Advertorial

Majukan Layanan Kanker di Indonesia, Mayapada Healthcare Group Dukung Akselerasi Ekosistem Radiofarmaka Bersama Kalbe Farma

Kompas.com - 16/02/2024, 20:57 WIB

KOMPAS.com - Mayapada Healthcare Group yang berada di bawah naungan PT Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk atau SRAJ terus menjalin sinergi bersama mitra strategis untuk mengembangan dan meningkatkan layanan oncology center di seluruh unit Mayapada Hospital.

Terbaru, Mayapada Healthcare Group menjalin kerja sama dengan Kalbe Farma Group untuk mengoptimalkan layanan diagnostik dan terapi kanker, yakni Positron Emission Tomography (PET) Computerized Tomography (CT) Scan. Kerja sama ini dilakukan untuk mendukung penanganan kasus kanker kompleks di Mayapada Hospital.

Selain itu, sinergi tersebut merupakan kelanjutan dari komitmen kolaborasi Mayapada Healthcare Group dan Kalbe Farma Group yang ditandatangani pada Kamis (15/2/2024).

Baca juga: Pertama di Tangerang dan Banten, Mayapada Hospital Tangerang Hadirkan Layanan Radioterapi untuk Pasien Kanker

Chairman and Group Chief Executive Officer (CEO) Mayapada Healthcare Group Jonathan Tahir mengatakan, Oncology Center Mayapada Hospital memiliki layanan penanganan kanker secara menyeluruh.

Selain tim dokter spesialis dan subspesialis, unit tersebut memiliki Tumor Board dengan patient navigator dan dilengkapi dengan fasilitas terkini, seperti radioterapi. Hal ini dilakukan untuk mendukung rangkaian pengobatan kanker secara menyeluruh.

Untuk diagnosis dan evaluasi terapi kanker, Oncology Center Mayapada Hospital juga bekerja sama dengan mitra penyedia layanan kesehatan untuk melayani pasien yang membutuhkan layanan PET/CT Scan.

Baca juga: Gandeng BPJS Kesehatan, Mayapada Hospital Mudahkan Akses Layanan Radioterapi

 “Pembangunan fasilitas produksi radiofarmaka milik Kalbe Farma Group menjadi tonggak sejarah dari langkah investasi Mayapada Healthcare Group. Penyediaan radiofarmaka digunakan untuk mengoptimalisasi layanan PET/CT Scan secara mandiri di seluruh unit Mayapada Hospital untuk pasien kanker,” ujar Jonathan dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (15/2/2024).

Jonathan melanjutkan bahwa layanan PET/CT Scan dengan radiofarmaka produksi Kalbe Farma Group diproyeksikan sudah dapat digunakan pada kuartal pertama 2025. Ia berharap, layanan ini dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Seperti halnya layanan radioterapi yang sudah ada di unit Mayapada Hospital Jakarta Selatan dan Tangerang, fasilitas mencakup pelayanan pasien dari seluruh penjaminan, termasuk pasien BPJS Kesehatan sejak 2023. 

Baca juga: Mengenal Limfoma, Jenis Kanker Darah yang Serang Kelenjar Getah Bening

Sementara itu, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius menyambut gembira dukungan Mayapada Healthcare Group terhadap pembangunan fasilitas produksi radioisotop dan radiofarmaka dalam negeri. 

“Kolaborasi Kalbe dengan Mayapada Healthcare Group merupakan komitmen bersama untuk terus meningkatkan akses kesehatan bagi masyarakat, terutama dalam penanganan penyakit kanker di Indonesia,” kata Vidjongtius.

Kerja sama tersebut sekaligus menunjukkan komitmen Mayapada Healthcare Group dan Kalbe Farma Group dalam menyediakan solusi inovatif untuk kemajuan dan kemandirian penanganan kanker di Indonesia.

Dengan demikian, masyarakat Indonesia tidak perlu ke luar negeri untuk mendapatkan perawatan kanker terbaik. Langkah ini secara khusus akan memperkuat standar internasional layanan kesehatan seluruh unit Mayapada Hospital. Sebelumnya, unit Mayapada Hospital Jakarta Selatan telah meraih akreditasi internasional Joint Commission International (JCI).

Mayapada Healthcare Group juga telah menggandeng berbagai mitra kesehatan internasional dalam meningkatkan kapabilitas layanan Oncology Center Mayapada Hospital, seperti National University Hospital (NUH) Singapura, Changi General Hospital Singapura, dan Apollo Hospitals Group India.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com