Advertorial

Kembali Jadi Official Hospital Partner Pocari Sweat Run 2024, Berikut Layanan yang Dihadirkan Mayapada Hospital

Kompas.com - 03/07/2024, 19:23 WIB

KOMPAS.com – Mayapada Hospital kembali menjadi partner kesehatan dalam event lari Pocari Sweat Run Indonesia 2024 yang diselenggarakan pada Sabtu (20/7/2024) hingga Minggu (21/7/2024).

Sebagai official hospital partner, Mayapada Hospital memberi dukungan dengan menyediakan layanan kesehatan menyeluruh untuk mengawal kesehatan para peserta agar dapat lari dengan aman.

Layanan kesehatan tersebut berupa serangkaian kegiatan edukasi dan fasilitas kesehatan, mulai dari pre-event, event, hingga post-event.

Hospital Director Mayapada Hospital Bandung dr Irwan Susanto Hermawan, MM mengatakan, sejalan dengan komitmen Mayapada Hospital yang selalu mendukung gaya hidup sehat lewat berolahraga, pihaknya merasa antusias dapat kembali berkontribusi dalam Pocari Sweat Run.

“Mayapada Hospital Bandung beserta dukungan dari unit Mayapada Hospital lain yang ada di Jakarta, Tangerang, Bogor, serta Surabaya bersinergi dalam mengedukasi dan menyediakan layanan kesehatan bagi para peserta Pocari Sweat Run 2024,” ujar dr Irwan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (2/7/2024).

(Baca juga: Olahraga Lari, Salah Satu Investasi Jangka Panjang untuk Kesehatan Jantung)

Dokter Irwan menjelaskan, dalam mendukung olahraga lari dan maraton yang aman, Mayapada Hospital bersama Pocari Sweat berupaya untuk meningkatkan kesadaran para runner untuk mengetahui kesiapan dan kondisi mereka masing-masing.

“Kami menyediakan Self Health Assessment, yaitu asesmen mandiri dengan sejumlah pertanyaan seputar kondisi dan riwayat kesehatan yang akan diisi para runner. Dari sini, kami bisa mengetahui dan menilai kesiapan mereka sebelum ikut serta dalam ajang tersebut,” ucap dr Irwan. 

Apabila asesmen itu mengindikasikan kondisi atau faktor risiko yang perlu diperhatikan lebih lanjut, selama persiapan menuju hari penyelenggaraan acara, para runner dapat berkonsultasi secara gratis melalui fasilitas telekonsultasi dengan dokter Mayapada Hospital dan memanfaatkan voucer pemeriksaan kesehatan yang diberikan Mayapada Hospital.

Sebagai salah satu bentuk dukungan untuk menyiapkan kondisi para runner, lanjut dr Irwan, Mayapada Hospital Bandung juga memberikan fasilitas pemeriksaan rekam jantung atau elektrokardiografi (EKG) secara gratis bagi peserta Pocari Sweat Run 2024.

Mayapada Hospital mendukung acara Community Workshop dan Community Fun Run yang digelar Mei 2024. Dok. Mayapada Hospital Mayapada Hospital mendukung acara Community Workshop dan Community Fun Run yang digelar Mei 2024.

Dokter Irwan menegaskan bahwa kesehatan jantung merupakan satu hal utama yang perlu diperhatikan sebelum mengikuti maraton. 

“Demi mengawal kesehatan para peserta saat acara Pocari Sweat Run berlangsung, Mayapada Hospital Bandung juga akan menyediakan fasilitas ambulans, tim dokter spesialis dan dokter umum, perawat lengkap beserta fisioterapis olahraga, serta tenda ICU untuk penanganan kasus kegawatdaruratan dengan cepat dan tepat,” jelas dr Irwan.

(Baca juga: Kerap Dialami saat Berolahraga, Ini Penyebab dan Cara Penanganan ACL yang Tepat)

Selain memperhatikan kondisi para runner, Mayapada Hospital turut mengawal kesehatan Tim Pocari melalui vitamin booster injection guna memastikan kondisi mereka tetap sehat saat acara berlangsung.

Edukasi sebelum berlari

Pada Mei 2024, Mayapada Hospital juga mendukung acara Community Workshop dan Community Fun Run yang merupakan rangkaian acara Road to Pocari Sweat Run 2024. Acara ini diselenggarakan di berbagai kota besar, seperti Surabaya, Bogor, Bandung, dan Batam.

Pada kegiatan itu, Mayapada Hospital menghadirkan dokter-dokter spesialis dan subspesialis andal untuk mengedukasi para runner dari berbagai komunitas dengan beragam topik menarik. Mayapada Hospital juga menyediakan ambulans dan tim medis untuk Community Fun Run yang diadakan satu hari setelah workshop berlangsung.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Mayapada Hospital Bandung dr Alvin Wiharja, SpKo, MMRS menjelaskan, Mayapada Hospital menyajikan ragam topik bermanfaat agar runner dapat menyiapkan diri sebelum berlari.

Topik tersebut meliputi cara untuk mencegah cedera dan meningkatkan performa lari, tip menjaga hidrasi dan nutrisi, memperhatikan waktu istirahat, pemilihan apparel, serta mengetahui pola pijakan kaki dan tumpuan kaki, serta postur tubuh, serta macam-macam pemulihan saat terjadi cedera.

“Kami harap sharing session tersebut dapat bermanfaat, tidak hanya untuk (gelaran) Pocari Sweat Run, tapi juga untuk olahraga lari yang mereka lakukan sehari-hari,” tutur dr Alvin.

(Baca juga: Hobi Lari Maraton? Simak Tip Bebas Cedera dari Dokter Spesialis Olahraga Mayapada Hospital Ini)

Adapun dokter-dokter hebat Mayapada Hospital yang telah mengisi sharing session adalah Dokter Spesialis Ortopedi Mayapada Hospital Surabaya dr Reyner Valiant Tumbelaka, MKed, SpOT, dan Dokter Spesialis Ortopedi Mayapada Hospital Bogor dr Mohammad Tsani Musyafa SpOT.

Kemudian, ada pula Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Mayapada Hospital Bandung dr Alvin Wiharja, SpKo, MMRS, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Mayapada Hospital Bandung dr Muhammad Arsyi, SpJP, serta Dokter Spesialis Ortopedi Konsultan Cedera Olahraga Mayapada Hospital Jakarta Selatan dr Sapto Adji Harjosworo, SpOT(K).

Kemeriahan Pocari Sweat Run 2024 juga akan diwarnai dengan games menarik yang hadir di booth Mayapada Hospital saat Race Pack Collection, Kamis (18/7/2024) hingga Sabtu (20/7/2024) serta saat acara berlangsung.

Mayapada Hospital Bandung juga mengajak para runner untuk membuat konten menarik di depan backdrop “Yes I’m Fit” di lobi utama Mayapada Hospital Bandung yang dapat diunggah di akun Instagram dengan menyebut @mayapadahospital dan menggunakan tagar #SafeRunningWithMayapadaHospital.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com