarakat (LPPM) Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya) melakukan penelitian terhadap produk popok bayi di Indonesia pada Oktober 2022.

Hasilnya, kebanyakan popok bayi di Indonesia masih menggunakan campuran pulp atau serat kayu untuk menghasilkan kemampuan penyerapan cairan. Meski dapat menyerap cairan, produk dengan pulp mudah menggumpal saat si kecil aktif bergerak.

Mereka juga membuktikan bahwa dibandingkan daya serap popok memakai bahan baku pulp tidak sebaik popok yang menggunakan inti struktur SAP.

Pada dasarnya, teknologi inti SAP bukanlah hal baru. Teknologi ini umum digunakan oleh produsen popok bayi di negara-negara maju, seperti Amerika Serikat, Jepang, China, dan Eropa.

Konsumen produk popok berteknologi SAP di negara-negara tersebut pun mengalami peningkatan dari tahun ke tahun seperti dilansir dari plastemart.com mengutip publikasi ASDReports pada 2019.

Peningkatan permintaan pada negara-negara maju tersebut pun bukan tanpa alasan. Hal ini berbanding lurus dengan besarnya pendapatan penduduk pada negara-negara tersebut.

Perlu diketahui, popok dengan inti SAP umumnya dijual dengan harga yang cukup mahal. Inilah yang menjadi alasan produk ini belum umum di Indonesia.

Rentan mengalami ruam

Bayi belum memiliki kekebalan daya tubuh yang sempurna seperti orang dewasa. Hal inilah yang membuat bayi rentan terkena masalah kesehatan. Salah satu gangguan kesehatan yang mengintai bayi adalah ruam popok.

Riset independen yang dilakukan pihak MAKUKU bekerja sama dengan rumah sakit di 10 kota besar di Indonesia mendapati bahwa 7-35 persen bayi berusia 9-12 bulan mengalami ruam popok.

Umumnya, ruam terjadi akibat penggunaan popok dan tak jarang membuat si kecil rewel.

Konsultan dokter spesialis anak MAKUKU Indonesia, dr. Scorpicanrus Andreas Tumpal Andreas, MKed, Sp menjelaskan bahwa ruam akibat pemakaian popok terjadi karena material popok yang mengandung bahan berbahaya, kondisi lembab, dan popok yang menggumpal.

“Apabila bahan popok tidak mampu menyerap cairan dengan baik, maka dapat menyebabkan cairan memuai dan kembali kontak dengan kulit bayi. Adanya kontak urine dengan kulit bayi yang masih sensitif dalam waktu yang lama dapat memicu iritasi kulit,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (14/2/2023).

Untuk itu, ia mengimbau orangtua agar cermat dalam memilih popok dengan daya serap tinggi untuk kenyamanan si kecil.

Popok dengan permukaan yang tetap kering, kata dia, dapat menjaga kelembaban kulit si kecil.

“Orangtua, khususnya para ibu, perlu memberi perhatian khusus. Sebab, popok bersentuhan langsung dengan kulit bayi dan digunakan dalam waktu cukup lama, bahkan setiap hari. Jika tidak teliti memilih popok, maka si kecil berisiko mengalami ruam,” ujar dr Andreas.

Selain ruam popok dan kemerahan pada kulit bayi, dr Andreas menuturkan bahwa popok yang tidak tepat juga berpotensi menimbulkan infeksi bakteri.

“Belum lagi jika bayi Anda sudah mulai banyak bergerak dan mengeksplor lingkungan sekitar. Pastikan bayi Anda menggunakan popok yang nyaman, supertipis supermenyerap dan antigumpal,” jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa popok yang menggumpal pada dasarnya dapat mengganggu kenyamanan dan menghalangi aktivitas si kecil dalam bergerak.

“Namun, kini para orangtua tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut lagi karena sudah ada popok berkualitas berteknologi SAP yang dibanderol dengan harga terjangkau yang ramah di kantong,” ujarnya lagi.

Sebagai popok kelas premium, kata dr Andreas, MAKUKU terus berinovasi dalam menciptakan produk untuk menjawab kebutuhan bayi, terutama dalam mengurangi risiko ruam popok.

“MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit tidak hanya efektif dalam mengurangi risiko ruam popok. Dibandingkan produk popok lain, popok MAKUKU memiliki keunggulan karena daya serap yang cepat dan merata. Sudah begitu, popok juga dilengkapi dengan karet elastis yang fleksibel mengikuti lekuk tubuh bayi, nyaman digunakan, mampu mencegah kebocoran dan antigumpal,”ujar CEO MAKUKU Indonesia Jason Lee.

