Advertorial

Ini Olahraga Ringan yang Cocok untuk Pekerja Kantoran

Kompas.com - 30/05/2024, 16:43 WIB

KOMPAS.com Salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran adalah rutin berolahraga. Sayangnya, banyak orang merasa tidak sempat berolahraga karena kesibukan, terutama para pekerja kantoran.

Mereka lebih memilih beristirahat di waktu luang dibanding berolahraga. Padahal, aktivitas olahraga rutin diperlukan agar tubuh tetap bugar dan fokus saat bekerja.

Aktivitas pekerja kantoran yang didominasi duduk serta menatap layar laptop berjam-jam dapat membuat tubuh lelah dan pegal.

Agar terhindar dari kondisi tersebut, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Mayapada Hospital Kuningan dr Elsye, SpKO, menyarankan beristirahat sejenak serta melakukan peregangan (stretching) setiap dua jam sekali untuk mengurangi ketegangan otot dan stres.

“Peregangan dapat dilakukan dengan gerakan sederhana, seperti berdiri atau berjalan sesaat, sehingga tubuh menjadi lebih relaks serta rasa stres dan penat berkurang,” ujar dr Elsye dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Selasa (28/5/2024).

Baca juga: Official Medical Partner IOAC 2023, Mayapada Hospital, Bagikan Tip Cegah Cedera Saat Berenang

Selain itu, dr Elsye menyarankan pekerja kantoran berolahraga minimal 3 kali seminggu selama 30-60 menit per sesi.

“Sebaiknya, para pekerja kantoran juga menambah jenis olahraga dengan melakukan latihan angkat beban. Angkat beban bisa dilakukan dua kali seminggu dengan intensitas ringan hingga sedang,” tutur dr Elsye

Rangkaian olahraga tersebut, lanjutnya, dapat memberikan manfaat optimal bagi kebugaran.

Menurut dr Elsye, total waktu berolahraga yang ideal adalah 150 menit per minggu dengan kombinasi olahraga ringan dan latihan beban. Untuk mendapatkan manfaat optimal, konsultasikan dengan dokter spesialis kedokteran olahraga agar program olahraga dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh.

“Banyak pekerja kantoran jarang berolahraga dan memiliki kondisi seperti berat badan berlebih, kelainan postur, hingga diabetes,” jelasnya.

Untuk menghindari risiko itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui memberikan dosis latihan fisik yang aman dan optimal bagi masing-masing individu.

Baca juga: Olahraga Lari, Salah Satu Investasi Jangka Panjang untuk Kesehatan Jantung

Dokter Elsye bisa menjadi pilihan konsultan bagi pekerja kantoran yang ingin berolahraga dengan aman dan konsisten.

Selain memberikan konsultasi, dr Elsye juga mendampingi dan memantau program olahraga pasien secara langsung di layanan Sports Injury Treatment and Performance Center (SITPEC) Mayapada Hospital Kuningan

SITPEC Mayapada Hospital Kuningan menawarkan layanan unggulan untuk kebugaran. Layanan tersebut meliputi program preventif, skrining, peningkatan performa olahraga, penanganan cedera, hingga rehabilitasi pascacedera.

Ada pula program untuk penurunan berat badan dan latihan khusus untuk pasien dengan penyakit tidak menular. Dengan program ini, faktor risiko kambuhnya penyakit bisa dikendalikan serta dapat meningkatkan kualitas hidup.

Baca juga: Hobi Lari Maraton? Simak Tip Bebas Cedera dari Dokter Spesialis Olahraga Mayapada Hospital Ini

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com