Dengan mengutamakan kualitas dan harga terjangkau pada series tersebut, MAKUKU ingin lebih banyak lagi bayi di Indonesia yang dapat menggunakan popok inti SAP demi kenyamanan dan kesehatannya.

Lalu, bagaimana MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit dapat membantu mengurangi risiko ruam popok pada bayi? Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Supertipis dan supermenyerap

MAKUKU mengerti keutuhan para orangtua dalam menunjang tumbuh kembang si kecil. Karenanya, MAKUKU merancang seluruh produknya, termausk produk popok keluaran terbarunya dengan tebal ideal, supertipis dan supermenyerap.

Dengan begitu,popok dapat nyaman digunakan oleh bayi yang sudah mulai aktif bergerak. Dengan permukaan yang mampu menyerap sempurna, popok jadi lebih kering dan tahan lama.

  1. Tipis, lembut, dan memiliki daya tampung besar

Popok yang tebal belum tentu memiliki daya tamping dan serap besar. Sebaliknya, popok yang tebal berpotensi menghambat perkembangan bayi karena dapat mengganjal bokong bayi.

Bayangkan, popok tebal yang berisi cairan malah membuatnya terasa lebih berat dan menggembung.

Berbeda dengan MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit yang mengadaptasi teknologi SAP sehingga membuatnya tipis dan ringan. Popok generasi baru dari MAKUKU ini hadir dengan volume yang tipis, dan lapisan kain yang lembut pada bagian pinggang.

Meski tipis, penyerapan popok tersebut tetap maksimal, bahkan mampu menampung cairan hingga 400 mililiter (ml). Ditambah lagi, popok juga memiliki kemampuan meningkatkan sirkulasi udara dengan baik sehingga dapat mengurangi rasa panas dan mencegah ruam,serta iritasi pada bagian pinggang bayi.

  1. Antigumpal, nyaman, dan tidak bocor

Popok yang menggumpal berarti tidak memiliki penyerapan yang merata atau dengan kata lain, penyerapan hanya ada di satu titik saja.

Hal itulah yang membuat permukaan popok menjadi mudah basah dan lembab. Bukan tak mungkin popok juga jadi sarang pertumbuhan bakteri penyebab ruam.

MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit yang dilengkapi dengan inti struktur SAP sepenuhnya tanpa campuran pulp membuat popok tidak menggumpal pada satu titik saja.

Produk ini mampu melakukan penyerapannya secara merata, menjaga permukaan tetap kering sehingga efektif mengurangi ruam popok. Dengan begitu, MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit dapat mengurangi kebocoran urine, tidak mudah jatuh dan berubah bentuk menjadi menggembung. Memakai popok ini bayi akan lebih nyaman.

  1. Mengunci cairan dengan baik dan permukaan lebih kering

MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit menggunakan inti struktur SAP mampu mengunci cairan yang masuk ke dalam popok.

Dengan teknologi itu, popok jadi tidak mudah basah ataupun bocor. Cairan yang sudah terserap pun tidak akan rembes kembali ke permukaan saat bayi duduk atau bahkan digendong.

Menggunakan popok dengan daya serap tinggi juga mengurangi kulit bayi terkontak dengan urine sehingga dapat mencegah ruam merah pada bokong si kecil.

Itulah keunggulan popok MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit yang punya manfaat untuk merawat kulit bayi, memberikan perlindungan maksimal, dan efektif mengurangi ruam popok.

Saat ini, MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit ini hadir dalam dua varian yaitu tipe perekat (tape) ukuran newborn (NB), S, dan M, serta tipe celana (pant) untuk ukuran M, L, XL, dan XXL. Kedua tipe ini dihadirkan untuk menyesuaikan kebutuhan anak mulai usia newborn hingga balita. Popok dibanderol mulai dari Rp 44.900 hingga Rp 51.900.

Bagi orangtua yang ingin memberikan kenyamanan bagi bayi, produk MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit bisa didapatkan secara online dan offline.

Untuk mencari produk secara online, MAKUKU Store Official secara online di ecommerce, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan TikTok Shop. Sementara itu, produk juga tersedia di offline store yang tersebar di Pulau Jawa.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com